MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 1 KOTA TERNATE

yayu Fardi, Dharmawaty M. Taher, Bahtiar Bahtiar, Ningsi Saibi

Sari


Penelitian ini menggunakan model pembelajaran problem based learning pada materi pencemaran lngkungan siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Ternate. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi melalui model Problem Based Learning (PBL) materi pencemaran lingkungan siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Ternate. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian (PTK). Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, serta dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif. Objek penelitiannya yaitu siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Ternate. Hasil penelitian menunjukan penerapan model Problem Based Learning (PBL) materi pencemaran lingkungan, dapat meningkatkan hasil belajar biologi, khususnya pada kelas VII MTs Negeri 1 Kota Ternate. Hal ini dapat dilihat pada siklus I, siswa yang dikatakan tuntas 35% atau 9 siswa, dengan nilai rata-rata yang di peroleh 48,19% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan siswa yang tuntas 92% atau 24 siswa dengan nilai rata-rata 84,92%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh aktivitas siswa dan guru. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa dalam proses pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan model Problem Based Learning telah mengalami peningkatan dari 50% meningkat menjadi 83%. Hal tersebut disebabkan karena pada siklus II aktivitas guru juga telah mengalami peningkatan dari 58% menjadi 83%. Dengan demikian model Problem Based Learning (PBL) materi pencemaran lingkungan, dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Ternate.


Kata Kunci


Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprianto, I. et al., 2023. Analysis of The Influence of Managerial Skills and The Charisma of The School Principal in Improving Performance and Teacher Professionalism. Journal Of Education, Teaching and Learning.

Djaali, 2009. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Guswan, F.A. & Usmeldi, 2020. Dampak Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Smk Negeri 1 Pariaman. Ranah Research : Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(2), pp.38–43.

Nata, Y.N., 2020. Penerapan Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana.

Ngalimun, 2013. Strategi dan Model Pembelajaran, Banjarbaru: Scripta Cendekia.

Nuarta, I.N., 2020. Meninn prestasi belajar bahagkatkasa Inggris melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), pp.283–293.

Nurbaeti, R.U., 2019. Pengembangan bahan ajar IPA berbasis problem based learning untuk siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1).

Nuryayu, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X/B SMA Negeri Bolo Tahun Pelajaran 2016/2017. UIN Mataram.

Putri, D.F.S., 2017. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keteramplan Proses Sains Materi Usaha dan Energi Pada Peserta Didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 6 Surakarta Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Empirisme, 3(4).

Rerung, N., Sinon, I.L. & Widyaningsih, S.W., 2017. Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), pp.47–55.

Silaban, E.D., 2019. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas MIA 2 SMA 2 Tapung. Universitas Riau.

Sudjana, N., 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suparman, S. & Husen, D.N., 2015. Peningkatan Kemampuann Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Bioedukasi, 3(2).

Susanto, A., 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Umar, M., Kurniawan, H. & Ummiya, R., 2021. Penerapan Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran elektronika mikroprosesor di kelas X SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), p.24.




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v7i2.9238

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.