Investigasi pemanfaatan geogebra untuk pembelajaran matematika di Indonesia: Sebuah analisis bibliometrik

Della Maulidiya, Tria Utari, Nur Aliyyah Irsal, Mela Aziza

Sari


GeoGebra adalah perangkat lunak pembelajaran matematika yang membantu guru dalam meningkatkan kinerja siswa. Pemahaman tentang pemanfaatan GeoGebra diperlukan untuk memandu pengembangan dan penerapannya dalam pendidikan matematika di masa depan. Analisis bibliometrik digunakan untuk mengidentifikasi penelitian ilmiah sebelumnya. Penelitian ini secara kuantitatif meneliti 309 artikel ilmiah yang diterbitkan di jurnal-jurnal Indonesia antara tahun 2012 - 2022 dengan menggunakan text mining pada daftar kata kunci penulis. Analisis bibliometrik kemudian diolah dengan analisis konten kualitatif untuk menentukan sejauh mana penggunaan Geogebra dalam pendidikan matematika di Indonesia. Artikel-artikel diklasifikasikan sebagai 85,76% hasil dari penelitian dan 14,24% laporan kegiatan pengabdian masyarakat. Penggunaan Geogebra telah dievaluasi melalui penelitian kuantitatif, kualitatif, metode campuran, pengembangan, penelitian tindakan kelas, dan tinjauan literatur. Kompetensi yang banyak dieksplorasi dengan Geogebra adalah pemecahan masalah, berpikir kreatif, pemahaman konsep, dan komunikasi matematis. Penelitian ini menemukan pembelajaran penemuan, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran daring, matematika realistik, pembelajaran berbasis teknologi, dan pembelajaran mandiri dinilai sesuai untuk menerapkan Geogebra dalam pembelajaran matematika. Temuan penelitian ini menyimpulkan ada empat faktor yang harus dipertimbangkan ketika mengimplementasikan Geogebra dalam pengajaran matematika: 1) fitur-fitur Geogebra, 2) karakteristik materi matematika, 3) pendekatan atau model pembelajaran, dan 4) kompetensi (hasil belajar) baik kognitif dan non-kognitif yang diharapkan. Hasil analisis bibliometrik ini memberikan dasar untuk menentukan faktor-faktor penting untuk mengimplementasikan Geogebra dalam menciptakan lingkungan belajar yang diperkaya teknologi untuk mengajar dan belajar matematika.

 

Kata kunci Geogebra, Pembelajaran matematika, Analisis bibliometrik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abror, M. (2019). Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Senam Transformasi dan Tetris Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6(2), 657-666. https://doi.org/10.53717/idealmathedu.v6i2.99

Anim, A., Saragih, S., Napitupulu, E. E., Fauzi, K. M. A., Sirait, S., Syafitri, E., ... & Sari, N. (2022). Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Geogebra Sebagai Alat Bantu Ditinjau Berdasarkan Curiosity Siswa. Journal Of Science And Social Research, 5(2), 409-415. https://doi.org/10.54314/jssr.v5i2.944

Aria, M., & Cuccurullo, C. (2017). bibliometrix: An R-tool for comprehensive science mapping analysis. Journal of Informetrics, 11(4), 959–975. https://doi.org/10.1016/j.joi.2017.08.007

Aziza, M., & Yumarni, A. (2022). Modul elektronik aljabar linear berbantuan aplikasi wolfram mathematica menggunakan pendekatan pemecahan masalah dan berbasis nilai-nilai keislaman. Jawa Timur: Madza Media.

Batubara, I. H. (2019). Improving student’s critical thinking ability through guided discovery learning methods assisted by geogebra. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2), 116-119. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i2.1371

Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa SMP dengan menggunakan pendekatan metaphorical thinking berbantuan software geogebra. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 79-87. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.558

Donthu, N., Kumar, S., Mukherjee, D., Pandey, N., & Lim, W. M. (2021). How to conduct a bibliometric analysis: An overview and guidelines. Journal of business research, 133, 285-296. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.04.070

Dwijayani, N. M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dengan Menggunakan Geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 110-116. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10045

Fahmi, S., & Priwantoro, S. W. (2016). Upaya meningkatkan kreatifitas belajar mahasiswa pendidikan matematika menggunakan geogebra dengan pendekatan problem posing. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 69-80. https://doi.org/10.20884/1.jmp.2016.8.2.2890

Hamzah, N. A. H., & Hidayat, R. (2022). Peranan perisian Geogebra dalam pendidikan matematik: sorotan literatur bersistematik. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematik Malaysia, 12(2), 24-38. https://doi.org/10.37134/jpsmm.vol12.1.3.2022

Juandi, D., Kusumah, Y. S., Tamur, M., Perbowo, K. S., & Wijaya, T. T. (2021). A meta-analysis of Geogebra software decade of assisted mathematics learning: what to learn and where to go?. Heliyon, 7(5). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06953

Kasperiuniene, J. & Faiella, F. (2023). Bibliometric Analysis of Virtual Reality in School and University Contexts. In Costa, A.P., Moreira, A., Freitas, F., Costa, K., Bryda, G. (eds) Computer Supported Qualitative Research. WCQR 2023. Lecture Notes in Networks and Systems, vol 688. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-031-31346-2_5

Komar, S., Mulyono, B., & Hapizah, H. (2022). Desain Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Pada Materi Transformasi dengan Konteks Kearifan Lokal Palembang. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3139-3149. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6170

Kusharyadi, R., Pertiwi, S., Siahaan, E. Y. S., & Dasari, D. (2023). Bibliometric Analysis: Sofware Usage Trends GeoGebra in Mathematics Learning From 2017-2022. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 11(1), 196-205. https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i1.6786

Kusuma, A. B., & Utami, A. (2017). Penggunaan program geogebra dan casyopee dalam pembelajaran geometri ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 119-131. https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i2.259

Kurniati, D., Annisa, F., Murtikusuma, R. P., Pambudi, D. S., & Suwito, A. (2022). Pengembangan Media Berbantuan Geogebra Pada Sistem Pertidaksamaan Linear-Kuadrat Dalam Meningkatkan Literasi Matematika Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2269-2281. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5078

Lakapu, M., Fernandez, A. J., Uskono, I. V., Jagom, Y. O., & Dosianaeng, W. B. N. (2022). Pelatihan Geogebra: Pemodelan Matematika Menggunakan Kalkulus. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1).

Linnenluecke, M. K., Marrone, M., & Singh, A. K. (2020). Conducting systematic literature reviews and bibliometric analyses. Australian Journal of Management, 45(2), 175-194. https://doi.org/10.1177/0312896219877678

Martínez-López, F. J., Merigó, J. M., Valenzuela-Fernández, L., & Nicolás, C. (2018). Fifty years of the European Journal of Marketing: a bibliometric analysis. European Journal of Marketing, 52(1/2), 439-468. https://doi.org/10.1108/EJM-11-2017-0853

Maryani, E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Model Problem Based Learning Menggunakan Software Geogebra Dan Dampaknya Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Smk. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(1), 48-57. https://doi.org/10.51878/vocational.v1i1.81

Maulidiya, D. (2022). Topic Modelling using Latent Dirichlet Allocation (LDA) to Investigate the Latent Topics of Mathematical Creative Thinking Research in Indonesia. Journal of Intelligent Computing and Health Informatics (JICHI), 3(2), 35-46. https://doi.org/10.26714/jichi.v3i2.11428

Mazaly, M. R., Saragih, D. I., & Amalia, R. (2022). Pelatihan Penggunaan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi SPLDV Di MTs. Swasta Al-Jihad Medan. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(2), 1020-1026.

Moral-Muñoz, J. A., Herrera-Viedma, E., Santisteban-Espejo, A., & Cobo, M. J. (2020). Software tools for conducting bibliometric analysis in science: An up-to-date review. Profesional de la Información, 29(1). https://doi.org/10.3145/epi.2020.ene.03

Pan, H. L. W., Wiens, P. D., & Moyal, A. (2023). A bibliometric analysis of the teacher leadership scholarship. Teaching and Teacher Education, 121, 103936. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103936

Pulsiri, N., & Vatananan-Thesenvitz, R. (2018, August). Improving systematic literature review with automation and bibliometrics. In 2018 Portland International Conference on Management of Engineering and Technology (PICMET) (pp. 1-8). IEEE. https://doi.org/10.23919/PICMET.2018.8481746

Rojas-Sánchez, M. A., Palos-Sánchez, P. R., & Folgado-Fernández, J. A. (2023). Systematic literature review and bibliometric analysis on virtual reality and education. Education and Information Technologies, 28(1), 155-192. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11167-5

Sari, P. (2017). GeoGebra as a means for understanding limit concepts. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 7(2), 71-84. https://doi.org/10.46517/seamej.v7i2.55

Sulistyawati, E., & Rahayu, D. S. (2022). Perkuliahan Online: Bagaimana Literasi Digital Calon Guru Matematika Berbantuan Lembar Kerja Etnomatematika dan GeoGebra?. INOMATIKA, 4(1), 68-82. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.303

Supriyadi, E., Septian, A., Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2022). GeoGebra Research in Indonesia: A Bibliometric Analysis. PRISMA, 11(2), 559-575. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2572

Tamam, B., & Dasari, D. (2021, May). The use of Geogebra software in teaching mathematics. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1, p. 012042). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012042

Yohannes, A., & Chen, H. L. (2021). GeoGebra in mathematics education: a systematic review of journal articles published from 2010 to 2020. Interactive Learning Environments, 1-16. https://doi.org/10.1080/10494820.2021.2016861

Yuniarti, S., Sari, T. H. N. I., & Khotimah, H. (2019). PKM Pemanfaatan Modul Berbantuan GeoGebra dalam Pembelajaran Aplikasi Integral SMA di Balikpapan. Abdimas Universal, 1(1), 35-38.

Wahyuni, Y., Fauzan, A., Yerizon, Y., & Musdi, E. (2022). Analisis Literasi Digital Mahasiswa dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3358-3371. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1737

Wasi, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbantuan Software Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI SMA. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(12), 1897-1906. https://doi.org/10.32670/ht.v1i12.2512

Wijaya, H., & Siallagan, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Open-Ended Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan Bantuan Software Geogebra. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 87-101. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.112




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v12i1.6557

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

View My Stats Delta-Pi