Analisis Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Permulaan Pada Anak Kelompok B Di PAUD Terpadu Alkhairat Skeep
Sari
Abstrak: Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif dapat diartikan sebagai pendekatan yang menghasilkan data, tulisan dan tingkah laku yang diamati dari orang-orang. Pendekatan kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah (Moleong, 200:26). Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tentang Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Permulaan Anak kelompok B di PAUD Terpadu Alkhairat Skeep. Hasil penelitian yang di dapatkan pembelajaran yang terkait dengan kegiatan meningkatkan minat baca permulaan pada anak di PAUD Terpadu Alkhairaat Skeep dapat di simpulkan bahwa cara yang di pakai guru PAUD Terpadu Alkhairaat Skeep yaitu, (1) adanya kerja sama antara guru dan kepala sekolah selalu ada dukungan dari kepala sekolah dalam hal menyediakan media atau alat yang di butuhkan untuk meningkatkan minat baca permulaan pada anak. 2). Pemanfaatan bahan-bahan bekas yang ada di sekitar guru untuk membuat media sendiri. 3). Guru melakukan dengan permainan kartu gambar dan boneka tangan untuk meningkatkan minat baca permulaan pada anak. 4) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca anak.Â
Kata kunci: Peran Guru, Minat Baca, Anak
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Nita, Anggraini. 2017. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Tk Di Kecamatan Pulung. Journal Unair. Vol 6. No 3. Surabaya.
Agus, Sumitra & Nita sumini. 2019. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal ilmiah potensia. Vol 4 (2). Bandung
Ekayani, P. 2017. Pentingnya Penggunaaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Ganesha Singaraja, 2 (1), 1-11.
Fauziah, N. 2013. Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal ilmiah visi. 8(1). 23-30.
Hayani. 2017. Hubungan Motivasi Guru Dengan Minat Baca Peserta Didik Si SMP Negeri 2 Pare-Pare. Makassar
Herlina. 2019. Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan. Vol 5. N0 4. Tarutung
Kasmiati. 2021. Perencanaan Pembelajaran Nilai Multikultural Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6(1). 492-504.
Khairiah, K.K. 2019. Pembinaan Minat Baca Anak. LIBRIA,11 (2), 66-74.
Khoiruddin, dkk. 2016. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini Di Taman Baca Masyarakat. Journal An-nafs. Vol 1. No 2. Kediri.
Mukti, Amini. 2007. Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Melalui Penenggelaman Keaksaraan. Jurnal pendidikan. Vol 8. No 1. Jakarta
Tirta, Sari. 2016. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan. Purwekerto
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v4i1.4393
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara