PENGARUH PENGGUNAAN PUPUK KANDANG AYAM DAN KCl TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L) VARIETAS TOPO DI INCEPTISOL TERNATE

Alda Inayah Usman

Sari


Maluku Utara merupakan provinsi kepulauan, berdasarkan daya dukung lingkungan mempunyai potensi pengembangan komoditas pertanian hortikultura. Inceptisol Ternate adalah tanah yang memiliki C-organik, N-total, P-tanah dan KTK tanah yang rendah, sehingga berdampak pada terbatasnya suplai hara yang dibutuhkan tanaman untuk menopang pertumbuhan dan produksi tanaman yang optimal. Oleh karena itu perlu dilakukan pemupukan sesuai dengan dosis yang dianjurkan agar dapat menghasilkan hasil yang optimal.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari pemberian pupuk kdandang ayam, KCl dan interaksinya, menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial yang terdiri dari dua faktor : faktor pertama adalah pupuk kandang ayam dengan dosis 0, 20,dan 40 ton/ha dan faktor kedua adalah dosis pupuk KCl 0, 150, dan 300 ton/ha. Masing-masing perlakuan diulang 3 kali sehingga terdapat 27 satuan percobaan. Data yang diperoleh dianalisis dengan (anova), bila perlakuan memberikan pengaruh nyata dan sangat nyata maka dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Jujur α 0,05.

           Hasil penelitian menunjukan perlakuan pupuk kandang ayam memberikan pengaruh tidak nyata pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah umbi, berat umbi basah dan berat umbi kering, dan perlakuan dan pupuk KCl memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan jumlah daun dan berpengaruh tidak nyata untuk parameter tinggi tanaman, jumlah umbi, berat umbi basah dan berat umbi kering, sedangkan kombinasi kedua perakuan memberikan pengaruh tidak nyata pada semua parameter pengamatan. Produksi tertinggi dicapai pada perlakuan A2M2 yaitu 11,20 ton/ha.

 

Abdulrachman, S. dan Z. Susanti. 2004. Pengaruh Pemberian Zeolit terhadap Peningkatan Efisiensi Pupuk P dan K pada Tanaman Padi. J. Zeolit Indonesia.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (BPPP).2000.Sumber Daya Lahan Indonesia dan Pengelolaannya Dapartemen Pertanian. Bogor.

Bank Indonesia. 2013. Kebijakan Bank Indonesia dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan. Prosiding Seminar Regional Akselerasi Inovasi Teknologi mendukung Ketahanan Pangan di Wilayah Kepulauan Ternate. 4 Desember 2013.

BPS, 2018. Distribusi Perdagangan Bawang Merah. Indonesia.

BPTP Maluku Utara. 2010. Uji adaptasi Bawang Merah Topo di Dataran Rendah. Laporan Pengkajian. Sofifi.

Dewi. 2012. Bahan Pangan, Gizi Dan Kesehatan. Alfabeta. Bandung.

Dwidjoseputro. 1990. Pengantar Fisiologi Tumbuhan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Elisman, R. 2001. Pengaruh pemberian beberapa jenis pupuk kandang terhadap pertumbuhan bibit kopi Arabika (Coffee Arabika Var. Kartika I). Skiripsi. Fakultas Pertanian Universitas Tanaman Siswa. Padang Sari et al.,2006)

Hanafiah, A. K 2008 Dasar-dasar Ilmu Tanah. PT Rajawali Press.

Muyyasir, Sufardi, I. Saputra. 2012. Perubahan Sifat Fisik Inceptisol Akibat Perubahan Jenis dan Dosis Pupuk Organic. Jurnal Lentera 12:12-8.

Pairunan. A. K. dkk. 1985. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Ujung Pandang: BKPT INTIM.

Rachman, I. I. Djuniwati. S. Idris K. 2008. Pengaruh Bahan Organik dan Pupuk NPK terhadap Serapan Hara dan Produksi Jagung di Inceptisol Ternate. Jurnal Tanah dan Lingkungan, Vol. 10 No 1: 7-13.

Sulistiono, W., dkk. 2010. Kajian Budidaya Bawang Topo di Dataran Rendah. Laporan Hasil Penelitian BPTP Maluku Utara. Maluku Utara.

Sunarjono, H. dan P. Soedomo. 1989. Budidaya Bawang Merah. Penerbit Sinar Baru. Bandung.

Suriani, N. 2012. Budidaya Bawang Merah dan Bawang Merah. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.

Sutedjo, M. 2002. Pupuk dan Cara Pemupukan. Rineka Cipta. Jakarta.

Sutrisna, N., S. Suwalan, dan Ishaq. 2003. Uji Kelayakan Teknis dan Finansial Penggunaan Pupuk NPK Anorganik pada Tanaman Kentang Dataran Jawa Barat.

.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


dfd




DOI: https://doi.org/10.33387/cannarium.v19i1.3013

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##




Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information

Editorial Officer Cannarium
Faculty of Agriculture, Universitas Khairun
Jl. Jusuf Abdurahman, Gambesi, Ternate, North Maluku - Indonesia
E-mail : cannarium@unkhair.ac.id or cannarium.unhkair@gmail.com
Creative Commons License
Cannarium
Publisher Faculty of Agriculture, Universitas Khairun This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.