Implementasi Pembiasaan Program 3M Anak Usia Dini 5-6 Tahun Pada Masa Pandemi Di PAUD Kemala Bhayangkari Kota Ternate
Sari
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembiasaan 3M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak) anak usia dini disalah satu sekolah PAUD di Ternate. Dengan metode penelitian kualitatif deskriptif, subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang tua, 3 guru dan 10 siswa kelas B, tekhnik dalam pengumpulan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penerapan pembiasaan dilakukan yaitu. 1) Pemberian teladan yaitu proses penerapan pembiasaan 3M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak) yang dilakukan sesuai dengan anjuran pemerintah dengan protokol kesehatan yang ditetapkan 2) kegiatan spontan yaitu yang dilakukan anak, terkait penerapan 3M anak merespon dan menerima dengan baik, mereka dengan cepat sekali menyesuaikan karena sudah dibiasakan orang tua dari rumah. 3) Kegiatan rutin terkait proses penerapan disekolah masih dilakukan sesuai protokol kesehatan dan anjuran pemerintah. Seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak hal ini sudah diterapkan disekolah sampai saat ini.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amin, M., Kristiana, D., & Fadlillah, M. (2020). Pengaruh Kelekatan Aman Anak pada Ibu terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal PendidikanAnakUsia Dini, 5(1),127.https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.504
Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1529
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.Balasubramanian, S., Rao, N. M., Goenka, A., Roderick, M., & Ramanan, A. V. (2020).
Astuti, Ratri Sunar. (2006). Melatih Anak Mandiri. Yogyakarta: kanisius.
Ahmad, A 2007. PAUD: Panduan Praktis Bagi Ibu Dan calon Ibu. Bandung Alfabeta.
Balasubramanian, S., Rao, N. M., Goenka, A., Roderick, M., & Ramanan, A. V. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) in Children - What We Know So Far and What We Do Not. Indian Pediatrics, 57(5), 435–442. https://doi.org/10.1007/s13312-020-1819-5
Bender, L. (2020). Guidance for COVID-19 Prevention and Control. IASC: Inter-Agency Standing Committee, March, 1-13.
Ciuca, I. M. (2020). COVID-19 in children: An ample review. Risk Management and HealthcarePolicy. https://doi.org/10.2147/RMHP.S257180
COVID, M. A. S. (2020). infection: Emergence, transmission, and characteristics of human coronaviruses/Muhammad Adnan Shereen, Suliman Khan, Abeer Kazmi, Nadia Bashir, Rabeea Siddique. Journal of Advanced Research, 24(3), 91-98.
Hudson, DL. (2022). Mental health of children and young people since the start of the pandemic. Clinical Child Psychology and Psychiatry, 27(1), 3-5. 1-10.https://doi.org/10.12968/hmed.2020.0321.
Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 515–522. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.458
Fatmalia, R., Bina, U., Getsempena, B., Naga, A., Kuala, S., & Aceh, K. B. (2021). P-ISSN Jurnal Ilmiah Mahasiswa Anaisis Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Masa Pandemi COVID-19 Di TK AL-Wasliyah Banda Aceh
Fakhira, A. D., Pawitra, A. S., Diyanah, K. C., Wikurendra, E. A., Nagy, I., & Abdeljawad, N. S. M. (2021). Awareness of Doing 3M (Wearing Mask, Physical Distancing, Washing Hands) During Pandemic Era in Rural and Urban Families. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 13(2), 94. https://doi.org/10.20473/jkl.v13i2.2021.94-101
Hodgetts, D. J., & Stolte, O. E. E. (2012). Case-based Research in Community and Social Psychology: Introduction to the Special Issue. Journal of Community and Applied Social Psychology, 22(5), 379–389. https://doi.org/10.1002/casp.2124
Jiatong, E., Lanquin, L., & Wenjun, L. (2020). Epidemia de COVID-19: caracterÃsticas de la enfermedad en niños. Journal of Medical Virology, 92, 747-754.
Karmila, R., Khosiah, S., & Fahmi, F. (2020). Pengaruh rutinitas di rumah terhadap kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 20. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i1.3348
Kumar, A., Nayar, K. R., & Bhat, L. D. (2020). Debate: COVIDâ€19 and children in India. Child and adolescent mental health, 25(3), 165-166
Pramono, D., & Risnawati, A. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Latihan Pembiasaan Penggunaan Toilet di KB Al-Hidayah Insan Mandiri Kabupaten Bandung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.8
Qistia, N., Novianti, R., & Kurnia, R. (2019). Hubungan Regulasi Diri dengan Kemandirian Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 2(3), 61-72. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i3.35.
Ramli, M. (2005). Pendampingan perkembangan anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.
Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru Dan Orang Tua. Edukid, 16(2), 121–129. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19805
Rusmayadi, & Herman. (2019). The Effect of Social Skill on Children’s Independence. Journal of Educational Science and Technology, 5(2), 159–165.
Safitri, N., Setiawati, S., & Aini, W. (2018). Gambaran Penanaman Kemandirian pada Anak Usia Dini oleh Orang Tua dalam Keluarga. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(1), 84. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9005
Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441
Sari, D. Y.(2018). Pengaruh Bimbingan Guru dalam Mengembangkan Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4436
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Wei, M., Yuan, J., & Liu, Y. (2020). Novel coronavirus infection in hospitalized infants under 1 year of age in China. JAMA. Published online February 14, 2020. https://doi.org/10.1001/jama.2020.2131
WHO, I., & Unicef. (2020). Key Messages and Actions for Prevention and Control in Schools. Key
Wiyani, N. A. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media. Ar Ruzz Media.
Wulandari, D. A. Saifuddin, & Muzakki, JA (2018). Implementasi Pendekatan Metode Montessori dalam Membentuk Karakter Mandiri pada Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1-19. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3216
Yusutria, Y., & Febriana, R. (2019). Aktualisasi Nilai–Nilai Kemandirian Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 577–582. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4575
Yudrik, J. (2015). Psikologi Perkembangan (1 ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.5882
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara