Game Digital Tebak Gambar Berbasis Kearifan Lokal Budaya Lampung
Sari
Melihat dari revolusi pendidikan yang mulai berkembang dan modern banyak muncul pembelajaran-pembelajaran yang dibuat melalu teknologi, seperti film edukasi, cerita bergambar edukasi dan permainan atau game berbasis Android. Penelitian ini dilakukan untuk membuat sebuah produk game berbasis digital tebak gambar usia 5-6 tahun tentang kearifan lokal budaya Lampung di TK Pembina Way Kanan Lampung yang valid, praktis dan efektif. Untuk mengetahui metode penelitian yang dipakai yaitu metode penelitian research and devloment. Adapun tahapan pengembangannya analisis (analysis), pengembangan (development), desain (design), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluasi). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik penilaian kevalidan, kepraktisan serta keefektifan oleh validator materi, media dan bahasa. Serta praktisi dilakukan oleh 2 guru yang ada di TK Pembina Way Kanan Lampung. Hasil kevalidan validator materi 87,5%, media 92,5% dan bahasa 85%. Serta hasil kepraktisan 100% dan 96,6% dan keefektifan 93,24% dan 85,18%.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amahoroe, R. A., & Rahayu, S. (2022). Eleven Icebreaking Games Online For Distance Training Realizing ASN Free Learning. Jurnal Prajaiswara, 3(2), 177–186. https://doi.org/10.55351/prajaiswara.v3i2.56
Aprilliana, R., & Sukartiningsih, W. (2021). Validitas Media Game Gupi (Guess The Picture) Berbasis Android Untuk Melatih Koskata Bahasa Inggris Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(7), 2838–2847.
Asrul. (2016). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. Perdana Publishing.
Atikah, C., Choziahtillah, Z., & Fadlullah, F. (2023). Development Of Canva-Based Educational Games On Introduction To Frut Types. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 175–180. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v7i1.11820
Azhima, I., Melanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard Untuk Mengenalkan Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008–2016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1091
Daniati, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalu Permainan Flanel ES Krim. Jurnal Spektrum, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1523
Hasyim, S. L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Perspektif Islam. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Kelmuan Dan Teknologi, 1(2), 217–226.
Khairunisa, F. (2021). Pengembangan Game Guees The Picture Untuk Melatih Kosa Kata Bahasa Asing (Bahasa Arab). Jurnal Pendidikan, 3(2), 449–458.
Muarifah, L., Suryani, N., & Gunarhadi, G. (2017). Penggunaan Media Game Digital Pada Anak Usia Dini. Teknodika, 15(2), 51. https://doi.org/10.20961/teknodika.v15i2.34746
Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Foud-D Model Pada Penelitian R&D Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589
Mutakim, A. (2023). Perkembangan Game Di Indonesia. OSC.
Novantoro, A. (2016). Perancangan Game Platform Bergenre Side Scrolling Tentang Sandi Morse Berjudul “Morse.” Skripsi. Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.
Permendikbud Nomor 146. (2014). Tentang Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pradana, A. M., & Mubarok, A. (2023). Game Tebak Gambar Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Sistem Informasi & Ilmu Komputer, 1(2), 25–37. https://doi.org/10.59581/jusiik-widyakarya.v1i2.226
Prasetya, D. D., Sakti, W., & Patmanthara, S. (2013). Digital Game-Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Tekno, 20(1), 45–50.
Putri, N. W. (2018). Pergeseran Bahasa Daerah Lampung Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung. Jurnal Penelitian Humaniora, 19(2), 78. https://doi.org/10.23917/humaniora.v19i2.6810
Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.48199
Salmiati, Nurbaity, & Sari, D. M. (2016). Upaya Guru Dalam Membimbing Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Suatu Penelitian di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Ar-Rahmah Kota Banda Aceh). Jurnal Buah Hati, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.46244/buahhati.v3i1.543
Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP: Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Issue July). ALFABETA.
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7457
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara