Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Penerapan Metode Bermain Plastisin Pada Anak Usia Dini Di PAUD SPS Al-Hidayah Desa Pasir Panjang Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adinda, S. N., Hoernasih, N., & Muis, A. (2023). Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Belajar Kelompok Dalam Meningkatkan Keaktifan Komunikasi Anak Usia Dini. Jendela PLS, 8(2), 124–134.
Afriyani, Y., & Muhajirin. (2021). Pengaruh Inovasi dan Kreativitas Terhadap Kepuasan Konsumen pada UKM Dina Kelurahan Ntobo. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 79–90. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/target.v3i1.1175
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58.
Bengkel, & Pakpahan, G. (2022). Pembentukan Pribadi Kreatif Dan Semangat Belajar Anak Di Panti Asuhan Rapha-El. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 1(1), 43–48. https://doi.org/https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i1.490
Fakhriyani, D. V. (2016a). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200
Fakhriyani, D. V. (2016b). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200
Farikhah, A., Mar’atin, A., Afifah, L. N., & Safitri, R. A. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Loose Part. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 61–73. https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i1.3493
Hidayati, S., Fahruddin, & Astawa, I. M. S. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Eksplorasi Menggunakan Koran Bekas Di TK Mutiara Hati Mataram Nusa Tenggara Barat. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 65–75.
Juniarti, Y. (2018). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Media Celemek Pintar. JURNAL AUDI, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.33061/ad.v3i1.2071
Kartini, K., & Sujarwo, S. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 199–208. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2689
Maisarah, A., Mahmud, M. E., & Saugi, W. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Tanah Liat. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 1–8. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.7
Manalu, D. M., & Friska, N. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Pembelajaran Berbasis Loose Parts Di TK Cahaya Kasih Stabat T.A. 2021-2022. ALACRITY : Journal of Education, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.52121/alacrity.v3i1.123
Marasabessy, Z. A. (2019). Membentuk Kreativitas dalam Dunia Kerja. SUHUF, 31(1), 58–71.
Marulloh. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Melalui Supervisi Klinis Di SMAN 10 Bengkulu. Manajer Pendidikan, 10(2), 212–222.
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Nurulanningsih, M. P. (2023). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Sebagai Pengembangan Profesi Guru Bahasa Indonesia. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 4(1), 50–61.
Oktaviani, S., Priyantoro, D. E., & Hasanah, U. (2021). Penggunaan Media Plastisin dalam Mengembangkan Motorik Halus Di KB Nurul Arif. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 2(1), 31–53. https://doi.org/10.32332/ijigaed.v2i1.3781
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Rahmatunnisa, S., & Halimah, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Bermain Pasir. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 67–82.
Ramayanti, N. N. S., Wahyuni, I. G. A. D., & Dewi, N. W. R. (2021). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin pada PAUD KB Rare Diatmika Desa Belatungan Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Nawa Sena: Jurnal PGPAUD, 1(1), 51–60.
Rohmah, S. K., & Gading, I. K. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Bermain Plastisin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 144–149. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.15740
Sari, K. P., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Konsep Diri Anak SD . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 44–50. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.44-50
Sari, M., Aziz, Y., & Yuhasriati, Y. (2016). Peningkatan Kreativitas Anak melalui Bermain Plastisin di Tk Satu Atap Sdn Lamlheu Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Unsyiah, 1(1).
Sudarti, D. O. (2020). Mengembangkan Kreativitas Aptitude Anak dengan Strategi Habituasi dalam Keluarga. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 5(3), 117–127. https://doi.org/10.36722/sh.v5i3.385
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks.
Sunarto, S. (2018). Pengembangan Kreativitas-Inovatif Dalam Pendidikan Seni Melalui Pembelajaran Mukidi . Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 107–113. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2348
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Bumi Aksara.
Wati, T. P., & Maemunah, M. (2021). Kreativitas Anak Usia Dini Berdasarkan Aliran Progresivisme. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 205–212. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i2.1303
Yaswinda, & Gusmarni. (2022). Analisis Permendikbud Nomor 137 dan 146 dalam Pembelajaran PAUD. VISI : Jurnal Ilmiah PTK PNF, 17(2), 70–76.
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i2.7612
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara