Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Pembelajaran Anak Usia Dini

Faza Tsamrotul Apipah, Qonita Qonita, Edi Hendri Mulyana

Sari


Artikel bertujuan menggali berbagai upaya guru dalam menerapkan nilai Pancasila sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada pembelajaran anak usia dini. Nilai sila pertama Pancasila ini merupakan nilai utama yang harus distimulasi sejak dini. Hal ini penting dilakukan agar anak dapat berperilaku sesuai dengan nilai Ketuhanan di masa dewasa kelak. Dalam menggali hal tersebut penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Desain penelitian berupa penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru di KOBER Al-Ittihad Tasikmalaya. Hasil penelitian bahwa berbagai upaya guru dalam menanamkan nilai Pancasila Ketuhanan pada anak usia dini dilakukan dengan beragam metode, media, dan pembiasaan. Metode yang digunakan berupa bernyanyi, storytelling, bermain, dan outing class. Media yang digunakan yaitu buku cerita, media gambar, video animasi, dan miniatur peraga. Pembiasaan yang dilakukan yaitu mengucap salam, berdoa, mengenalkan asmaul husna, surat, dan doa serta pembiasaan salat dhuha. Guru hendaknya lebih memperhatikan dalam menanamkan nilai Pancasila sehingga anak dapat terbiasa berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.


Kata Kunci


Nilai Ketuhanan; Pancasila; Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alaby, M. A. (2023). Urgensi Nilai Pancasila pada Anak Usia Dini. JOTE: Journal on Teacher Education, 4(3), 102–111.

Amu, S., & Tampi, F. L. (2021). Metode Penanaman Nilai-Nilai Pancasila pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Kidspedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–10.

Ardiansari, B. F., & Dimyati. (2022). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420–433. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926

Ardiyanti, Bashiroh, & Anwar. (2021). Peran Nilai Agama, Pancasila dan Budaya dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(1), 102–115.

Hasanah, L., Bahi, N., Nurvianti, N., Cahyantika, R., & Prameswari, S. (2022). Implementasi Nilai Pancasila pada Sila Pertama dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Dian Karuna. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 6(02), 585–593.

Kamila, J. T., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Mengenalkan Pancasila Dan Contoh Penerapan Nilai – Nilai Pancasila Sejak Anak Berusia Dini. Indonesian Journal of Mustidisiplinary Islamic Studies, 2(2), 81–92.

Lestariningrum, A., Andyastuti, E., Lailiyah, N., Wijaya, I. P., & Karisma, D. Y. (2023). Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Berbasis Nilai Pancasila pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 719–729. https://doi.org/10.31004/obsesi.7i1.3994

Luthfillah, N., Elan, E., & Rachman, B. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dan Patriotisme pada Anak Usia Dini. Journa Oof Educatioon Research, 3(1), 35–41.

Nabila, K. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Orangtua dalam Menerapkan Nilai Pancasila terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9012–9015.

Nafisah, A. D., Sobah, A., & Kharisma, N. A. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5041–5051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865

Nuraeni, Y. (2022). Penerapan Nilai Pancasila melalui Pembiasaan Salat Berjamaah pada Anak Usia Dini. JPP PAUD FKIP Untirta, 9(1), 95–104.

Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316.

Rahmawati, R. L., & Nazarullail, F. (2020). Strategi Pembelajaran Outing Class Guna Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 9–22. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8839

Rantina, M., Utami, F., & Andika, W. D. (2022). Prototype Media Interaktif untuk Menanamkan Nilai Pancasila untuk Anak Usia Dini. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 4(2), 156–168.

Sari, D. Y., Ulpah, F., & Ramadhani, U. (2023). Implementasi Peran Guru sebagai Pembimbing dalam Menanamkan Nilai Moral Pancasila pada Anak Usia Dini. Jurnal Smart PAUD, 6(2), 89–100. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jspaud.v6i2.54

Sarwanto, J., Mahfud, H., & Ardiansyah, R. (2021). Implementasi nilai pancasila sila ketuhanan yang maha esa masa pembelajaran daring pada peserta didik sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 22–26. https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/49691

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Indeks.

Sulianti, A., Efendi, Y., & Sadiyah, H. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Lembaga Pendidikan. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 54–65. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n1.2020

Zalukhu, M. N. P., Astawan, I. G., & Wirabrata, D. G. F. (2023). Storytelling Bermuatan Nilai Nilai Pancasila terhadap Kemampuan Berperilaku Sosial Anak Usia Dini Kelompok Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), 165–172. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.63385




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7214

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara