Analisis Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini Di PAUD Telaga Woyo Desa Woyo Kecamatan Taliabu Barat

Winda Oktaviani, Rita Samad, Uswatul Hakim, Agus Sultoni, Kurniafita Umaternate

Sari


Setelah mengkaji data hasil observasi dan wawancara, temuan penelitian di PAUD Telaga Woyo Desa Woyo Kecamatan Taliabu Barat menunjukkan bahwa peran guru dalam membina kreativitas pada anak usia dini belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman guru dan kepala sekolah terkait dengan pengembangan kreativitas seni. Guru telah mengajarkan kreativitas seni, namun belum sesuai dengan enam aspek perkembangan. Pengajaran lebih terfokus pada kegiatan di dalam kelas saja. Guru sebagai motivator dan mediator dalam mengembangkan kreativitas seni anak di PAUD Telaga Woyo sudah memberikan motivasi, namun pengembangan kreativitas tersebut belum dilakukan secara maksimal.

Kata Kunci


Peran Guru; Kreativitas; Seni; Anak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arfandi, & Samsudin, M. A. (2021). Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator dan

Desi Kusumawati 2016. Supervisi akademik kepala sekolah terhadap manejemen pembelajaran PAUD. Hal:41.FKIP-Universitas Kristen Setya Wacana Salatiga.

Diana Vidya Fakhriyani 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Hal:193 jurnal Agama Islam Negri Ternate.:179-180.

Febrianta, Y. (2017). Penerapan Teori-Teori Pendidikan Untuk Anak Usia Dini Terkait Dalam Pengembangkan Keterampilan Motorik Anak. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 39–51. https://doi.org/10.30738/sosio.v2i1.489.

Komunikator Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Profesional Teacher, 5, (Hal-13-18).

Maria Evivani & Renti Oktaria, 2020 Permainan pinger painting untuk pengembangan kemampuan motorik halus anak usia dini :25. jurnal pendidikan dan pembelajaran.

Muh.Zein 2016.Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran. Dosen Institut

Munandar 2009. Kreativitas Guru. (Hal-22).jurnal pendiidkan anak usia dini.

Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains

Rondhi, M. (2017). Apresiasi Sen dalam Konteks Pendidikan Seni. Jurnal Imajinasi, XI, 1-10 ( Hal 9-14).

Sasi, D. N., & Syarifudin, U. (2019). Meningkatkan Pemahaman Orangtua dan Guru Tentang Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Seminar Pendidikan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1-6.

Setiawan, M. Y. (2016). Melatih Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Pendidikan Dan Pembelajaran, 5, 1-8.

Suhaya. (2016). Pendidikan Seni Sebagai Penunjang Kreatifitas. FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 1(1), (Hal-7).

Sumanto, S. (2018). Seni Keterampilan Anak untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran bagi Guru. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian

Suyadi, Maulidya Ulfah. 2013. konsep dasar PAUD Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

T. Narawati, 2013 Pengkajian tari etnis dan kegunaannya dalam pendidikan seni :25 FBS Universitas Negeri Padang

Triyanto, 2016 Paragigma humanistik dalam pendidikan seni :5 jurnal imajinasi.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7714

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara