Penanaman Budaya Mappatabe Terhadap Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun TK Runiah School

Megawati Megawati, Sitti Khadijah, Melianti Melianti, Usman Bafadal, Sitti Nurhidayah Ilyas, Azizah Amal

Sari


Indonesia terkenal akan budayanya yang beragam, salah satunya yaitu sikap sopan dan santun yang masih terus dijunjung sampai saat ini. Namun, semakin canggihnya teknologi yang terjadi harus beriringan dengan penanaman atau implementasi budaya terhadap anak. Salah satu budaya yang terkenal di Sulawesi khususnya pada masyarakat Sulawesi Selatan yakni budaya mappatabe atau sikap saling menghormati satu sama lain, kata tabe yang diucapkan beriringan dengan gestur tubuh yang menunjukkan rasa hormat dan menghormati satu sama lain. Pembiasaan yang dilakukan kepada anak diharapkan agar anak tidak melupakan nilai-nilai agama dan budayanya. Ketegasan dan kedisiplinan dalam proses belajar juga penting pada penelitian yang dilakukan yaitu mencari implementasi budaya mappatabe dalam penanaman nilai-nilai agama dan moral pada anak usia 5 sampai 6 tahun di TK Runiah School. Metodologi penelitian yang dipilih adalah deskriptif kualitatif, di mana sumber data terutama dikumpulkan melalui observasi sistematis terhadap anak-anak dan wawancara dengan guru kelas, data yang didapatkan lalu diolah dan disajikan dalam bentuk paragraf.

Kata Kunci


Budaya; Nilai Agama; Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah Nashih Ulwan. (2002). Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.

Akbar, S. (2019). Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Bagi Anak Usia Dini. Bandung: PT. Refika Aditama.

Arikunto, Suharsini. (2007). Penelinitan Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Auliya F., Pranoto Sugiyo Kurniawati Y., Unarsoali S. (2020). Kecerdaasan Moral Anak Usia Dini. Pekalongan: Penerbit Nem

Azwar, S. (2005). Sikap Manusia: Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Amzah.

Damayanti, E. (2020). Konsep Islam Dalam Tradisi Mappatabe Pada Masyarakat Bugis Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Doctoral Dissertation, Iain Parepare.

Darnah, D. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Budaya Mappatabe Peserta Didik Si SDN 6 Paruntu. Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai.

Didik, Supriyanto. (2015). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Dan Pendidikan Keagamaan Orangtua. 03(1). https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/

Erna, Purba. (2013). Peningkatan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 4-6 Tahun. PG-PAUD Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak.

H.A.R. Tilaar. (2002). Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hakim, Lukman. (2012). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Sikap Dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 10(1).

Herlina, Indrati yuke. (2010). Sejarah Perkembangan Kurikulum Taman Kanak-Kanak Di Indonesia Dari Masa Ke Masa, Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementrian Nasional

Hesti, Dyah. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kota Magelang

Hidayat, Otib Satibi. Modul 1, Perkembangan Moralitas Anak Usia Dini PAUD 4102. https://pustaka.ut.ac.id/lib/paud4102-metode-pengembangan-moral-dan-nilai-nilai- agama/

Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 105- 110.

Inawati Asti. (2017). Strategi Pengembangan Moral Dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Athfal: Jurnal Pendidikan Anak. Http://Ejournal.Uinsuka.Ac.Id/Tarbiyah/Alathfal

Jahja, yudrik. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana

Jamaluddin, M. A. (2016). Tradisi Mappatabe Dalam Masyarakat Bugis Di Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai, Doctoral Dissertation, Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar.

John W. Santrock (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi Kesebelas. Jakarta: PT. Erlangga Kayuntami

Koentjaraningrat. (2000). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta

Kubra, Masna. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Bercerita Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Moral Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pertiwi Letta Kabupaten Bantaeng

Lawrence, Kohlberg, Richard H., Hersh. (2010). Moral Development: A Review Of The Theory, Theory into Practice, 16(2).

Molchanov, O.A., & Hayakawa, M., (1998). On The Generation Mechanism Of ULF Seismogenic Emissions. Physics Earth Planet International, 105, 210-210.

Mulyadi, Mohammad. (2011). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 15(1).

Musi, M. A., & Syamsuardi, S. (2017). Socio-Cultural Values of Early Childhood Parenting (Ethnographic Research On Bugis Makassar South Sulawesi). Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 6(1), 25-32

Musi, M. A., Amal, A., & Hajerah, H. Pengasuhan Anak Usia Dini Perspektif Nilai Budaya Pada Keluarga Bajo Di Kabupaten Bone. Indonesian Journal Of Educational Studies, 18(1).

Mutmainnah. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Dalam Kegiatan Bercerita Pada Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa

Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Novia, Safitri. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini Di TK Goemerlang Bandar Lampung. Lampung

Nudin, Burhan. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Metode Montessori Di Safa Islamic Preschool

Nurhaedah, N., & Amal, A. (2017). Model Pembelajaran High/Scope Dalam Menumbuh Kembangkan Kemampuan Anak Usia Dini. In Seminar Nasional LP2M UNM, 2(1).

Puadi, Nurul, Umar, & Judrah, Muh. (2021). Bagaimana Menginternalisasi Karakter Mappatabe Pada Anak Usia Sekolah Dasar, Studi Fenomenologi Peran Orang Tua. Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 13(1).

Purnama, F., Herman, H., & Syamsuardi, S. (2018). Perilaku Bullying Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal I Cabang Bara-Baraya Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(1), 41-45.

Raharjo Budi Sabar. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3)

Rahim, A. (2019). Internalisasi Nilai Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge Dalam Upaya Pencegahan Tindak Pidana Korupsi. Jurnal Al-Himayah, 3(1), 29-52

Rohani, Siti. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di TK Diponegoro 138 Jipang Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017. Purwokerto

Rusmayadi, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Keterampilan Sosial Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal Of Indonesia, 2(1), 23-30.

Rusmayadi, R. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Keluarga. In Prosiding Seminar Nasional & Temu Kolegial Jurusan Pls Se-Indonesia, 52-54.

Rusmayadi, R., & Herman, H. (2019). The Effect Of Social Skill On Children’s Independence. Journal Of Educational Science And Technology (Est), 5(2), 159-165.

Safitri, Auliah Suharno. (2020). Budaya Siri Na Pacce Dan Sipakatau Dalam Interaksi Sosial Masyarakat Sulawesi Selatan. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya 22(01). Http://Jurnalantropologi.Fisip.Unand.Ac.Id

Setiaji, Raharjo. (2012). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Aisyiyah Al Husna II Pengasih, Kec. Pengasih, Kab. Kulon Progo. Yogyakarta

Setiawati, Agus, Farida. (2006). Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas. Jurusan Psikoogi Pendidikan Dan Bimbingan. 2(1).

Soetjiningsih, C.H. (2018). Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak- Kanak Akhir. Depok: Prenadamedia Group.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Suhada, Nur Kisti, Ekawardhani, W., & Nurulita, A. (2021). Menemukan Budaya Tabe’ Bugis-Makassar Pada Korean Wave. Journal Of Educational Technology, Curriculum, Learning, And Communication, 1(1), (08-12).

Sujiono, Y. N., Zainal, O. R., Rosmala, R., & Tampiomas, E. L. (2013). Hakikat Pengembangan Kognitif, 1-35.

Syamsuardi, S., & Hajerah, H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Pada Taman Kanak-Kanak Kota Makassar. Jurnal Care (Children Advisory Research And Education), 5(2), 1-7

Syarbini, Amirullah. (2012). Buku Pintar Pendidikan Karakter. Jakarta: Asa-Prima

Umar, U., Puadi, N., & Judrah, M. (2021). Bagaimana Menginternalisasi Karakter Mappatabe Pada Anak Usia Sekolah Dasar?, Studi Fenomenologi Peran Orang Tua. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 13(1), 49-60.

Widyanti, Dwi M. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Di Raudhatul Athfal Darussalam Banjar Negeri Kecamatan Natar Lampung Selatan

Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar & Implementasi. Prenada Media.

Yusuf, A.M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Zelvi, Ariffiana. (2017). Proses Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Di Kampung Gambiran Pandeyan Umbulharjo. Yogyakarta

Zuriah, N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Polysynchronous Di Era New Normal. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(1), 12-25.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i2.7661

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor