Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Peningkatan Minat Baca Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Marfu’ah Palembang

Carlis Purnia, Izza Fitri, Febriyanti Febriyanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode storytelling terhadap peningkatan minat baca anak usia 5-6 tahun di TK Marfu’ah Palembang. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain One Group Pretest-Posttest. Jumlah sampel adalah 10 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa ada perbedaan antara nilai pretest dan posttest, di mana pretest dengan rata-rata 56,4 sedangkan posttest dengan nilai rata-rata 115,2 yang berati nilai setelah diberikan treatment membuahkan hasil. Dengan menggunakan metode storytelling dapat berpengaruh terhadap peningkatan minat baca anak usia 5-6 tahun di TK Marfu’ah Palembang, yang dapat dilihat kembali pada sig (2-tailed)= 0.000 karena signifikan (probabilitas) lebih kecil dari 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.


Kata Kunci


Metode Story Telling; Minat Baca; Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhi Kusumaswati, dkk. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublis.

Adrew, Fernanda, dkk. (2021). Metodelogi Penelitian Ilmiah.Deli Serdang: Yayasan Kita Menulis.

Anggraini, G. (2019). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Islamiyah Pontianak . Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1).

Aqila, T. S., dkk. (2019). Pengaruh Metode Storytelling Dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan anak, 10(2).

Budi, Darma. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresif Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F, R2). Jakarta: Guepedia.

Chan, C. & Sage, M. (2019). A Narative Riview Of Digital Storytelling For Social Word Practice. Jurnal of Social work Practice, 35(1).

Clara, A. & Yun N. E. (2020). Pengaruh Metode Storytelling Menggunakan Media Wayang Terhadap Peningkatan Minat Bacakan Pada Anak Usia Dini Di TK Aisyah III Kota Jambi. Jurnal Psikologi Jambi, 4(2).

Fatma, D., dkk. (2021). Pengaruh Metode Storytelling Menggunakan Musik Instrumental Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Di TK Bina Anaprasa Kabupaten Takalar. Jurnal pemikiran dan Penelitian Pendidikan PAUD, 2(1).

Humairoh, S. (2021). Pemanfaatan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini Di TK Pertiwi Desa Wngandalem Brebes, Skripsi, IAIN Purwokerto Jurusan PAUD.

I Made, L. M. J. (2020). Metodelogi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yagyakarta: Anak Hebat Indonesia

Ismail, N. & Sri H. (2019). Metodelogi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Luluk, M. (2022). Storytelling Tentang Prososial Terhadap Perilaku Prososial AUD. Jurnal Childhood Education, 3(1).

Malissa, T., dkk. (2019). Pengaruh Storytelling Untuk Meningkatkan Pemahan Respek Kepada Lingkungan Pada AUD. Jurnal Intervensi Pendidikan, 10(2).

Ovan & Andika S. (2020). Aplikasi Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Takalar: yayasan Ahmar Cendikia Indonesia.

Prasetiyani, I. (2019). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di TK Masyitoh 25 Sukaraja, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Pujiastuti, A. (2019). Peningkatan Minat Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Cerita Bergambar Pada Kelompok B Di TK Dharma Putera II Genukharjo, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, hlm 5.

Rektor, S. (2022). Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1).

Retno, I. H., dkk. (2022). Peranan Pengasuhan Kakek Dan Nenek Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).

Safari. (2020). Perkembangan Minat Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 2(1).

Salamet, R. & Aglis A. H. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish Pubblisher.

Santi, D., dkk. (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan, 5(9).

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Sukarno, L. H. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Perspektif Islam. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 13(2).

Wafa, Y. & Abdul M. (2022). Efektivitas Metode Belajar Storytelling Untuk Meningkatkan Sosio-Emosional Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Literature Review. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7435

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara