MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK B PAUD BARUNAWATI KOTA TERNATE

Wa Epi La Dode, Rosita Wondal, Nurhamsa Mahmud

Sari


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak melalui metode bermain ular tangga pada anak di kelompok B PAUD Barunawati. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini anak kelompok B yang berjumlah 11 anak yang terdiri dari 5 perempuan dan 6 laki – laki. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.
Hasil Penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B di PAUD Barunawati Kota Ternate. Hal ini dapat di buktikan dengan meningkatnya kemampuan mengenal konsep bilangan anakpada siklus Idengan besar peningkatan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 56.25% meningkat pada siklus II sebesar 78.41% jadi terjadi peningatan sebesar 22,16%.


Kata Kunci


Konsep Bilangan; Permainan Ular Tangga, Anak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdillah, I., Dadang Sudrajat. 2014. Pengembangan Permainan Ular Tangga pada Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SDN Majalengka Wetan VII. Jurnal Online ICT – STMIK IKMI Vol. 11 – No. 1. Halaman 43 – 50.

Abidin, Y. ( 2011 ). Penelitian pendidikan dalam gamintan pendidikan dasar dan paud. Bandung : Rizqi Press

Azizah, Nurul, Tantut Susanto, Latifa Aini S. 2015. Pengaruh Terapi Bermain SCL ( Snake, Cards, and Ladders ) terhadap Keterampilan Mencuci Tangan Siswa Kelas I dan II di SDN Pakusari II Kabupaten Jember. e- Jurnal Pustaka Kesehatan, vol. 3 ( no. 2 ).

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Askalin. 2013. 100 Permainan dan Perlombaan Rakyat. Yogyakarta : CV Andi Offset

Endrasthi. 2014. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Media Papan Raba Pada Anak Kelompok A Di TK KKLKMD Sedyo Rukun Bambanglipuro Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta

Fadillah, M. 2018. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta

Fitriyani. 2015. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 dengan Media Asosialitif Dikelompok B TK Budi Rahayu.

Hartati, S. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Hurlock, Elizabeth B. 2018. Perkembangan Anak (Penerjemah: dr. Med Meitasari Tjandra dan Dra. Muslichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga

Indriasih, A. 2015. Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik di Kelas III SD. Jurnal Pendidikan, Volume 16, Nomor 2 halaman 127-137.

Iva, Rifa. 2012. Koleksi Game Edukatif di Dalam dan di Luar Sekolah. Yogyakarta: FlashBooks.

Irfatul, Ulum. 2014. Peningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Permainan Memancing Angka Pada Anak Kelompok A Di Masyithoh Kalisoka Triwidadi Pajangan Bantul. Unversitas Negeri Yogyakarta.

Latifah, N., Arie S., Khusul L. 2011. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Media Pohon Hitung Flannel. Jurnal Unversitas Muhamadiyah Magelang.

Maykes, S. Tedjasaputra. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Usia Dini, Jakarta : Grasindo

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak – Kanak . Jakarta: PT. Rineka Cipta

Satiadrama, P. Monty. 2008. Fungsi TerapeutiSk Bermain Bagi Anak Usia Sekolah. http://downloadgate.com/downlaod.php?file=psikologi.

Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta.

Sriningsih, Nining. 2008. Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung : Pustaka Sebelas

Sujiono, Yuliani Nurani. 2005. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka

Surparno, Paul. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius

Watik. 2015. Meningkatkan Kemampuan Mengurungkan Bilangan 1 – 10 Menggunakan Media Pohon Hitung Pada Anak Kelompok A PAUD PPK Kalimpang.

Yuvitasari. 2015. Peningkatan Kemampuan Mengenal Kata Melalui Metode Permainan Ular Tangga Kata Pada Anak Kelompok A TK Sinar Melatih Seriharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Skripsi. Universitas negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v4i2.5183

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara