Peran Permainan Cenge-Cenge Bagi Perkembangan Anak Usia Dini
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afdal, Nugroho, T. C., & Atfal, M. F. (2022). Sosialisasi Permainan Tradisional Di SDN 024 Samarinda Utara Tahun 2022. JPKPM, 2(2), 242–244.
Aqobah, Q. J., Setiakarnawijaya, Y., Ali, M., Rahail, R. B., & Hakim, N. (2023). Mengungkap Tren Penelitian Permainan Tradisional Dalam Jurnal Bereputasi Internasional. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(1), 46–53. https://doi.org/10.37058/sport.v7i1.6593
Arzani, M. (2022). Peran Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Pada Kelompok B Di TK Puncang Hijau. JRP: Jurnal Rinjani Pendidikan, 1(01), 1–7.
Asst. Prof., S. N., & Demir, R. A. G. T. (2020). The Relationship Between Attitudes Towards Digital Gaming And Sports. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 19(1), 40–52.
Darmawati, N. B., & Widyasari, C. (2022). Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6827–6836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3487
Hasibuan, C. A., Harahap, S. N. H., Hayatun, V. C. A. T., Ritonga, E. R., & Amanda, N. A. K. Z. (2024). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Di PAUD Cempaka Pekan Pantai Labu. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 23–29.
Khasanah, U. (2020). Active Learning Dalam Pembelajaran Matematika SD Melalui Permainan Engklek Mamun. Educreative : Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak, 5(2), 233–238. https://doi.org/10.37530/edu.v5i2.93
Krisna Pebryawan. (2015). Engklek Sebagai Sarana Pembelajaran Yang Asik Di Tengah Permainan Modern. Magistra, No.92(92), 62–68.
Nugrahastutik, Eka Puspitaningtyas, E., Puspitasari, M., & Sallimi, M. (2016). Nilai – Nilai Karakter Pada Permainan. Jurnal PKn Progresif, 7(4), 265–273.
Patiung, D., Ismawati, I., Herawati, H., & Ramadani, S. (2019). Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 25. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9223
Putri, A. B. U., & Hasyim, N. (2017). Upaya Melestarikan Permainan Tradisional Engklek Melalui Teknologi. Jurnal Rupa, 02(2), 77–149.
Rachmawati. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Engklek Pada Character Strength Wisdom Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 3892–3896.
Siregar, N., & Lestari, W. (2018). Peranan Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1. https://doi.org/10.26486/jm.v2i1.427
Sukadariyah, R. F., Fatimah, A., & Maryani, K. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Kemampuan Geometri Anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 57–63.
Taskiyah, A. N., & Widyastuti, W. (2021). Etnomatematika Dan Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air Pada Permainan Engklek. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 81. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10342
Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55
Utsman, A. F., Ni’mah, R., & Rohana, R. (2018). Peran Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Di RA Al Fattah Pacing Parengan Tuban. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 132–141. https://doi.org/10.36840/ulya.v3i2.156
Widyaning Tyas, R., & Widyasari, C. (2023). Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 508–516. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.255
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i2.8260
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara