PEMBELAJARAN NUMBER SENSE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI PECAHAN
Sari
Makalah ini menjelaskan pembelajaran number sense di sekolah dasar pada materi pecahan. Pembelajaran number sense yang dimaksud dalam makalah ini adalah pengajaran materi pecahan dengan tiga indikator number sense yaitu: memahami arti dasar dari pecahan, memahami pengaruh dari operasi pada pecahan menggunakan perhitungan yang tepat. Diharapkan setelah pembelajaran number sense, siswa mampu meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan. Number sense adalah pemahaman terhadap bilangan beserta operasinya sehingga dapat menyelesaian masalah matematika dengan benar. Adapun enam strand number sense adalah pemahaman dan penggunaan arti dan ukuran bilangan. pemahaman dan penggunaan bentuk setara dan representasi dari bilangann, pemahaman makna dan dampak operasi, pemahaman dan penggunaan ekspresi setara, komputasi dan penggunaan strategi yang tepat serta penggunaan patokan dalam pengukuran
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Amri, S. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Surabaya: Prestasi Pustakaraya.
Burton, G. 1993. Number sense and operations. Reston, VA: NCTM
Dehaene, S., 1997. Number sense and DevelopmentDyscalculia. Cognitive Neuroimaging. INSERM-CEA Unit 562. Perancis: Service Hospitalizer Frederic Joliot
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka
Fennell, F., & Landis, T. E. 1994. Number sense and operations sense. In C. A. Thornton & N. S. Bley (Eds.), Windows of opportunity: Mathematics for students with special needs (pp. 187–203). Reston, VA:NCTM.
Fosnot, C. T. 2001. Young Mathematics at Wosubstuctionrk: Construction Number sense, addition, and Substruction. United States of Amerika
Howden, H. 1989. Teaching Number Sense. Arithmetic Teacher
Lisa, W. C. 2001. Number Sense Every Day. the UNC School of Education
Markovits, Z & Sowder, J. T. 1994. Developing Number sense: An Intervention Study in Grade 7. Journal for research in Mathematics Education.
McIntoish, et al. 1997. Simple Effective Number sense Experiences Grade 6-8 Dale Seymour Publications.
NCTM. 1989. Curriculum and evaluation standards for school mathematics (Reston, VA, NCTM).
Noor. 1993. Assessment Of School Childrens’ Number Sense: University Teknologi Malaysia.
Reys,R.E.&Yang,D.C. 2001 .Relationship Between Computational Performance and Number Sense Among Sixth and Eighth Grade Students in Taiwan. Journal for Research in Mathematics Education
Slameto. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono, 1990.Metode apenelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Tsao, Yea-Ling .2001. The study of number sense and teaching practice. Taiwan: Journal of Case Studies in Education.
Wilson, A. J & Dehaene, S., 2009.Effect Of An Adaptive Game Intervention On Accessing Number Sense In Low-Sosioeconomi-Status Kindergarden Children. Mind, brain and education.
Yang, De-ching. 2008. Development of a computerized number sense scale for 3rd graders: reliability and validity analysis. International electronic journal mathematics education: Taiwan.
Yang,D.C., Reys. R.E (2009).Number sense strategies used by pre-service teachers in Taiwan. International Journal of Science and Mathematics Education
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v5i2.233
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0