PEMANFAATAN MEDIA POHON ANGKA UNTUK MENGENAL KONSEP BILANGANPADA ANAK USIA DINI
Sari
Abstrak: Pemanfaatan media pohon angka pada anak usia dini adalah suatu kegiatan yang pemanfaatan media pohon angka yang dimainkan anak untuk mengenal konsep bilangan pada  anak sejak dini. Pemanfaatan media pohon angka ini bertujuan untuk mengenalkan  konsep bilangan berdasarkan pemahaman anak pada indikator 1-10 dengan cara anak menunjukan angka-angka pada pohon angka. Media pohon angka ini dapat menolong anak dalam mengenal konsep bilangan 1-10 dengan tampilan yang menarik. Dalam kajian ini penulis mengunakan metode literatur dengan pengumpulan data pustaka, buku-buku, serta artikel yang terkait dengan penelitian. Berdasarkan kajian yang dilakukan penulis menyimpulkan bahwa pemanfaatan media pohon angka dapat membantu anak dalam mengenal konsep bilangan khususnya angka 1-10.
Â
Kata kunci: Media Pohon Angka, Konsep Bilangan
Â
Abstract: The using media of numerals, the tree is an activity to introduce the numbers to early childhood. The main purpose of using the numerals tree is to introduce the numbers based on the children’s understanding at an indicator of 1-10 throughout showing the numbers at the numerals tree. This method can help children to know the concept of numbers 1-10 with an interesting display. In this research, the author used the literature of methodology by literature collections, the articles regarding this research. Based on the results, the author concluded that using media of numerals tree can help children master the numbers in especially at 1-10.
 Â
Keywords: Media of Numerals Tree, Concept of Numbers  Â
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alfiyah dan Sri Joeda Andajani 2011. Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangkan melaluipermainan pohon angka bagi siswa tunagrahita. Artikel jurnal.
Abidin. 2009, Bermain, Rizqi Press, Bandung
Budiartini Desak Putu, I Nyoman Jampel, Nice Maylani Asril 2014. Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Pohon Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 2Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Bali (Volume 2 No 1 Tahun 2014)
Fitria Nila Ockti Syafitri, Rohita, 2018. Peningkatan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan 1-10 melalui permainan pohon hitung pada anak usia 4-5 tahun di BKB PAUD harapan bangsa. Universitas Al Azhar Indonesia.
Fita Uly Khusunaya 2018. Penggunaan media permainan kartu angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK islam terpadu tazkia cangkiran mijen. Skripsi Universitas Islam Negeri Walisongo.
Komariah, 2013. MEMPERKENALKAN BILANGAN PADA ANAK USIA DINI. Cakrawala Dini : Vol. 4 No. 2, November 2013
Margitawati Anak Agung Ayu Ratih,. Ketut Pudjawan, Didith Pramunditya Ambara, 2015. Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Pohon Hitung Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B1. Vol 3, No 1 (2015) Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksa.
Marfuah Fitri, Hera Heru , 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Anak Usia Dini Menggunakan Media Pohon Hitung Di Kelompok Bermain Pelangi Aisyiyah Jumantoro. Jurnal AUDI, Volume 2, Nomor 1. 2017
Malapata Elisa, Lanny Wijayaningsih, 2019. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Lumbung Hitung Volume 3 Issue 1 (2019) Pages 283 – 293 Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini DOI: 10.31004/obsesi.v3i1.183.
Nurrahmadani, Anizar Ahmad, Yuhasriati, 2017. Memperkenalkan Bilangan Untuk Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Pohon Angka Di TK Darurrahman Kota Banda Aceh Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(1):70-75 Mei 2017.
Nur Latifah, Arie Supriyanto, Khusnul Laely 2011. Meningkatkan kemampuan mengenal bilangan melalui media pohon hitung flannel. Jurnal Universitas Muhamadiyah Magelang.
Nurul Mita Chotul Chold 2014. Meningkatkan kemampuan berhitung melalui media pohon hitung pada anak kelompok B TK kasuma mulia kecamatan pare. Universitas PGRI Kendiri.
Nurrahamadani, Anzar Ahmad, Yuhasriati 2017. Memperkenalkan bilangan untuk anak usia dini dengan menggunakan media pohon angka di TK darurrahman kota banda aceh, Universitas Syiah Kuala Darsussalam Banda Aceh Indonesia
Rahayu Made Ayu Nadi, Putu Indah Lestari, Made Elia Cahya, 2019. Implementasi alat permainan edukatif pohon angka dalam meningkan kemampuan mengenal konsep dan lambang bilangan. Universitas Dhyana Pura,Vol 3, No 1 (2019) Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Rahman Taopik, Sumardi , Fitri Fuadatun, 2017. Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Flashcard. Jurnal PAUD Agapedia, Vol.1 No. 1 Juni 2017, page 118-128..
Rawa Natalia Rosalina, Marsianus Meka, dan Virginia Nai. 2019. Pengaruh media pembelajaran pohon angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TKK Satap St. Theresia Wolomeli Kabupaten Ngada. Jurnal edukasi AUD.Vol 5. No.2 Desember 2019
Rahman Taopik, Sumardi, Fitri Fuadatun 2017.Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Flashcard.
Reni Yulistiana 2016. Upaya Pembelajaran Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada Anak Di TamanKanak-kanak Kesuma Tanjung Karang Barat Bandari Lampung.Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Susanto Ahmad 2012. Perkembangan anak usia dini. Jakarta kencana
Sofyan Ade 2016. Penggunaan Alat Bermain Konsep Bilangan Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Bina Kelurahan Blita PAUD Mawar Kota Salatiga. https://lib.unnes.ac.id/28441/1/1201411069.pdf
Ulum Irfatul 2014. Peningkatkan pemahaman konsep bilangan melalui permainan memancing angka pada anak kelompok A di masyithoh kalisoka triwidadi pajangan bantul. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Watik 2015. Mengembangkan kemampuan mengurungka bilangan 1-10 mengunakan media pohon hitung pada anak kelompok A PAUD PKK kalimpang. Skripsi, Universitas Nusantara PGRI kendiri.
Wykke Safitra 2017. Meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media bermain kartun angka pada anak usia 4 tahun di PAUD baitusshibyaan srumabung. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Di Akses 23 Januari 2020
Wahyuni Sri. S, Muhammad Ali, Halida, 2016. Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Pohon Hitung Usia 4-5 Tahun Di TK, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016. https://media.neliti.com/media/publications/213861-peningkatan-kemampuan-berhitung-melalui.pdf
Yus Anita. (2011). Peskoran perkembangan belajar anak taman kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media.
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i1.2130
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara