Hubungan Kompetensi Pedagogik Dengan Kinerja Guru
Sari
Menjadi seorang guru bukanlah hal yang mudah, seperti membalikkan telapak tangan. Profesi guru menuntut kompetensi yang tinggi, baik dalam penguasaan materi maupun dalam kemampuan mengelola peserta didik. Peserta didik sebagai pelaku utama dalam proses pembelajaran memiliki beragam karakteristik, keunikan, kebiasaan, dan latar belakang sosial yang berbeda-beda. Salah satu kompetensi yang sangat penting dimiliki oleh guru adalah kompetensi pedagogik. Kompetensi ini mencakup kemampuan dalam mengelola proses pembelajaran, memahami karakteristik dan kebutuhan individual peserta didik, merancang pembelajaran yang efektif, serta melakukan evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik. Seorang guru yang menguasai kompetensi pedagogik dapat menjalankan tugasnya secara profesional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh dari guru kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara kompetensi pedagogik dengan kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat erat antara kompetensi pedagogik dan kinerja guru. Kompetensi pedagogik yang baik dapat melahirkan guru yang profesional, sehingga berdampak positif terhadap kualitas pembelajaran di kelas.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Alexandro, M. M. R., Misnawati, M. P., & Wahidin, M. P. (2021). Profesi Keguruan (Menjadi Guru Profesional).
https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=rCVOEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=pengertian+profesi+guru&ots=Y9u4x3yhh0&sig=fb4mEWpiDfjDlPsLvSPgj68bYN4
Anis. (2017). Pedagogik Dalam Pembelajaran, 230–246.
https://www.google.com/search?q=teori+pedagogik+pdf&sxsrf=ALeKk02-Nh8D1NGAAijGXZU8VLNlJ3r00Q%3A1621776880720&ei=8FmqYK_BK8qO4-EPo_WJiAc&oq=teori+padagogi&gs_lcp=Cgdnd3Mtd2l6EAEYAzIECAAQDTIECAAQDTIGCAAQDRAeMgYIABANEB4yBggAEA0QHjIGCAAQDRAeMgYIABANEB4yCAgAEA
Aziza, N. (2017). Jenis dan Pendekatan Penelitian Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 45–54.
Balqis, P., & Usman, N. (2014). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 25–38.
Kurniawan, A., & Astuti, A. P. (2017). Deskripsi Kompetensi Pedagogik Guru Dan Calon Guru Kimia SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1–7.
Lilis Suryani, S., & Yuliansari, I. (2015). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Kinerja Guru SDN Di Kecamatan Banjarmasin Utara. Paradigma, 10(1), 25–28. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwjf3-KyzL77AhUeHbcAHcJPDQcQFnoECA8QAQ&url=https%3A%2F%2Fjurnal.untan.ac.id%2Findex.php%2Fjpdpb%2Farticle%2Fdownload%2F5508%2F6125&usg=AOvVaw0kpuHD8zuHTBgVg42qF0za
Nur, A. A. (2014). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di SD Yayasan Mutiara Gambut. Bahana Manajemen Pendidikan: Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 65–831.
Rosyada, A., Harapan, E., & Rohana, R. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran Sekolah Menengah Atas Di Kota Sekayu, Sumatera Selatan. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 31–42.
https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.38295
Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 100. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v7i1.7890
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara