Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Melalui Kegiatan Melukis Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini RA Fatimah Palembang

Ummi Umayroh, Elsa Cindrya, Tutut Handayani

Sari


Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Melalui Kegiatan Melukis Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Ra Fatimah Palembang. Adapun permasalahan penelitian ini ialah adakah pengaruh model pembelajaran kontekstual melalui kegiatan melukis terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia dini di RA Fatimah Palembang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan perkembangan motorik halus dengan penerapan model pembelajaran kontekstual melalui kegiatan melukis pada anak usia dini di RA Fatimah Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental design jenis one group pretest and posttest design (satu kelompok subjek). Metode penelitian ini digunakan karena peneliti ingin melihat seberapa besar pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual terhadap motorik halus pada anak usia dini melalui kegiatan melukis. Jumlah sampel yang digunakan terdiri dari 22 orang anak 8 anak perempuan dan 14 orang anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran kontekstual melalui kegiatan melukis terhadap perkembangan motorik halus anak sangat baik karena dengan model pembelajaran kontekstual anak dapat menerima pengetahuan secara nyata dalam mengembangkan motorik halusnya dengan kegiatan melukis dengan cara anak diberikan kesempatan untuk mengekspresikan apa yang anak pikirkan ke dalam sebuah lukisan yang dibuat.


Kata Kunci


Motorik Halus; Melukis; Model Pembelajaran Kontekstual

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, A. (2019). Pendidikan Dan Perkembanagan Motorik, Ponorogo. UAIS Inspirasi Indonesia.

Anggraini, D. (2018). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Finger Painting Pada Anak Kelompok B Di TK Raudatul Aneli Sukabumi Bandar Lampuang.

Anindya, K.S. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP Negeri2 Gatak Suoharjo.

Aryani, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak Theimportance Of Childhood Education For Child Develovmant. Jurnal Dinaika Pendidikan Dasar, 8(1), 50-58.

Dema, Y. & Titis A. (2017). Meningkatkan Kemampusn Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Montase. Jakarta.

Dewi S. (2018). Tes Dan Pengetahuan Pengukuran. Jawa Barat: Upi Sumedang Press

Ellisabeth, B. H. (2000). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Endang, S. H., dkk. (2021). Peningkatan Krativitas Anak Melalui Kegiatan Melukis Memanfaatkan Bahan Bekas. 4(2), 96.

Hadjar, P. & Evan S. (2018). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Janice, J. B. (2008). Observasi Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Kurniawati, S., dkk. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Menggunakan Bubur Kertas Pada Kelompok B Tk Kartika III-4 Demak. Artikel Penelitian, 21

Lislie, A. B. (1979). The Art Teacher’s Resource Book. Virginia: Reston Publishing Company.

Marjono & Suyatno. (2014). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Menggambar Pada Anak Di Kelompok A.

Martono. (2017). Pembelajaran Seni Lukis Anak Untuk Mengembangkan Imajinasi, Ekspresi, Dan Apresiasi.

Mulyasa. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Netty, H., dkk. (2018). Memaksimalkan Peran Pendidik Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Investasi Bangsa. Prosiding Seminar Nasional, Universitas PGRI Rogolawe, 23

Nurlin, N., Yuliani M. S., & Yusuf, H. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Melukis. Jurnal Reset Golden Age PAUD UHO, 1(3), 210.

Sri, H. & Zuhairi, N. H. (2019). Upaya Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Pekon Negeri Ratu 2 Pesisir Barat Melalui Lukisan Teknik Kolase 1. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 56-63.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual Di Kelas. Jakarta: Pustaka Publisher.

Wahyuni, R. & Erdiyanti. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Pinger Painting Menggunakan Tepung Singkong. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 30

Watini, S., dkk. (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Meronce Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok B, E-Jurnal PGPAUD, 4.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7447

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara