PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERPENDEKATAN STEAM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA KELAS 7 SMP DIAN TODAHE HALMAHERA BARAT

Milsan Saban, Abdulrasyid Tolangara, Said Hasan

Sari


Setiap siswa akan memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sesuai dengan standart pendidikan nasional. Hal ini dapat terjadi apabila seorang guru memiliki kemampuan dalam mendesain dan memodifikasi suatu model pembelajaran yang baik, sehingga berdampak pada keberhasilan peningkatan mutu dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui proses pendidikan yang telah dilakukannya. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan STEAM terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMPS Dian Todahe. Desain penelitian ini adalah quasi experiment. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada SMP Dian Todahe dan SMPN 9 Halmahera Barat menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penerapan atau penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berpendekatan STEAM yaitu dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar kognitif, artinya dengan penggunaan model pembelajaran PjBL berpendekatan STEAM terjadi peningkatan pemahaman pengetahuan siswa yang signifikan. Jika dibandingkan dengan pembelajaran yang hanya menggunakan model Project Based Learning (PjBL) tanpa pendekatan STEAM. Kondisi terlihat dari data hasil belajar kognitif yang rata-rata nilai hasil belajar pretest pada kelas eksperimen adalah 43.85, Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai prestest adalah 43.67. Setelah tindakan penelitian dilaksanakan yakni dengan pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) berpendekatan STEAM rata-rata nilai postest mengalami peningkatan yang signifikan dari rata-rata nilai pretest yaitu pada kelas eksperimen hasil belajar adalah 80,38. Dan pada kelas kontrol juga mengalami peningkatan nilai postest yaitu hasil belajar menjadi 73,67. Data hasil belajar kognitif yang diperoleh pada pembelajaran dengan menggunakan model PjBL berpendekatan STEAM lebih tinggi dibandingkan dengan hasil kognitif siswa yang proses pembelajaran yang hanya menggunakan model PjBL murni.

Kata Kunci


model PjBL; pendekatan STEAM; hasil belajar kognitif; SMP Dian Todahe

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriana, J. (2016). Project Based Learning Integrated to Stem to Enhance Elementary School’s Students Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 261–267.

Amamoua, S., & Belcadhia, L. C. (2018). Tutoring In Project-Based Learning. Journal Procedia Computer Science, 176–185.

Arikunto, S. (1998). Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.

Furi, L. M. I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60.

Lutfi, Ismail, & Azis, A. A. (2018). Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi Stem Terhadap Literasi Sains, Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya Inovasi Pembelajaran Dan Penelitian Biologi Berbasis Potensi Alam, 5 Mei 2018.

Musa, F., Mufti, N., & Latif, E. (2012). Project-based Learning (PjBL): Inculcating Soft Skills in21st Century Workplace. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 5(9), 565–573.

Nuraini, Riadi, A., Umanailo, M. C. B., Rusdi, M., Badu, T. K., Suryani, Irsan, Ismail, I., Pulhehe, S., & Hentihu, V. R. (2019). Political Policy For The Development Of Education. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(11), 1871-1874.

Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan, 3(2).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Suryabrata, S. (1983). Metodologi Penelitian. Rajawali Press.

Trianto, I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum tematik Integratif/KTI). Kencana.




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i1.6291

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.