Penerapan Pembelajaran Model Student Teams Achivement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas VII Pada Konsep Ekosistem di SMP Negeri 6 Bibinoi
Sari
Pembelajaran IPA di SMP  pada umumnya masih didominasi oleh aktifitas guru.  Kelas  berfokus  pada  guru  sebagai  sumber  utama  pengetahuan  dan berpegang pada buku paket saja. Kegiatan pembelajaran kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan benda-benda konkrit dalam situasi  yang nyata. Untuk  mengatasi permasalahan  tersebut di  atas diperlukan suatu pendekatan yaitu menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif dengan model Student Teams Achivement Division. Penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas, Tujuan  dari  penelitian tindakan kelas ini Untuk mengetahui hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Bibinoi Kabupaten Halmahera Selatan, dengan penerapan pembelajaran kooperatif dengan model Student Teams Achivement Division (STAD). Hasil belajar siswa SMP Negeri 6 Bibinoi Kabupaten Halmahera Selatan, pada materi Menentukan ekosistem    dan saling hubungan antara komponen ekosistem. Pada siklus I siswa yang mengikuti tes terdapat sebanyak 5 siswa yang tuntas,siswa tersebut dikatakan tuntas karena hasil tes yang diperoleh telah mencapai nilai KKM. Siswa yang dikategorikan tidak tuntas sebanyak 15 siswa, karena hasil tes yang diperoleh belum mencapai nilai KKM. Dengan ketuntasan secara klasikal pada tes silus I adalah 25%,  Sedangkan pada  siklus II dengan materi  Mengindentifi-kasikan  pentingnya  keanekaragaman  makhluk  hidup dalam pelestarian ekosistem, telah mengalami peningkatan yaitu siswa yang dikategorikan tuntas sebanyak 20 siswa atau 100% , siswa yang dikategorikan tuntas. Dengan demikian model pembelajaran Student Teams Achivement Division dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Bibinoi Kabupaten Halmahera Selatan, materi Ekosistem.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, 2008 Dasar – dasar Evaluasi. Bumi Aksara Jakarta
Arends. 2008. Learning To Teach. Terjemahan oleh Soecipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Aprilia, S. 2010. Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Konsep Protista. SKRIPSI.UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Aunurrahman, 2010. Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta: Bandung
Corebima, A.D. 2010. Berdayakan keterampilan berpikir selama Pembelajaran Demi Masa Depan kita. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional Optimalisasi Sains PPS Unesa, Surabaya, 16 Januari 2010.
Depdiknas. 2004. Standar Kompetensi Guru SMA. Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas
Direktorat Tenaga Kependidikan. 2008. Strategi Pembelajaran MIPA. Jakarta: PMPTK Depdiknas
Fong, H.F. 2007. The Exploring The Effectiveness Off Cooperative Learning as a Teaching and Learning Strategy in The Physic Classroom, Proceedings Of The Redesigning Pedagogy: Culture, Knowledge and Understading, Singapore, 28-30 Mei
Hasan, Said.2011. Strategi Pembelajaran Cooperatif dalam Upaya Memperdayakan Metakognisi Siswa Kls 5 SD Kota Ternate. Seminar Nasional Pendidikan FKIP Unversitas 11 Maret 2011
Hamalik, Oemar, 2006. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Bandung
Kunandar, 2009. Langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembanagan Profesi Guru. Rajawali Press: Jakarta
Lie, A. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia
Mas’ud, Abdu. 2010. Strategi Belajar Mengajar dan Inovasi Pembelajaran. Jakarta (LepKhair)
Mas’ud Abdu dan sundari (2010) Penelitian tindakan kelas, di Siapkan untuk Guru dan Calon Guru. Ternate :LepKhair
Hake, R. R 2002. Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanic with Gender, High school physic, and Pretest Scores on Mathematic and Spatial Visualization
Herlina. 2007. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa (Eksperimen di Kelas VII MTS. Al-Mafatih Palmerah). SKRIPSI. Jakarta
Maisaroh, Rostrieningsih. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol. (8) No. 2. Hal : 157-172
Marlina. 2011. Pengaruh Model Cooperative Learning Teknik Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Konsep Sistem Peredaran Darah. Skripsi Biologi. Jakarta
Nana Sudjana, 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Purwanto,N.(2007) Psikologi pendidikan:Bandung.Remaja Rosda Karya
Prabawanti dkk, (2011). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe student Teams Achievement Division (STAD) Dan Teams Games Tournament (Tgt) Pada Materi Pokok Dimensi Tiga Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa SMA Kelas X Di Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2011/2012. Tesis Prodi Magister Pendidikan Matematika. Universitas Sebelas Maret: Surakarta
Rohman, 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievent Divisions (STAD) Berbatuan Microsoft OfficePower Point Terhadap kemampuan pemahaman Matematik Peserta Didik I (Studi Eksperimen terhadap Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah PertamaNegeri I Culamega Tahun Pelajaran 2012/2013). Universitas Siliwangi Tasikmalaya.SKRIPSI
Suwandi. 2010. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Jogyakarta: Dirjen Dikti, DepDikbud
Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Theory, Research and Practice. 2nd Ed Boston, London, Toronto, Sydney, Tokyo, Singapore: Allyn and Bacon
Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Sudjana, N. 2006. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung Sinar Baru Algensindo
Sukardi. 2008. Metodologi Penilitian Pendidikan. Jakarta; Bumi Aksara
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Beriorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Syah, Muhibbin, 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru Remaja. Rosdakarya: Bandung
Sudrajat. H. 2004. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi; Pembaharuan Pendidikan dalam UU Sisdiknas 2003. Bandung: Cipta Cikas Grafika
Sardiman, A.M. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar
DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v4i2.169
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.