Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Peningkatan Minat Baca Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Marfu’ah Palembang

Carlis Purnia, Izza Fitri, Febriyanti Febriyanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Storytelling Terhadap peningkatan Minat Baca Anak Usia 5-6 Tahun di TK Marfu’ah Palembang. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain One Group Pretest -Posttest. Jumlah sampel adalah 10 orang anak. Teknik pengempulan Data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipoteisi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa ada perbedaan anatara nilai pretest dan postest, diman prestest dengan rata-rata 56,4 sedangkan postest dengan nilai rata-rata 115,2 yang berati nilai setelah diberikan treatment membuahkan hasil. Dengan menggunakan metode storytelling dapat berpengaruh terhadap peningkatan Minat Baca anak usia 5-6 tahun di tk marfu’ah palembang. Yang dapat dilihat kembali pada sig (2-tailed)= 0.000 karena signifikan (probabilitas) lebih kecil dari 0.05. maka Ho di tolak dan Ha di terima.


Kata Kunci


Metode Story Telling; Minat Baca; Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhi Kusumaswati, dkk. 2020. “Metode Penelitian Kuantitatif”. Yogyakarta: Deepublis

Adrew, Fernanda,dkk. 2021. “Metodelogi penelitian Ilmiah”. Kabupaten Deli Serdang: Yayasan Kita Menulis

Anggraini G. 2019. “Pengaruh Metode Storytelling terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Islamiyah Pontianak ”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4, No. 1

Aqila Tsabita Salsabila, dkk. 2019. “pengaruh metode storytelling dalam meningkatkan kemampuan empati anak usia dini”. Jurnal Pendidikan anak, Vol. 10, No 2

Budi Darma. 2021. “Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji reabilitas, Regresif Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2)”. Jakarta: GUEPEDIA

Chan, C. & Sage, M. 2019. “ A narative riview of digital storytelling for social word practice. Jurnal of Social work Practice”. Vol. 35, No. 1, 2019.

Clara Aprilia & Yun Nina Ekawati. 2020. “Pengaruh Metode Storytelling Menggunakan Media Wayang terhadap peningkatan minat bacakan Pada Anak Usia Dini Di TK Aisyah III Kota Jambi”.Jurnal Psikologi Jambi, Vol. 4, No. 2

Fatma Dahlia, dkk. 2021. “Pengaruh Metode Storytelling menggunakan Musik Instrumental Terhadap kemampuan Menyimak Anak Di TK Bina Anaprasa Kabupaten Takalar”, Jurnal pemikiran dan Penelitian Pendidikan PAUD, Vol. 2, No. 1

Humairoh, Shindi. 2021. “ Pemanfaatan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini Di TK Pertiwi Desa Wngandalem Brebes”, Skripsi IAIN Purwokerto Jurusan PAUD

I Made Laut Metha Jaya. 2020. “Metodelogi penelitian Kuantitatif dan Kualitatif”. Yagyakarta: Anak Hebat Indonesia

Ismail Nurdin & Sri Hartati. 2019. “Metodelogi Penelitian Sosial”. Surabaya: media Sahabat Cendikia

Luluk Masluchah. 2022. “Storytelling tentang Prososial Terhadap Perilaku Prososial AUD”. Jurnal, Childhood Education, Vol. 3, No. 1

Malissa Tuanakkotta, dkk. 2019. “Pengaruh Storytelling untuk Meningkatkan Pemahan Respek kepada Lingkungan Pada AUD”. Jurnal Intervensi Pendidikan, Vol. 10, No. 2

Ovan & Andika Saputri. 2020. “Aplikasi Uji Validitas dan Reabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web”. Takalar: yayasan Ahmar Cendikia Indonesia

Prasetiyani, Ikom. 2019. “Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di TK Masyitoh 25 Sukaraja”, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Pujiastuti, Anita. 2019. “Peningkatan Minat Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Cerita Bergambar Pada Kelompok B Di TK DharmaPutera II Genukharjo”, Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, hlm 5

Rektor Sianturi. 2022. “Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis”. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, Vol.8, No. 1

Retno Ika Haryani, dkk. 2022. “Peranan Pengasuhan kakek dan Nenek terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 6, No. 1

Safari. 2020. “Perkembangan Minat Membaca Anak Usia Dini”, Jurnal Pendidkan, Vol. 2, No 1

Salamet Riyanto & Aglis Andhita Hatmawan. 2020. “Metode Riset Penelitian Kuantitatif Di Bidang Manajemen, Teknik , Pendidikan dan Eksperimen”. Yogyakarta: Deepublish Pubblisher

Santi Diana, dkk. 2020. “Pengaruh Project Based Learning Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini”, Jurnal pendidikan, Vol. 5, No. 9

Slamet Riyanto & Aglis Andhita Hatmawan. 2020. “Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen”. Yogyakarta : Deepublish

Sugiono. 2019. “Metode Penelitian Pendidikan (kuantitatif,kualitatif, Kombinasi, R&D dan penelitian Pendidikan)”. Bandung: Alfabeta

Sukarno L. Hasyim. 2019. “ Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Perspektif Islam”. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmual dan Teknologi, Vol. 13, No. 2

Wafa Yolanda & Abdul Muhid. 2022. “Efektivitas Metode Belajar Storytelling Untuk Meningkatkan Sosio-Emosional Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Literature Review”. Jurnal, Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 6, No.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7435

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara

slot gacor slot