PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PAA MATERI PERBANDINGAN
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan pemahaman matematis siswa kelass VIII- 7 SMP Negeri 2 Kota Ternate Tahun Ajaran 2016/2017 pada materi Perbandingan setelah diterapkan model Pembelajaran Matematika Realistik, 2) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 2 Kota Ternate Tahun Ajaran 2016/2017 setelah diterapkan model Pembelajaran Matematika Realistik.
Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-7 yang berjumlah 25 siswa, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan desain penelitian one-grup pretest- posttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari soal tes untuk mengukur kemampuan pemahaman matematis siswa. Teknik tes berupa uraian yang terdiri dari 3 butir soal, dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu tafsiran aspek pemahaman matematis, dan gain ternormalisasi (N-Gain).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kemampuan pemahaman matematis siswa setelah diterapkan pembelajaran matematika realistik dari 25 siswa yang menjadi subjek penelitian, diperoleh 13 siswa berkualifikasi sangat tinggi, 11 siswa berkualifikasi tinggi, dan 1 siswa berkualifikasi sedang. 2) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dapat dilihat dari perhitungan gein ternormalisasi (N-Gain), diperoleh nilai sebesar 0,55 dan berada pada kategori sedang
Teks Lengkap:
pdfDOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v6i2.1224
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0