Peran Permainan Cenge-Cenge Bagi Perkembangan Anak Usia Dini

Nurfitri Sahidun, Putri Ratih Puspitasari

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran permainan cenge-cenge bagi perkembangan anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan fokus pada studi literatur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur. Data diolah dari sumber yang dianggap relevan yaitu melalui buku, artikel penelitian, dan berbagai karya ilmiah yang telah dipublikasikan sehingga sumbernya dapat dipercaya. Peneliti sebagai pengamat mengumpulkan sumber data yang berkaitan dengan variabel penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian tinjauan pustaka adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan kajian pustaka yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa peranan permainan cenge-cenge bagi perkembangan anak usia dini adalah sebagai berikut: (1) Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, (2) meningkatkan perkembangan kognitif anak, (3) mengembangkan perkembangan sosial-emosional, (4) meningkatkan kreativitas anak dan (5) mengembangkan kecerdasan visual spasial anak.

Kata Kunci


Cenge-Cenge; Permainan Tradisional; Perkembangan Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afdal, Nugroho, T. C., & Atfal, M. F. 2022. Sosialisasi permainan tradisional di sdn 024 samarinda utara tahun 2022. JPKPM, 2(2), 242–244.

Aqobah, Q. J., Setiakarnawijaya, Y., Ali, M., Rahail, R. B., & Hakim, N. 2023. Mengungkap Tren Penelitian Permainan Tradisional Dalam Jurnal Bereputasi Internasional. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(1), 46–53. https://doi.org/10.37058/sport.v7i1.6593

Arzani, M. 2022. Peran Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Pada Kelompok B di TK Puncang Hijau. JRP: Jurnal Rinjani Pendidikan, 1(01), 1–7.

Asst. Prof., S. N., & Demir, R. A. G. T. (2020). The Relationship between Attitudes towards Digital Gaming and Sports. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 19(1), 40–52. https://www.researchgate.net/publication/338480015

Darmawati, N. B., & Widyasari, C. 2022. Permainan Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6827–6836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3487

Etivali, A. U. Al, & Kurnia, A. M. B. 2019. Pendidikan pada anak usia dini. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2), 212–236.

Gita, A., & Pujiastuti, H. 2020. Peranan Permainana Tradisonal Engklek dalam Mengembangkan matetmatika di Sekolah Dasar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah, 6(1), 66–77.

Hasibuan, C. A., Harahap, S. N. H., Hayatun, V. C. A. T., Ritonga, E. R., & Amanda, N. A. K. Z. 2024. Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik melalui Permainan Tradisional bagi Anak Usia di PAUD Cempaka Pekan Pantai Labu. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 23–29. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/incrementapedia

Horunisa, P. S., & Cahyati, N. 2020. Media Permainan Sunda Manda Robot Bercahaya Untuk Kemampuan Keseimbangan Anak. Jurnal Golden Age, 4(01), 1–11. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1668

Khasanah, U. 2020. Active Learning dalam Pembelajaran Matematika SD Melalui Permainan Engklek Mamun. Educreative : Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak, 5(2), 233–238. https://doi.org/10.37530/edu.v5i2.93

Krisna Pebryawan. 2015. Engklek Sebagai Sarana Pembelajaran Yang Asik Di Tengah Permainan Modern. Magistra, No.92(92), 62–68.

Nugrahastutik, Eka Puspitaningtyas, E., Puspitasari, M., & Sallimi, M. 2016. Nilai – Nilai Karakter Pada Permainan. Jurnal PKn Progresif, 7(4), 265–273. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8942/6503

Patiung, D., Ismawati, I., Herawati, H., & Ramadani, S. 2019. Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 25. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9223

Putri, A. B. U., & Hasyim, N. 2017. Upaya Melestarikan Permainan Tradisional Engklek melalui Teknologi. Jurnal Rupa, 02(2), 77–149. journals.telkomuniversity.ac.id › rupa › article › download

Rachmawati. 2022. Implementasi Permainan Tradisional Engklek Pada Character Strength Wisdom Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 3892–3896.

Saputra, A. 2018. Pendidikan Anak Pada Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2), 192–209. https://core.ac.uk/download/pdf/228822655.pdf

Siregar, N., & Lestari, W. 2018. Peranan permainan tradisional dalam mengembangkan kemampuan matematika anak usia sekolah dasar. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1. https://doi.org/10.26486/jm.v2i1.427

Sukadariyah, R. F., Fatimah, A., & Maryani, K. 2020. Pengaruh Permainan Tradisional Engklek terhadap Kemampuan Geometri Anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 57–63. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/6685

Talango, S. R. 2020. Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Taskiyah, A. N., & Widyastuti, W. 2021. Etnomatematika dan Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air pada Permainan Engklek. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 81. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10342

Trinova, Z. 2012. Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55

Utsman, A. F., Ni’mah, R., & Rohana, R. 2018. Peran Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Di RA Al Fattah Pacing Parengan Tuban. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 132–141. https://doi.org/10.36840/ulya.v3i2.156

Widyaning Tyas, R., & Widyasari, C. (2023). Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 508–516. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.255




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i2.8260

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor