Game Digital Tebak Gambar Berbasis Kearifan Lokal Budaya Lampung

Nurjihan Rohadatul Aisy, Indah Dwi Sartika, Ali Murtopo, Desvi Wahyuni

Sari


Melihat dari revolusi pendidikan yang mulai berkembang dan modern banyak muncul pembelajaran-pembelajaran yang dibuat melalu teknologi, seperti film edukasi, cerita bergambar edukasi dan permainan atau game berbasis Android. Penelitian ini dilakukan untuk membuat sebuah produk game berbasis digital tebak gambar usia 5-6 tahun tentang kearifan lokal budaya Lampung di TK Pembina Way Kanan Lampung yang valid, praktis dan efektif. Untuk mengetahui metode penelitian yang dipakai yaitu metode penelitian research and devloment. Adapun tahapan pengembangannya analisis (analysis), pengembangan (development), desain (design), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluasi). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik penilaian kevalidan, kepraktisan serta keefektifan oleh validator materi, media dan bahasa. Serta praktisi dilakukan oleh 2 guru yang ada di TK Pembina Way Kanan Lampung. Hasil kevalidan validator materi 87,5%, media 92,5% dan bahasa 85%. Serta hasil kepraktisan 100% dan 96,6% dan keefektifan 93,24% dan 85,18%.


Kata Kunci


Tebak gambar; kearifan lokal; budaya Lampung; kognitif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amahoroe, R. A., & Rahayu, S. (2022). Eleven Icebreaking Games Online For Distance Training Realizing ASN Free Learning. Jurnal Prajaiswara, 3(2), 177–186. https://doi.org/10.55351/prajaiswara.v3i2.56

Aprilliana, R., & Sukartiningsih, W. (2021). Validitas Media Game Gupi (Guess The Picture) Berbasis Android Untuk Melatih Koskata Bahasa Inggris Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(7), 2838–2847.

Asrul. (2016). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Atikah, C., Choziahtillah, Z., & Fadlullah, F. (2023). Development Of Canva-Based Educational Games On Introduction To Frut Types. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 175–180. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v7i1.11820

Azhima, I., Melanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard Untuk Mengenalkan Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008–2016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1091

Daniati, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalu Permainan Flanel ES Krim. Jurnal Spektrum, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1523

Hasyim, S. L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Perspektif Islam. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Kelmuan Dan Teknologi, 1(2), 217–226.

Khairunisa, F. (2021). Pengembangan Game Guees The Picture Untuk Melatih Kosa Kata Bahasa Asing (Bahasa Arab). Jurnal Pendidikan, 3(2), 449–458.

Muarifah, L., Suryani, N., & Gunarhadi, G. (2017). Penggunaan Media Game Digital Pada Anak Usia Dini. Teknodika, 15(2), 51. https://doi.org/10.20961/teknodika.v15i2.34746

Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Foud-D Model Pada Penelitian R&D Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589

Mutakim, A. (2023). Perkembangan Game Di Indonesia. OSC.

Novantoro, A. (2016). Perancangan Game Platform Bergenre Side Scrolling Tentang Sandi Morse Berjudul “Morse.” Skripsi. Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

Permendikbud Nomor 146. (2014). Tentang Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pradana, A. M., & Mubarok, A. (2023). Game Tebak Gambar Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Sistem Informasi & Ilmu Komputer, 1(2), 25–37. https://doi.org/10.59581/jusiik-widyakarya.v1i2.226

Prasetya, D. D., Sakti, W., & Patmanthara, S. (2013). Digital Game-Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Tekno, 20(1), 45–50.

Putri, N. W. (2018). Pergeseran Bahasa Daerah Lampung Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung. Jurnal Penelitian Humaniora, 19(2), 78. https://doi.org/10.23917/humaniora.v19i2.6810

Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.48199

Salmiati, Nurbaity, & Sari, D. M. (2016). Upaya Guru Dalam Membimbing Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Suatu Penelitian di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Ar-Rahmah Kota Banda Aceh). Jurnal Buah Hati, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.46244/buahhati.v3i1.543

Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP: Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Issue July). ALFABETA.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7457

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara