PENGARUH KEGIATAN FINGER PAINTING TERHADAP KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B
Sari
Abstrak: Kreativitas sangat penting untuk dikembangkan bagi anak usia dini karena akan menciptakan pengalaman-pengalaman yang bisa menumbuhkan percaya diri dan sikap positif untuk perkembangan anak secara optimal. Adapun salah satu finger painting yang dapat mengembangkan kemampuan kreativitas anak yaitu melalui kegiatan finger painting, dengan kegiatan finger painting merupakan salah satu kegiatan untuk mengembangkan kreativitas anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan studi (library research). Adapun salah satu kegiatan yang dapat diterapkan dalam mengembangkan kreativitas anak yaitu dengan menggunakan finger painting. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik melukis (finger painting) terhadap kreativitas anak.
Kata Kunci: Kegiatan Finger Painting, Kreativitas Anak
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amin, 2007. Menyiapkan Masa Depan Anak Secara Islami. Jakarta: Azmah
Ari Sofia 2016. Pengaruh Bermain Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di RA Akhlakul Karumah Kotabumi.
Depdiknas, 2003.Undang-Undang Pendidikan Nasional No. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Febriyan Rachmawati 2016. Pengaruh Bermain Melukis Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Dukuh Mojolaban Sukoharjo
MusbikinDalam Asrul dan Ahmad Syukri, 2016. Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing
Guiford Mohammad Ali dan Mohammad Asroni, 2004. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara
Haryati, 2012. Aktivitas Cerdas Pengisi Kegiatan PAUD. Jakarta: Tugu Publisher
Kenedi, 2017. Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Journal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora Vol. 4 (Diakses 5 Juli 2020)
Kurniati, dkk, 2010.Strategi pengembangan kreativitas pada anak. Jakarta: Kecana Prenada Media Group
Khadija, 2015. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing
Kim, M., Roh & Cho. 2016. Creativity of Gifted Student in an Integrated Math-Science Instruction. Journal of Skill and Creativity Vol.19 pp38-48 (Diakses 3 Juli 2020)
Lia Istiana 2016. Pengaruh Bermain Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok B Di PAUD Melati
Montolalu dalam Maria Evivani, 2004. Permainan finger painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini Maret 2020.Vol 05 No 01 (Diakses 29 Juni 2020)
Montalalu, 2009. Bermain dan Permainan. Jakarta: Universitas Terbuka
Nadiyah Maulidah Rachmah, 2018. Efektivitas Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Melukis Anak Kelompok B Raudlatul Athfal Muslimat NU 75 Miftahul Huda Gresik. Skripsi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Diakses 2 Juli 2020)
Pamadhi dan Sukardi, 2010. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Rahmawati, 2011. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana
Rohani, 2017. Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas. Journal Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (Diakses 1 Juli 2020)
Rachmawati 2014. Strategi Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sari 2016. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting di TK Goemerlang. Journal (Diakses 29 Juni 2020)
Safriyanti Dewi, 2018. Kreativitas Anak Usia Dini Di Ra Nur Hidayah. Kabupaten Labuhan Batu. Skripsi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Diakses 4 Juli 2020)
Santrock, 2011. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana
Selia Dwi Kurnia 2015. Pengaruh Kegiatan Finger Paintingdan Keterampilan Motorik Halus Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Seni Lukis Pada Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Matanna Tikka Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone
Syafarudin, 2011. Pendidikan Prasekolah. Jakarta: Perdana Publishing
Suratno, 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Skripsi Jakarta (Diakses 27 Juni 2020
Suwarini 2014. Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Kelompok B Di Pertiwi Karangtengah, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen
Utami Munandar, 2009. Pengemangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i1.2200
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara