Implementasi Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di PAUD SPS Bougenvil Desa Mekarsari Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi

Nurajijah Nurajijah, Asep Munajat, Ibnu Hurri

Sari


Kemampuan membaca permulaan merupakan bagian penting dari perkembangan anak usia dini. Di jenjang pendidikan usia dini, guru mengajarkan kemampuan membaca permulaan. Dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini banyak media yang dapat digunakan salah satunya media kartu bergambar. Berdasarkan hal tersebut maka pada penelitian ini akan diteliti mengenai penerapan media kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan partisipan. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil dari penggunaan media kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membaca permulaan menunjukkan hasil yang baik. Di mana berdasarkan hasil observasi maupun  wawancara menunjukkan dari 22 orang anak di PAUD SPS Bougenvil sebagian besar anak sudah dapat membaca permulaan. 17 anak setara dengan 77,27% sudah mahir membaca dan sisanya sebanyak 5 anak setara dengan 22,73% belum mahir membaca permulaan.

Kata Kunci


Media Kartu Bergambar; Membaca Permulaan; PAUD

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, N., Amrah, & Pada, A. (2023). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. PINISI Journal of Education, 3(5), 74–92.

Apriyani, N. (2021). Metode Bermain Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 101–111. https://doi.org/10.19109/ra.v5i2.8933

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak, The Importance of Childhood Education for Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682

Faujiah, S., Mayasari, L. I., & Ulfa, M. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 165–169).

Ganarsih, A. A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2022). Profil Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia: Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 10(3), 186–195.

Hadiana, L., Hadad, S. M., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, VI(2), 212–242.

Haryono, A. D. (2015). Metode Praktis Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran. Malang: Genius Media.

Husni, & Taslim. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar. Journal of PEA: Jurnal Pendidikan Edukasi Anak, 1(1), 14–23.

Kamtini, S. R. (2015). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Gerak Dan Lagu. Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 58–70.

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28.

Mariani, D., & Rizawati. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Pada AUD melalui Media Kartu Bergambar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6112–6119.

Maulana, A., Yunitasari, N., Hikmah, R. N., Rusmana, R., & Khomaeny, E. F. F. (2018). Bermain Ludo Untuk Meningkatkan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2a), 1–10. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2a.285

Meha, N., & Hengelina. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Bimba AIUEO Unit Alinda Bekasi Utara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 21–25.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis. California: SAGE Publications, Inc.

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. INERSIA: lnformasi dan Ekspose hasil Riset teknik SIpil dan Arsitektur, 16(1), 92–104. https://doi.org/10.21831/inersia.v16i1.31319

Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran. Inovatif, 7(1), 206–231.

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41.

Sutrisno, A. (2021). Pentingnya Pendidikan Anak Di Usia Dini. Jurnal UMJ, 1–4.

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. Banda Aceh: FTK Ar-Raniry Press.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i2.7611

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor