Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan berbasis HOTS pada siswa SMP Negeri 1 Kota Ternate

Noniarti Armin, Nurma Angkotasan, Diah Prawitha Sari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa SMP Negeri 1 Kota Ternate dalam menyelesaikan soal-soal pecahan berbasis HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 orang dan dipilih 6 siswa untuk diwawancarai berdasarkan hasil tes tertulis yang menggambarkan beberapa jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal pecahan berbasis HOTS.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 1 siswa (5%) mengalami kesalahan fakta pada indikator soal C4 dan C5. Terdapat 7 siswa (35%) mengalami kesalahan konsep pada indikator soal C4, 4 siswa (20%) pada indikator soal C5 dan 3 siswa (15%) pada indikator soal C6. Terdapat 11 siswa (55%) mengalami kesalahan prinsip pada indikator soal  C4, terdapat 3 siswa (15%) pada indikator soal C5 dan  8 siswa (40%) pada indikator soal C6 .terdapat 3 siswa (25%) mengalami kesalahan skill pada indikator soal C4, terdapat 2 siswa (10%) pada indikator soal C5 dan terdapat 3 siswa (25%) pada indikator soal C6. Faktor penyebab kesalahanan siswa diantaranya: kelalaian dan kecerobohan siswa, lemahnya kemampuan intelektual siswa, lemahnya kemampuan konsep prasyarat, kurangnya pengalaman dan latihan mengatasi masalah khususnya masalah pecahan, serta kurangnya siswa memahami konsep serta menyerap informasi dengan baik dan benar.

Kata Kunci : Kesalahan siswa, HOTS, Pecahan.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.5110

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

View My Stats Delta-Pi