Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Lompat Cangkir Di RA Zu Tsaqif

Ni Komang Nandhita Dharma Santy, Miftahul Jannah, Tria Mayanjani, Qisthina Hasibuan, Nur Laili

Sari


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permainan lompat cangkir dan menentukan warna bola dengan gerakan melompat dalam mengembangkan motorik kasar pada anak usia dini di RA ZU Tsaqif. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini 13 anak dengan usia anak 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam permainan buka cangkir dan menentukan warna bola dengan gerakan melompat dapat mengembangkan beberapa aspek perkembangan anak yaitu : 1) motorik kasar, dimana anak sebelum menyusun bola sesuai warna anak diminta untuk lompat dan membuka cangkir setelah itu baru mengambil dan menggumpul kan bola di tempat yang sudah disediakan. 2) kognitif, dimana anak mengambil dan menggumpulkan bola sesuai warna di tempat wadah yang sudah disediakan. 3) sosial emosional, dengan permainan ini sosial emosional anak pun juga berkembang, dimana dia dapat berinteraksi dengan temannya ketika menang mereka akan bertepuk tangan, tertawa dan kalau pun kalah mereka pun tetap bertepuk tangan, tertawa serta memberikan semangat kepada temannya yang kalah.


Kata Kunci


Permainan Lompat Cangkir, Kemampuan Motorik Kasar, Anak Usia Dini.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budi Rahardjo, Rizky Amalia, & Malpaleni Satriana (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Gerak Lokomotor Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Samarinda : CV Amerta Media

Hasanah, U. (2016). Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permainan tradisional bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52-64.

Nisa, I., & Suwardi, S. (2021). Stimulasi Gerak Lokomotor Anak Usia 1-4 Tahun Melalui Metode Gerak Dan Lagu. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 88-95.

Sobarna, A., Rusmana, R., & Gunawan, G. (2019). Keterampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok (Studi eksperimen strategi mengajar, motivasi dan gaya mengajar). JURNAL SEGAR, 7(2), 75-85.

Wahyuni, A. S. (2022). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bernyanyi di RA Al-Ikhlash. JURNAL ILMIAH CAHAYA PAUD, 4(2), 56-62.

Yosinta, S. I., Nasirun, H. M., & Syam, N. (2016). Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Lompat Kodok. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 57-61.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.5645

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara