Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kreativitas Bermain Plastisin Di Tk Darul Falah
Sari
Tujuan dari dibuatnya artikel ini selain untuk menambah pengetahuan tentang perkembangan motorik anak usia dini juga mengetahui kemampuan motorik halus anak usia dini dengan cara bermain kreativitas plastisin di Tk Darul Falah dan sebagai penambah pengalaman untuk dijadikan gambaran kegiatan dimasa yang akan datang. Dalam penelitian ini ditemukan masalah anak yang kurang dalam kreativitasnya sehingga dalam kegiatan bermain plastisin mencontek karya temannya. Teknik yang digunakan yaitu dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan 2 kali selama 2 hari. Hari pertama saat kegiatan anak mencontek karya yang dibuat temannya karena kreativitasnya belum terlatih dan tidak mendapatkan ide sementara pada penelitian kedua anak sudah mampu membuat karyanya sendiri tanpa mencontek dari temannya. Pada penelitian kedua tersebut guru andil memberikan ide kreatif kepada anak dengan membacakan dongeng sebelum membuat karya. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa guru harus memiliki kreativitas yang tinggi supaya anak juga bisa mengembangkan idenya dari guru tersebut.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Aguss, Rachmi Marsheilla. 2021. Analisis Perkembangan Motorik Halus Usia 5-6 Tahun Pada Era New Normal. Sport Science and Education Journal 2(1):21–26. doi: 10.33365/ssej.v2i1.998.
Alif Muarifah, Nurkhasanah. 2019. Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anakf. Journal of Early Childhood Care & Education JECCe 1:14–20.
Chamidah, Atien Nur. 2014. Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak.
Farida, Aida. 2016. Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah 4(2):10–38.
Fitriani, Rohyana, and Rabihatun Adawiyah. 2018. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age 2(01):25. doi: 10.29408/goldenage.v2i01.742.
Hasanah, Hasyim. 2016. Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).
Husnuzziadatul Khairi. 2018. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna 2(2):15–28.
Indraswari, Lolita. 2012. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. (2).
Kiya, Aminoh, and Ida Windi Wahyuni. 2020. Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Gerakan Binatang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):107–20.
Maisarah, Ayu, Muchammad Eka Mahmud, and Wildan Saugi. 2020. Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Tanah Liat. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER) 1(2):46–54. doi: 10.37985/joecher.v1i2.7.
Mulyati, Sri, and Amalia Aqmarina Sukmawijaya. 2013. Meningkatkan Kreativitas Pada Anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan 2(2):125.
Pangestika, Rewinda Avin, and Erni Setiyorini. 2015. Pengaruh Bermain Plastisin Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak PRA Sekolah. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery) 2(2):169–75. doi: 10.26699/jnk.v2i2.art.p169-175.
Ramon, A., and et al Setyaningsih, T. S. A. 2021. Perbandingan Efektivitas Bermain Plastisin Dengan Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal Kesmas Asclepius 3(1):25–33.
Reni Puspita Sari, Een Yayah Haenilah, Ari Sofia. 2015. Pengaruh Penggunaan Bermain Plastisin Terhadap Peningkatan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis 53(9):1689–99.
Rohmah, Siti Khabibatur, and I. Ketut Gading. 2021. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Bermain Plastisin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 4(1):144. doi: 10.23887/jippg.v4i1.15740
Septri. 2018. Buku Ajar Motorik Dasar. 1–134.
Wibawa, Sutrisna. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. (1970)
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v4i2.4529
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara