ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI SEMANGKA (Citrullus lanatus) DI DESA SIDOMULYO KECAMATAN ANGGANA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Marthin Richard Simanjuntak, Tetty Wijayanti

Sari


Usaha tani semangka di Desa Sidomulyo memiliki potensi untuk dikembangkan karena lahan di desa tersebut masih luas. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal usahatani semangka; dan merumuskan dan menetapkan strategi dalam mengembangkan usahatani semangka di Desa Sidomulyo Kecamatan Anggana. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2022 - November 2022. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara langsung terhadap responden dan studi kepustakaan. Data dianalisa menggunakan analisis SWOT. Faktor internal yang teridentifikasi adalah ketersediaan lahan yang memadai, tenaga kerja yang berasal dari dalam keluarga, kesuburan tanah, modal petani dan bibit unggul. Sedangkan faktor eksternalnya adalah permintaan pasar, tersedianya bibit unggul, ketersediaan teknologi, alih fungsi lahan dan harga semangka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama yaitu ketersediaan lahan yang sesuai untuk melakukan usahatani semangka dengan nilai 0.48. Alternatif strategi yang paling cocok adalah strategi SO (Kekuatan dan Peluang) terletak pada kuadran I, dengan skor 3.47. Strategi ini berarti menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Pengembangan usahatani semangka di Desa Sidomulyo dapat dilakukan dengan strategi alternatif berikut: memanfaatkan ketersediaan lahan yang subur dan memadai dengan tenaga kerja yang berasal dari dalam keluarga sehingga biaya pengeluaran tenaga kerja menjadi kecil;  menjalin kerja sama dengan pemerintah atau kelompok tani untuk pengembangan usahatani semangka; mengaplikasikan perencanaan usahatani yang tepat dan menggunakan benih yang berkualitas tinggi yang mudah didapat; dan menggunakan teknologi dengan maksimal untuk membantu proses budidaya semangka.


Kata Kunci: Semangka, Usahatani, Strategi.


Teks Lengkap:

PDF 8-13

Referensi


Handayani, L., Hidayah, H., Lubis, A. E., Yulianita, S. 2021. Analisis Usahatani dan Sistem Pemasaran Semangka. Universitas Alwashliyah. Medan.

Diana, R. J. 2022. Analisis Efisiensi dan Strategi Pemasaran Semangka (Citrullus vulgaris) Di Lahan Pasir Desa Paseban Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Universitas Muhammadiyah Jember. Jember.

Gunawan, I. 2013. Analisis Pendapatan Usahatani Semangka (Citrullus vulgaris) di Desa Rambah Muda Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Universitas Pasir Pengaraian. Riau

Wulandari. 2016. Rahasia Sukses Berbisnis Dan Budidaya Semangka. Cetakan ke-1. Penerbit Villam Media. Yogyakarta.

Ardi, M. R., Effendi, M. 2018. Faktor-faktor Yang Memotivasi Petani Dalam Melakukan Usahatani Semangka (Citrillus vulgaris) Di Desa Sumber Sari Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara. 1(2).98-103. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/AKP/article/view/1709. 29 Juli 2022.

BPS. 2021. Produksi Tanaman Buah-buahan 2021. https://www.bps.go.id/indicator/55/62/1/produksi-tanaman-buah-buahan.html

BPS. 2021. Luas panen Tanaman Sayuran Di Indonesia 2021. https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/bXNVb1pmZndqUDhKWElUSjhZRitidz09/da_05/1

BPS. 2028. Kabupaten Kutai Kartanegara Dalam Angka 2022. https://kukarkab.bps.go.id/publication/2022/02/25/38ff082220c8eb2b3cbea507/kabupaten-kutai-kartanegara-dalam-angka-2022.html

BPS. 2021. Kecamatan Anggana Dalam Angka 2021. https://kukarkab.bps.go.id/publication/2021/09/24/60b9eda905f8d4434601fbf7/kecamatan-anggana-dalam-angka-2021.html

Marsa’id, H. 2018. Strategi Pengembangan Usahatani Karet (Hevea brasiliensis) Di Desa Margahayu Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Adiwilaga, A. 1982. Ilmu Usaha Tani. Bandung Alumni.

Irayanti, E. 2019. Strategi Pengembangan Usahatani Kacang Tanah (Arachis hypogaea) Di Desa Batang Kecematan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.

Sari, E. P. 2017. Strategi Pengembangan Agribisnis Jagung (Zea mays L.) Di Kelurahan Juata Kerikil Kota Tarakan. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Borneo Tarakan. Tarakan.

Nurhasanah. 2018. Analisis Strategi Pengembangan Agribisnis Peternakan Sapi Potong Rakyat di Trunen Desa Bumi Harapan Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara. Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Darta, G. A. A. 2017. Evaluasi Strategi Pengembangan Sapi Brahman Cross Dalam Menunjang Populasi Dua Juta Ekor Sapi Di Kalimantan Timur. Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Ginting, A. Z. A. Analisis Prospek Pengembangan Usahatani Kedelai (Glycine max L. Merril). Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Saragih, R. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Kerupuk Udang di Desa Handil Terusan Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara. Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Muhammad, M. 2013. Analisis Strategi Pengembangan Pada Pelaku Usaha Kerajinan Khas Daerah di Area Komplek Citra Niaga Samarinda. Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Kahana, B. P. 2008, Strategi Pengembangan Agribisnis Cabai Merah di Kawasan Agropolitan Kabupaten Magelang. Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang.




DOI: https://doi.org/10.33387/cannarium.v21i1.6099

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##




Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information

Editorial Officer Cannarium
Faculty of Agriculture, Universitas Khairun
Jl. Jusuf Abdurahman, Gambesi, Ternate, North Maluku - Indonesia
E-mail : cannarium@unkhair.ac.id or cannarium.unhkair@gmail.com
Creative Commons License
Cannarium
Publisher Faculty of Agriculture, Universitas Khairun This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.