Kajian Perilaku Penjaja Pangan Jajanan Anak Sekolah Tentang Gizi dan Keamanan Pangan pada Sekolah Dasar di Kota Ternate

abu rahmat Ibrahim

Sari


BPOM melaporkan sejak tahun 2006-2010, 48% jajanan anak sekolah mengandung bahan kimia berbahaya, BTP berlebih, dan cemaran mikrobiologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku penjaja pangan jajanan anak sekolah pada Sekolah Dasar di kota Ternate, menganalisis pengetahuan praktik gizi dan keamanan pangan berdasarkan kelompok penjaja, dan karakteristik penjaja PJAS (tingkat pendidikan dan keikutsertaan dalam penyuluhan keamanan pangan). Data yang digunakan pada penelitian ini berasal dari  24 SD dan 74 penjaja di kota Ternate. Penelitian dilakukan selama 60 hari sejak bulan Agustus sampai September 2018. Pengumpulan data berupa data sekunder, survei berupa wawancara (face-to-face interview) dan observasi langsung pada penjaja PJAS di lingkungan sekolah dengan kuesioner. Data sekunder diolah meliputi coding dan cleaning, selanjutnya ditabulasi dan dianalisis secara statistik dengan program Microsoft Excell 2007 dan SPSS 17.0 Windows. Data pengetahuan praktik gizi dan keamanan pangan penjaja PJAS dikuantifikasikan berdasarkan skor. Uji statistik yang digunakan yaitu uji-t sampel bebas dan uji One-way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjaja PJAS berpendidikan SD (54,1%), menggunakan alat pendukung sepeda motor/penjual keliling (64,9%) dengan jenis PJAS penjual pentol/sejenisnya dan es (51,4%) serta belum mengikuti sosialisasi gizi dan keamanan pangan (60,8%) yang sebagian besarnya merupakan penjaja luar sekolah yaitu 88,9% disusul pengelola kantin yaitu 11,1%. Penjaja memiliki pengetahuan gizi dan keamanan pangan berkategori kurang yaitu 43.2% (59,6% adalah penjaja luar sekolah dan 4,5% ialah pengelola kantin).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andarwulan N, Madanijah S, & Zulaikhah. 2009. Laporan Penelitian: Monitoring dan Verifikasi Profil Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Nasional Tahun 2008. Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center IPB dan Direktorat Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan BPOM RI, Bogor.

Adair, L.S., & Popkin, B., M. 2005. Are Child Eating Patterns Being Transformed Globally?. Obesity Research. 13. p. 1281–1299.

Atmarita dan Fallah TS. 2004. Analisis Situasi Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Dalam Soekirman et al. (Eds.), Ketahanan Pangan dan Gizi di Era Otonomi Daerah dan Globalisasi. Prosiding Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi VIII (hlm. 153), 17-19 Mei. LIPI, Jakarta.

Badan POM RI dan 30 Balai Besar/Balai POM. 2009. Pangan Jajanan Anak Sekolah.

Contento IR. 2007. Nutrition Education: Linking Research, Theory, and Practice.

Jones and Bartlett Publishers, Sudbury.

Judarwanto, W. 2008. Perilaku makan anak sekolah. Direktorat Bina Gizi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. http://gizi.depkes.go.id/wpcontent/uploads/2012/05/perilaku-makan-anak-sekolah.pdf. [30 Maret 2018]

Judarwanto, W. 2009. Waspadai Perilaku Makan Anak Sekolah. Klinik Khusus Kesulitan Makan pada Anak : Jakarta.

Khomsan A. 2000. Teknik Pengukuran Pengetahuan Gizi. Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Fakultas Pertanian, IPB, Bogor.

Manalu, H.S.P. dan Su’udi, A. 2016. Kajian Implementasi Pembinaan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) untuk Meningkatkan Keamanan Pangan: Peran Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kota. Media Litbangkes, Vol. 26(4) 249-256.

Mavidayanti, H dan Mardiana. 2016. KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PEMILIHAN MAKANAN JAJANAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Journal of Health Education Vol. 1(1) 71-77.

[WHO] World Health Organization, Food Safety Unit. 2000. Penyakit Bawaan Makanan: Fokus Pendidikan Kesehatan. (Hartono A, penerjemah). Widyastuti P (Ed.), Food- borne Disease: A Focus for Health Edu- cation. EGC Penerbit Buku Kedokteran, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33387/cannarium.v19i1.3299

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##




Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information

Editorial Officer Cannarium
Faculty of Agriculture, Universitas Khairun
Jl. Jusuf Abdurahman, Gambesi, Ternate, North Maluku - Indonesia
E-mail : cannarium@unkhair.ac.id or cannarium.unhkair@gmail.com
Creative Commons License
Cannarium
Publisher Faculty of Agriculture, Universitas Khairun This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.