PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRIIL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE
Justam Wahab, Darlisa Muhammad
Sari
Tujuan Penelitian untuk mengetahui bagaimana peningkatan keterampilan menyimak berita dengan menggunakan metode driil pada siswa Kelas III SMP Negeri 2 kota ternate. Untuk mengetahui Sejauh mana kah keterampilan menyimak berita dengan menggunakan metode driil pada siswa Kelas III SMP Negeri 2 kota ternate. Metode Penelitian, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penggunaan metode ini karena masalah yang dibahas adalah masalah yang aktual. Penggunaan metode ini diawali dengan data, menyusun instrument penelitian, menganalisis dan menjelaskan data, Teknik Pengumpulan Data, Observasi. Interviau atau wawancara, Tes, Dokumentasi. Hasil lembar observasi, Pelaksanaan lembar observasi dalam penelitian ini proses pembelajaran yang telah dilaksanakan baik, kegiatan obsevasi ini dilaksanakan sesuai dengan lembar observasi yang direncanakan yakni kegiatan awal mencakup kegiatan pendahuluan, memberikan apresepsi pembelajaran, memotivasi siswa dan berdoa memulai pembelajaran. Wawancara siswa SMP Negeri 2 Kota ternate, Data penelitian yang telah didapatkan diananalisis secara kualitatif berdasarkan data yang telah didapatkan Sesuai dengan hasil wawancara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate atas nama siswa yang bernama Santi Alfatih mengatakan bahwa menyimak dengan menggunakan metode driil sangat baik dalam proses pembelajarannya, kami dari siswa guru selalu di wawancarai kami dan kami melaksanakannya dengan baik. Rrekapitulasi data tes yang menjawab obsen a sebanyak 1.675 atau dipersentasikan menjadi 66%, yang menjawab obsen b sebanyak 1.539 atau dipersentasikan menjadi 6.14%, yang menjawab obsen c sebanyak 1.835 atau dipersentasikan menjadi 7.3%, yang menjawab obsen d sebanyak 1.924 atau dipersentasikan menjadi 7.19%, dan yang menjawab obsen e sebanyak 1.875 atau dipersentasikan menjadi 7.3%.
Tarigan, Henri, Guntur. (2005). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana, Faforit.