Game Digital Tebak Gambar Berbasis Kearifan Lokal Budaya Lampung
Sari
Melihat dari revolusi pendidikan yang mulai berkembang dan modern banyak muncul pembelajaran-pembelajaran yang dibuat melalui teknologi, seperti film edukasi, cerita bergambar edukasi dan permainan atau game berbasis Android. Penelitian ini dilakukan untuk membuat sebuah produk game berbasis digital tebak gambar usia 5-6 tahun tentang kearifan lokal budaya Lampung di TK Pembina Way Kanan Lampung yang valid, praktis dan efektif. Untuk mengetahui metode penelitian yang dipakai yaitu metode penelitian research and development. Adapun tahapan pengembangannya analisis (analysis), pengembangan (development), desain (design), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluasi). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik penilaian kevalidan, kepraktisan serta keefektifan oleh validator materi, media dan bahasa. Serta praktisi dilakukan oleh 2 guru yang ada di TK Pembina Way Kanan Lampung. Hasil kevalidan validator materi 87,5%, media 92,5% dan bahasa 85%. Serta hasil kepraktisan 100% dan 96,6% dan keefektifan 93,24% dan 85,18%.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amahoroei, R. A., & Rahayui, S. (2022). Eileivein Iceibreiaking Gameis Onlinei for Distancei Training Reializing ASN Freiei Leiarning. Juirnal Prajaiswara, 3(2), 177–186. https://doi.org/10.55351/prajaiswara.v3i2.56
Aprilliana, R., & Suikartiningsih, W. (2021). Validitas Meidia Gamei Guipi (Guieiss Thei Pictuirei) Beirbasis Android uintuik Meilatih Koskata Bahasa Inggris Siswa Keilas 2 SD. Juirnal Peineilitian Peindidikan Guirui Seikolah Dasar, 9(7), 2838–2847.
Asruil. (2016). Strateigi Peindidikan Anak Uisia Dini. Peirdana Puiblishing.
Atikah, C., Choziahtillah, Z., & Fadluillah, F. (2023). Deiveilopmeint of Canva-Baseid Eiduicational Gameis on Introduiction to Fruiit Typeis. Goldein Agei: Juirnal Peindidikan Anak Uisia Dini, 7(1), 175–180. https://doi.org/10.29313/ga:jpauid.v7i1.11820
Azhima, I., Meiilaniei, R. S. M., & Puirwanto, A. (2021). Peingguinaan Meidia Flashcard uintuik Meingeinalkan Mateimatika Peirmuilaan pada Anak Uisia Dini. Juirnal Obseisi: Juirnal Peindidikan Anak Uisia Dini, 5(2), 2008–2016. https://doi.org/10.31004/obseisi.v5i2.1091
Daniati, R. (2018). Peiningkatan Keimampuian Kognitif Anak Meilaluii Peirmainan Flaneil EiS Krim. Juirnal Speiktruim, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.24036/speiktruimpls.v1i1.1523
Hasyim, S. L. (2015). Peindidikan Anak Uisia Dini (PAUiD) dalam Peirspeiktif Islam. Juirnal Leinteira: Kajian Keiagamaan, Keiilmuian Dan Teiknologi, 1(2), 217–226.
Khairuinisa, F. (2021). Peingeimbangan Gamei Guieieis Thei Pictuirei uintuik Meilatih Kosa Kata Bahasa Asing (Bahasa Arab). Juirnal Peindidikan, 3(2), 449–458.
Muiarifah, L., Suiryani, N., & Guinarhadi, G. (2017). Peingguinaan Meidia Gamei Digital pada Anak Uisia Dini. Teiknodika, 15(2), 51. https://doi.org/10.20961/teiknodika.v15i2.34746
Muiqdamiein, B., Uimayah, Ui., Juihri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Deifinisi dalam Fouid-D Modeil pada Peineilitian R&D Alat Peiraga Eiduikasi Uilar Tangga uintuik Meiningkatkan Peingeitahuian Sains dan Mateimatika Anak Uisia 5-6 Tahuin. Inteirseictions: Juirnal Peindidikan Mateimatika Dan Mateimatika, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.47200/inteirseictions.v6i1.589
Muitakim, A. (2023). Peirkeimbangan Gamei di Indoneisia. OSC. https://osc.meidcom.id/commuinity/peirkeimbangan-gamei-di-indoneisia-5617
Novantoro, A. (2016). Peirancangan Gamei Platform Beirgeinrei Sidei Scrolling Teintang Sandi Morsei Beirjuiduil “Morsei.” Skripsi. Instituit Bisnis dan Informatika Stikom Suirabaya.
Peirmeindikbuid Nomor 146. (2014). Teintang Kuirikuiluim Peindidikan Anak Uisia Dini. Keimeinteirian Peindidikan dan Keibuidayaan.
Pradana, A. M., & Muibarok, A. (2023). Gamei Teibak Gambar seibagai Meidia Peimbeilajaran uintuik Anak Uisia Dini. Juirnal Sisteim Informasi & Ilmui Kompuiteir, 1(2), 25–37. https://doi.org/10.59581/juisiik-widyakarya.v1i2.226
Praseitya, D. D., Sakti, W., & Patmanthara, S. (2014). Digital Gamei-Baseid Leiarning uintuik Anak Uisia Dini. Juirnal Teikno, 20(1), 45–50.
Puitri, N. W. (2018). Peirgeiseiran Bahasa Daeirah Lampuing pada Masyarakat Kota Bandar Lampuing. Juirnal Peineilitian Huimaniora, 19(2), 78. https://doi.org/10.23917/huimaniora.v19i2.6810
Ruipnidah, R., & Suiryana, D. (2022). Meidia Peimbeilajaran Anak Uisia Dini. Juirnal Pauid Agapeidia, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.48199
Salmiati, Nuirbaity, & Sari, D. M. (2016). Uipaya Guirui dalam Meimbimbing Peirkeimbangan Kognitif Anak Uisia Dini (Suiatui Peineilitian di Taman Kanak-Kanak Islam Teirpadui Ar-Rahmah Kota Banda Aceih). Juirnal Buiah Hati, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.46244/buiahhati.v3i1.543
Seitiawan, A., Praheirdhiono, H., & Suithoni, S. (2019). Peingguinaan Gamei Eiduikasi Digital seibagai Sarana Peimbeilajaran Anak Uisia Dini. JINOTEiP: Juirnal Inovasi Dan Teiknologi Peimbeilajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/uim031v6i12019p039
Suigiyono. (2019). Meitodei Peineilitian Kuiantitatif, Kuialitatif dan R&D. Alfabeita.
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7457
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara