PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Sartika Ujud, Taslim D Nur, Yusmar Yusuf, Ningsi Saibi, Muhammad Riswan Ramli

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery learning  dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 10 Kota Ternate kelas X IPA 3. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengunakan dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil evaluasi peserta didik pada siklus I dari 30 orang, terdapat 14 peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan Minimal (KKM) atau 47%. Sisanya, peserta didik yang belum memenuhi KKM sebanyak 16 orang atau 53%. Nilai rata-rata siklus I yaitu 70 sedangkan nilai KKM mata pelajaran biologi adalah 72. Hasil evaluasi peserta didik pada siklus II terjadi peningkatan. Peserta didik yang berumlah 30 orang dinyatakan tuntas atau 100% dengan memperoleh nilai rata-rata 80. Hasil observasi aktivitas peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar selama siklus I telah tergolong baik, hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh yaitu 69. Dan siklus II mendapatkan hasil observasi aktivitas peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar tergolong tinggi dengan perolehan 100%. Hasil aktivitas guru model pada siklus I dan siklus II tergolong lebih baik dalam proses belajar mengajar dengan model pembelajaran Discovery Learning. Hal tersebut dapat dilihat pada aktivitas guru dimana pada siklus I, 71% sedangkan pada siklus II, 100%.


Kata Kunci


Model Pembelajaran; Discovery Learning; Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.

Arikunto, S. (2012). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Rhineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar.Jakarta: Rhineka Cipta.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dipadu Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Di Madrasah Aliyah Kota Banda Aceh. Jurnal Biology Education, 6(2).

Ibrahim, R. K., Mulyadi, A., & Muntashofi, B. (2007). Pengaruh Motivasi Belajar Intrinsik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Dasar Kelas X Smk Di Kota Cimahi. Fineteach: Journal of Finance, Entrepreneurship, and Accounting Education Research, 1(3), 168–174.

Kulsum, N. N. S., Surahman, E., & Ali, M. (2020). Implementasi model discovery learning terhadap literasi sains dan hasil belajar peserta didik pada sub konsep pencemaran lingkungan. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 15(2).

Majid, A. (2019). Strategi pembelajaran. Jakarta : PT Remaja Rosdakarya.

Mawaddah, Y. (2020). Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Metode Praktikum Terhadap Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Di MAS Nurul Islam Blang Rakal. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Purwanto, N. (2017). Evaluasi hasil belajar [Evaluation of learning outcomes]. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Puspita, I., Arief, Z. A. (2015). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Partisipasi Siswa Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika (Survey Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Attaqwa Cicurug Sukabumi). Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1).

Saputra, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati. JESBIO: Jurnal Edukasi Dan Sains Biologi, 5(2).

Sudijono, A. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: PT. Raja Grafndo Persada.

Suparman, S., D. N. Husen. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Bioedukasi, 3(2), 367-372.

Widayanti, L. (2014). Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan metode problem based learning pada siswa kelas viia mts negeri donomulyo kulon progo tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49).

Yusuf, Y., Saibi, N., Ramli, M. R., & Nursia, N. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Gerak Melalui Penerapan Model Pembelajaran Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review). Biopedagogia. https://doi.org/10.35334/biopedagogia. v3i2.2336




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.