Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Kecerdasan Linguistik Pada Kelompok B (1) Di TK Nurul Hidayatullah Mariana Banyuasin 1

Ismi Haromiah, Febriyanti Febriyanti, Kurnia Dewi, Ali Murtopo

Sari


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan linguistik anak, khususnya dalam keterampilan berbicara di depan umum. Hal ini ditandai dengan masih adanya anak yang mengalami kesulitan dalam menyampaikan pendapat, menyebutkan dan mengulangi kata-kata sederhana, serta kurang memberikan respons saat guru berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model talking stick terhadap peningkatan kecerdasan linguistik anak pada Kelompok B di TK Nurul Hidayatullah Mariana. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 anak, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai t-hitung = 74,115, sedangkan t-tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,145. Karena t-hitung > t-tabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model talking stick terhadap peningkatan kecerdasan linguistik anak pada Kelompok B1 di TK Nurul Hidayatullah Mariana, Banyuasin 1.

Kata Kunci


Model Talking Stick; Kecerdasan Linguistik; Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhi, K. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Cv. Budi Utama.

Andri. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini. PT.Global Eksekutif Teknologi.

Anggraini, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sdn 10 Sungai Are Kelas V Kabupaten Oku Selatan, (Doctoral Dissertation, Uin Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Dharma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji validitas, Uji Reabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F dan R2). Bogor: Guepedia.

Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Roflin, E. (2021). Populasi Sampel, Variabel Dalam Penelitian Kedokteran. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management.

Tanfidiyah, N., & Utama, F. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v7i1.7880

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara