Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di KB Penerus Bangsa Desa Tanjung Kepayang

Herliana Ana, Yecha Febrieanitha Putri, Fahmi Fahmi

Sari


Penelitian ini berjudul Pengaruh Permainan Puzzle terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di KB Penerus Bangsa Desa Tanjung Kepayang. Adapun yang menjadi permasalahan yaitu suatu gambaran bahwa peserta didik pada kemampuan mengenal huruf belum berkembang dengan maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan motorik halus anak di KB Penerus Bangsa Desa Tanjung Kepayang. Jenis penelitian ini adalah Pre-experimental dengan one group pretest-posttest design (satu kelompok subjek). Jumlah sampel berjumlah 13 anak di KB Penerus Bangsa Desa Tanjung Kepayang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi awal sebelum diberi perlakuan dengan media permainan puzzle, observasi digunakan untuk mengumpulkan data pada saat treatment, tes berbentuk skor yang dilakukan untuk mengetahui hasil setelah diberi perlakuan dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil hipotesis nilai signifikansi (2-tailed) = 0.000 < 0.05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir, ini menunjukkan hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak artinya permainan puzzle berpengaruh signifikan terhadap perkembangan motorik halus anak di KB Penerus Bangsa Desa Tanjung Kepayang.

Kata Kunci


Permainan; Puzzle; Perkembangan Motorik Halus

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhi Kusumastuti, dkk. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Cv. Budi Utama.

Ahmad, Pito. 2012. Pengaruh Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran PAI Terhadap Kreatvitas Anak Usia Dini di PAUD INSKUSI AHSANU AMAL. Skripsi Kuantitatif, Yogyakarta.

Alwi, Hasam. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013. Jakarta: Depdiknas.

Dr. Aep Rohendi, M.Pd dan Laurens Seba, M.Pd. 2017. Perkembangan Motorik Bandung: Alfabeta.

Elo Paikoh. 2014. Penerapan Metode Bermain Puzzle dalam Meningkatkan Kognitif Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kasih Ibu Krawangsari Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2013/2014. Lampung: Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Kevin, Andrian. 2019. Permainan yang bisa membangun kemampuan Motorik halus anak. Diakses pada 04/09/2022 pada pukul 08.30.

Mursid. 2018. Belajar dan Pembelajaran Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nursalam. 2020. Penulis Literature Review dan Stistematic Review pada pendidikan Kesehatan (contoh). Tesis. Fakultas Keperawatan Uiniversitas Airlangga.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Slamet Rinto, dkk. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Dibidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Syisva Nurwita. 2014. Pemanfaatan Media Puzzle Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di PAUD Aiza Kabupaten Kepahang. Universitas Dehasen Bengkulu. Vol. 3 No. 4.

Trimantra Hermansyah. 2019. Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Pemainan Edukatif puzzle.( Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Vol.2 No.1. Hal.27-28.

Triyono. 2005. Pintu-Pintu Pendidikan Kontekstual Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Yuli , Astuti. 2016. Cara Mudah Asah Otak Anak (Kebiasaan-Kebiasaan Sepele Sehari Hari Peningkatan Kecerdasaan Otak Kanan-Kiri Anak. Bandung: Flash Books.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7436

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara