Analisis Tayangan Serial Animasi Upin Dan Ipin Dalam Perkembangan Pola Perilaku Sosial Anak Usia Dini

Widyaningsih Ilham, Andi Agustan Arifin, Dewi Mufidatul Ummah, Bujuna Alhadad

Sari


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola perilaku sosial anak dalam animasi Upin dan Ipin. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif karena sumber datanya diperoleh dari dialog berupa percakapan Upin, Ipin dan kawan-kawan pada episode cerita kami bagian 1 season 5, indahnya syawal bagian 1-2 season 10, ikhlas dari hati bagian 1-2 season 5 dan untuk prestasi bagian 1-3 season 12. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, dokumentasi dan peneliti sendiri sebagai sumber kunci. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pola perilaku sosial anak pada setiap animasi Upin dan Ipin yaitu kerja sama, kemurahan hati, simpati, sikap ramah dan sikap tidak mementingkan diri sendiri. Animasi Upin dan Ipin dapat digunakan sebagai sarana untuk menumbuhkan pola perilaku sosial karena episode-episode tersebut mengandung perilaku yang baik untuk ditiru oleh anak-anak. Pengembangan pola perilaku sosial perlu didik sejak dini agar tidak menimbulkan kesulitan di kemudian hari.

Kata kunci: Animasi Upin Ipin, Perilaku Sosial, Anak

Abstract:  The research aims at describing the pattern of children social behavior in Upin and Ipin cartoons. This type of research is descriptive qualitative because the data source obtained from dialogue in the form of conversations by Upin, Ipin and friends in episode Our Story part 1 season 5, Beautiful of Syawal part 1-2 season 10,  A Sincere of Heart part 1-2 season 5and Need for Achievement spart 1-3 season 12. The instruments used to collect the data are observation, documentation and the researcher herself as the key instrument. The data analyzed qualitatively. The result indicated that there children social behavior pattern found in each of the upin and ipin cartoons, those are cooperation, kind heart, care, help for others and fairness. Upin and Ipin's cartoon can be used as a means of cultivating social behavior patterns because these episodes contain good behavior to be imitated by the children. The development of social behavior patterns needs to be educated since early age so that this does not cause any difficulties in the future.

Key words: Upin Ipin Cartoon, Social Behavior, Children


Kata Kunci


Animasi Upin Ipin; Perilaku Sosial; Anak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, F. (2019). Peran Pendidikan Karakter Dalam Membangun Kepribadian Pelajar di SMAN I Salem. Munaqasyah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1).

Ajeng, Dewi , dkk. 2020. Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Vol 4 Juni.

Aprilia D, Kusumastuti. 2017. Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Permain Kostruktif Pada Anaka Kelompok B Di Tk ABA Plosokerep Bunder Patuk Gnungkidul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Basarudin. 2010. Nilai-Nilai Moral Dalam Film Serial Kartun Upin dan Ipin. Skripsi Universitas Agama Islam Negeri Purwokerto.

Brian, A & Sri, S. 2014. Modal Sosial Dalam Komunitas Vespa Bananacity150 Di Kecamatan Gedangan Sidoarjo. Jurnal Pradikma Vol 02

Dr. Ahmad, Susanto,M.Pd. 2015. Bimbingan dan Konseling Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Penerbit Pranadamedia Group

Fajar, Tri A. 2016. Perilaku Sosial Anak Usia Dini Dilingkungan Lokalisasi Guyungan. Jurnal Paud Vol I April

Farida, Mayar. 2013. Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Jurnal AL-Ta’Lim Vol I November

Fauzia. R. 2017. Pengaruh Tayangan Televisi Terhadap Perkembangan Perilaku Anak Pada Murid Kelas IV SD Negeri 47 Tompotikka Kecamatan Wara Kota Palopo. Skripsi Universitas Islam Alaludin Makassar.

Fauziddin. 2016. Peningkatan Kemampuan Kerja Sama Melalui Kegiatan Pada Anak Kelompok A TK Kartika Solo Kabupaten Kampar. Jurnal PG PAUD Vol 2.

Fiahliha, A. 2017. Implementasi pengembangan Nilai Agama Moral Pada Anak Usia dini Melalui Metode Keteladaan Di TK Aisyiyah I Sawahan Ngemplak Boyolali Tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi Universitas Keguruan Institus Agama islam Negeri Surakarta.

Hadi, Atmoko. 2014. Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata Brajan Kabupaten Sleman. Jurnal Media Wisata Vol 12 November.

Nilasuwarna & Nurlina . 2020. Perilaku Sosial Anak Yang Sedang Menonton Film Kartun Upin dan Ipin, Jurnal Paud Vol 2 Maret

Nurhabibah. 2016. Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Interaksi Sosial Dengan Teman Sebaya Di Paud Nurul Hidayah Desa Lampuuk Kabupaten Aceh Besar. Skripsi Universitas Syiah Kuala Darussalam Danda Aceh

Nuryanti, Lusi. 2008. Psikologi Anak. Jakarta:Penerbit Pustaka Setia.

Rekysika. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Melalui Kegiatan Kerja Kelompok Di Kelompok A TK Negeri Trukan Siwates Kaligintung Temon Kulon Progo. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Rizki, A. 2018. Kerja Sama Dan Kekompakan Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di Kelas XII Mipa SMAN 3 Kota Jambi. Jurnal Penddikan Fisika Vol 3 Desember

Rohayati. 2013. Pengembangan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Paud Vol 4 November.

Rosyida, N, Izzati. 2016. Hubungan Perilaku Prososial Dengan Kebermaknaan Hidup Mahasiswa Fakultas Psikologi Maulana Malik Ibrahim Malang Angkatan 2015/2016. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Rumini, Sri & Siti, S. 2004. Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta:Penerbit Rineka Cipta.

Santi & Torro. 2019. Dinamika Interaksi Siswa Siswa Di UPT SMA Negeri 4 Luwu Utara Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Sosialisasi Vol 6 Maret.

Santrock, Jonn W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta:Penerbit Erlangga

Siti, M. 2018. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Didesa Bandar Abung Kecematan Abung Surakarta Kabupaten Lampung Utara. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Sugiyono. 2011. Motode Penelitian Kuantitaf Kualitati dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabet.

Zahwa. 2017. Kemapuan Kerjasama Anak Usia Dini Ditinjau Dari Ukuran Kelahiran Di Kelompok B RA AL-Karomah Batang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i2.3633

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara