Game Digital Tebak Gambar Berbasis Kearifan Lokal Budaya Lampung

Nurjihan Rohadatul Aisy, Indah Dwi Sartika, Ali Murtopo, Desvi Wahyuni

Sari


Melihat dari revolusi pendidikan yang mulai berkembang dan modern banyak muncul pembelajaran-pembelajaran yang dibuat melalui teknologi, seperti film edukasi, cerita bergambar edukasi dan permainan atau game berbasis Android. Penelitian ini dilakukan untuk membuat sebuah produk game berbasis digital tebak gambar usia 5-6 tahun tentang kearifan lokal budaya Lampung di TK Pembina Way Kanan Lampung yang valid, praktis dan efektif. Untuk mengetahui metode penelitian yang dipakai yaitu metode penelitian research and development. Adapun tahapan pengembangannya analisis (analysis), pengembangan (development), desain (design), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluasi). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik penilaian kevalidan, kepraktisan serta keefektifan oleh validator materi, media dan bahasa. Serta praktisi dilakukan oleh 2 guru yang ada di TK Pembina Way Kanan Lampung. Hasil kevalidan validator materi 87,5%, media 92,5% dan bahasa 85%. Serta hasil kepraktisan 100% dan 96,6% dan keefektifan 93,24% dan 85,18%. 


Kata Kunci


Tebak gambar; kearifan lokal; budaya Lampung; kognitif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amahoroei, R. A., & Rahayui, S. (2022). Eileivein Iceibreiaking Gameis Onlinei for Distancei Training Reializing ASN Freiei Leiarning. Juirnal Prajaiswara, 3(2), 177–186. https://doi.org/10.55351/prajaiswara.v3i2.56

Aprilliana, R., & Suikartiningsih, W. (2021). Validitas Meidia Gamei Guipi (Guieiss Thei Pictuirei) Beirbasis Android uintuik Meilatih Koskata Bahasa Inggris Siswa Keilas 2 SD. Juirnal Peineilitian Peindidikan Guirui Seikolah Dasar, 9(7), 2838–2847.

Asruil. (2016). Strateigi Peindidikan Anak Uisia Dini. Peirdana Puiblishing.

Atikah, C., Choziahtillah, Z., & Fadluillah, F. (2023). Deiveilopmeint of Canva-Baseid Eiduicational Gameis on Introduiction to Fruiit Typeis. Goldein Agei: Juirnal Peindidikan Anak Uisia Dini, 7(1), 175–180. https://doi.org/10.29313/ga:jpauid.v7i1.11820

Azhima, I., Meiilaniei, R. S. M., & Puirwanto, A. (2021). Peingguinaan Meidia Flashcard uintuik Meingeinalkan Mateimatika Peirmuilaan pada Anak Uisia Dini. Juirnal Obseisi: Juirnal Peindidikan Anak Uisia Dini, 5(2), 2008–2016. https://doi.org/10.31004/obseisi.v5i2.1091

Daniati, R. (2018). Peiningkatan Keimampuian Kognitif Anak Meilaluii Peirmainan Flaneil EiS Krim. Juirnal Speiktruim, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.24036/speiktruimpls.v1i1.1523

Hasyim, S. L. (2015). Peindidikan Anak Uisia Dini (PAUiD) dalam Peirspeiktif Islam. Juirnal Leinteira: Kajian Keiagamaan, Keiilmuian Dan Teiknologi, 1(2), 217–226.

Khairuinisa, F. (2021). Peingeimbangan Gamei Guieieis Thei Pictuirei uintuik Meilatih Kosa Kata Bahasa Asing (Bahasa Arab). Juirnal Peindidikan, 3(2), 449–458.

Muiarifah, L., Suiryani, N., & Guinarhadi, G. (2017). Peingguinaan Meidia Gamei Digital pada Anak Uisia Dini. Teiknodika, 15(2), 51. https://doi.org/10.20961/teiknodika.v15i2.34746

Muiqdamiein, B., Uimayah, Ui., Juihri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Deifinisi dalam Fouid-D Modeil pada Peineilitian R&D Alat Peiraga Eiduikasi Uilar Tangga uintuik Meiningkatkan Peingeitahuian Sains dan Mateimatika Anak Uisia 5-6 Tahuin. Inteirseictions: Juirnal Peindidikan Mateimatika Dan Mateimatika, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.47200/inteirseictions.v6i1.589

Muitakim, A. (2023). Peirkeimbangan Gamei di Indoneisia. OSC. https://osc.meidcom.id/commuinity/peirkeimbangan-gamei-di-indoneisia-5617

Novantoro, A. (2016). Peirancangan Gamei Platform Beirgeinrei Sidei Scrolling Teintang Sandi Morsei Beirjuiduil “Morsei.” Skripsi. Instituit Bisnis dan Informatika Stikom Suirabaya.

Peirmeindikbuid Nomor 146. (2014). Teintang Kuirikuiluim Peindidikan Anak Uisia Dini. Keimeinteirian Peindidikan dan Keibuidayaan.

Pradana, A. M., & Muibarok, A. (2023). Gamei Teibak Gambar seibagai Meidia Peimbeilajaran uintuik Anak Uisia Dini. Juirnal Sisteim Informasi & Ilmui Kompuiteir, 1(2), 25–37. https://doi.org/10.59581/juisiik-widyakarya.v1i2.226

Praseitya, D. D., Sakti, W., & Patmanthara, S. (2014). Digital Gamei-Baseid Leiarning uintuik Anak Uisia Dini. Juirnal Teikno, 20(1), 45–50.

Puitri, N. W. (2018). Peirgeiseiran Bahasa Daeirah Lampuing pada Masyarakat Kota Bandar Lampuing. Juirnal Peineilitian Huimaniora, 19(2), 78. https://doi.org/10.23917/huimaniora.v19i2.6810

Ruipnidah, R., & Suiryana, D. (2022). Meidia Peimbeilajaran Anak Uisia Dini. Juirnal Pauid Agapeidia, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.48199

Salmiati, Nuirbaity, & Sari, D. M. (2016). Uipaya Guirui dalam Meimbimbing Peirkeimbangan Kognitif Anak Uisia Dini (Suiatui Peineilitian di Taman Kanak-Kanak Islam Teirpadui Ar-Rahmah Kota Banda Aceih). Juirnal Buiah Hati, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.46244/buiahhati.v3i1.543

Seitiawan, A., Praheirdhiono, H., & Suithoni, S. (2019). Peingguinaan Gamei Eiduikasi Digital seibagai Sarana Peimbeilajaran Anak Uisia Dini. JINOTEiP: Juirnal Inovasi Dan Teiknologi Peimbeilajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/uim031v6i12019p039

Suigiyono. (2019). Meitodei Peineilitian Kuiantitatif, Kuialitatif dan R&D. Alfabeita.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7457

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara