Validitas Modul Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia Berbasis Constructivist Teaching Sequence (CTS) Berbantuan Augmented Reality (AR)

Darti Asriani, Masra Latjompoh, Muh. Nur Akbar, Herinda Mardin, Nurul Fajryani Usman

Sari


Modul pembelajaran sistem peredaran darah manusia berbasis Constructivist Teaching Sequence (CTS) berbantuan Augmented Reality (AR) dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dari modul pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) menggunakan Generic Design Research Model. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validitas modul yang dinilai oleh ahli materi dan media. Hasil validasi menunjukkan bahwa validasi materi memperoleh nilai rata-rata 93% dengan kategori “Sangat Valid” sedangkan validasi media memperoleh nilai rata-rata 88% dengan kategori “Sangat Valid”. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu modul dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Kata Kunci


modul pembelajaran, sistem peredaran darah, constructivist teaching sequennce, augmented reality

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Agapau, J. D. L., Ningsih, K., & Titin, T. (2024). Pengembangan E-Modul Plantae dengan Discovery Learning untuk Memberdayakan Pemahaman Siswa Kelas X SMA. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 8(2), 105–119.

Anam, R. S., Gumilar, S., & Widodo, A. (2024). The Use of the Constructivist Teaching Sequence (CTS) to Facilitate Changes in the Visual Representations of Fifth-Grade Elementary School Students: A Case Study on Teaching Heat Convection Concepts. International Journal of Science and Mathematics Education, 22(1), 73–99. https://doi.org/10.1007/s10763-023-10358-x

Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 1.

Fitri, M., Sibuea, L., Sembiring, M. A., Agus, T. A., Tinggi, S., Informatika, M., & Royal, D. K. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Media Sosial Facebook Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Science and Social Research, 4307(1), 73–77. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

Hastika, A. D., Setiyaningsih, L. B., Verawati, Y., Supriatno, B., & Riandi. (2024). Innovation of Constructivist Teaching Sequences Model Based on Technology in Biology Material. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 106–116. https://doi.org/10.55215/pedagonal.v8i2.3

Hutabri, E. (2022). Validitas media pembelajaran multimedia pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 4, 296–300.

Julianto, I. N. L., & Cahyadi, I. W. A. E. (2020). Interaktivitas Ilustrasi pada Ruang Belajar Siswa SD Kelas 1 – 3 di Bali. Panggung, 30(4). https://doi.org/10.26742/panggung.v30i4.1373

Kamra, Y. (2019). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakulikuler dalam Upaya Mengembangkan Lingkungan Pendidikan yang Religius di Smp N 13 Kota Bengkulu. IAIN BENGKULU.

Latifah, S. N., & others. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android materi kegiatan ekonomi mata pelajaran ips kelas iv mi ma’arif diponegoro. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara, 2(2), 180–187.

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100.

Mukhoyyaroh, Q., Nugraheni, L. S., Ripauji, R., & Sumedi, S. H. (2023). Pengembangan modul pembelajaran berbantuan augmented reality (AR) pada materi sistem peredaran darah manusia. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 16(2), 65. https://doi.org/10.20961/bioedukasi.v16i2.73535

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525

Plomp, T. (2013). Preparing education for the information society: implementation challenges. International Journal of Social Media and Interactive Learning Environments, 1(3), 224. https://doi.org/10.1504/IJSMILE.2013.055752

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Yazid, K. (2016). Validitas buku saku materi ekologi untuk siswa kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 5(3).

Yusuf, Y., Saibi, N., Ramli, M. R., & Nursia, N. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Gerak Melalui Penerapan Model Pembelajaran Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review). Biopedagogia, 3(2), 158–169. https://doi.org/10.35334/biopedagogia.v3i2.2336

Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran media pembelajaran berbasis augmented reality dalam media sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 3(5).




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v8i1.9903

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
       Â   

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.