STUDI PEMANFAATAN LAHAN DENGAN SISTEM AGROFORESTRY DI DESA AKE KOLANO KECAMATAN OBA UTARA KOTA TIDORE KEPULAUAN

Khaerul Anwar, Rima Melati, Asiah Salatalohy

Sari


Penerapan konsep agroforestry dalam kawasan hutan diarahkan untuk meningkatkan optimalisasi pemanfaatan lahan hutan yang berkaitan dengan ruang tumbuh, kawasan hutan maupun komoditi pertanian lainnya dengan tujuan peningkatan pendapatan. Informasi tentang penerapan konsep ini masih kurang di Maluku Utara. Padahal konsep ini sudah lama dipraktekkan oleh petani. Tujuan penelitian yaitu mengetahui pola pemanfaatan lahan yang diterapkan di Desa Akekolano Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepulauan berbasis agroforestry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Desa Akekolano Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepulauan telah menerapkan konsep agroforestry. Pola agroforestry yang diterapkan terdiri dari Agrosivikultur berpola Modifikasi Alley Cropping dan alley cropping. Pola Agrosilvikultur yang telah diterapkan adalah pemanfaatan lahan dengan menanam 3 jenis tanaman yaitu Jati-Jeruk-Jagung dan Jati-Jeruk-Pisang. Pola Alley Cropping dengan komoditi yang diusahakan adalah Jabon-Jagung-Kacang tanah. Penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk mengetahui pendapatan dari masing-masing pola agroforestry yang diterapkan.

Kata Kunci


Desa Akekolano; Modifikasi Alley Cropping; Alley Cropping

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim, 1999. Sistem Agroforestry. Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Hasanudin Makasar Bekerjasama Dengan Balai Reboisasi dan Konservasi Tanah Jeneberang–Walanae, Makasar.

Departemen Kehutanan, 1981. Hutan Serbaguna, Procedding Seminar Sehari Agroforestry dan Pengendalian Perladangan, Jakarta

Djatnika, 1998. Pengembangan Agroforestry Dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Lahan Hutan dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Barito Pasific Timber Group, Jakarta.

Hairiah K., Mustofa Agung Sardjono, Sambas Sabarnurdin. Pengantar Agroforestry. http://www.worldagroforestry.org/SEA/Publications/files/lcturenote/LN0001-04.PDF. Diakses pada tanggal 30 Desember 2011.

Indriyanto, 2010. Pengantar Budi Daya Hutan. Penerbit : PT Bumi Aksara, Jakarta.

Utami S, 2005. Analisa Sistem Agroforestry Dalam Bentuk Silviagrikultur (Studi Di Desa Ngembul Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar). Skripsi Sarjana Budidaya Pertanian Universitas Muhammadiyah, Malang. Diakses pada tanggal 4 November 2012.

Suryanto, P. (2005). Dinamika sistem berbagi sumberdaya (resouces sharing) dalam agroforestri: dasar pertimbangan penyusunan strategi silvikultur. Ilmu Pertanian, 12(2005).




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v1i2.4346

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.