Analisis Modal Sosial Petani Padi Sawah Di Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak Provinsi Riau

Kausar Kausar, Cepriadi Cepriadi, Rita Suharti

Sari


Salah satu program pembangunan yang masih diharapkan menjadi andalan pembangunan nasional adalah pembangunan pertanian. Dalam pembangunan sektor pertanian, khususnya dalam meningkatkan kapasitas petani padi diperlukan adanya modal sosial. Maka, dengan demikian menarik untuk meneliti tentang  analisis sosial petani padi sawah Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak Provinsi Riau. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang mewakili dari kelompok tani. Analisis yang digunakan adalah skala Likert. Tingkat modal sosial petani pada kelompok tani padi sawah Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak kategori tinggi. Jumlah skor rata-rata yaitu 3,91 yang berarti bahwa modal sosial berada pada kategori tinggi. Bagi kelompok tani diharapkan agar dapat mempertahankan modal sosial di Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak Provinsi Riau karena modal sosial sangat penting dalam proses pembangunan sumber daya petani.


Teks Lengkap:

PDF 53-58

Referensi


Bima Ferdinan Putra , Roza Yulida dan Kausar. 2016 . Analisis Hubungan Modal Sosial Terhadap Keberdayaan Petani Karet (Studi Kasus Petani Karet Di Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi), Jom Faperta Vol.3 No.1 Februari 2016.

Field, John. 2011 dan 2014. Social Capital. Terjemahan Nurhadi. Bantul: Kreasi Wacana Offset.

Kausar dan Rendi Rionaldi. 2016. Analisis Modal Sosial Terhadap Keberdayaan Petani Padi di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar Provinsi Riau. UNES Journal of Scientific Research. Vol.1 Nomor 2.

Shella Rizkiyana dan Wan Setiawan.2019. Keberdayaan Modal Sosial Komunitas Petani Padi Organik Di Kelompok Tani Sundamekar, Desa Sundawenang, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh.Volume 6 Nomor 1.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33387/cannarium.v20i2.5361

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##




Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information

Editorial Officer Cannarium
Faculty of Agriculture, Universitas Khairun
Jl. Jusuf Abdurahman, Gambesi, Ternate, North Maluku - Indonesia
E-mail : cannarium@unkhair.ac.id or cannarium.unhkair@gmail.com
Creative Commons License
Cannarium
Publisher Faculty of Agriculture, Universitas Khairun This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.