Pengaruh model pembelajaran problem-based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis, dan berpikir kreatif siswa SMA pada materi program linier
Sari
Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk : 1) mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, 2) mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, 3) mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif, dan 4) ‘mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian eksperimen semu dengan sampel penelitian sebanyak 72 siswa yaitu kelas Fase E SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo yang dipilih dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan instrumen: tes kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis, dan berpikir kreatif. Teknik analisis data pada rumusan masalah pertama sampai ketiga dilakukan menggunakan uji ANCOVA dan rumusan masalah keempat menggunakan uji multivariat. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) adanya pengaruh signifikan model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah, (2) adanya pengaruh signifikan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis, (3) adanya pengaruh signifikan model PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif, dan (4) adanya pengaruh signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar 87, 8%.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arends, Richard. I. (2008). Belajar untuk Mengajar. Edisi ke tujuh alih bahasa oleh helly prayitno dan sri mulyantani prayitnodari judul learning to teach. Seven edition. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar.
Armana, I.W.D, Lasmawan, I.W., Sriarta, I.P. (2020). Pengaruh model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia. 6(2). DOI: 10.23887/pips.v4i2.3380
Elizabeth, A. and Sigahitong, M. M. (2018). Pengaruh Model Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram. 6(2). https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1044
Fadel, T. (2009). 21st Century Skills: Learning For Life In Our Times. San Francisco. CA: Jossey- Bass.
Farzad, A. (2013). Effect Size. University of Alberta, Canada.
Funke, J. (2001). Thinking & Problem Solving. http://www.psychology.uni-heidelberg.de/AE/allg/.
Mardiansyah, F., Haryanto, dan Gusti, D.R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dan Kemampuan Pemecahan Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Journal On Teacher Education. 4(2). https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7993
Hawadi A., Reni. 2001. Psikologi Perkembangan Anak Mengenal Sifat, Bakat, Dan Keterampilan Anak. Jakarta: Grasindo
Mayarni, Yulianti Y. (2020). Hubungan antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Ekologi. PENDIPA Journal of Science Education. 4(3). https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.39-45
Nurcahyaning, N., Rusijono, dan Dewi, U. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education. 8(2). http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i2.3217
Nadila, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.3129
Nurlaeli, Noornia, A., & Wiraningsih, E. D. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem-based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari adversity quotient 1,2,3). FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 145–154. https://doi.org/10.24853/fbc.4.2.145-154
Retno, A., and Mukhni. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Padang. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika FMIPA UNP. 7 (4). http://dx.doi.org/10.24036/pmat.v7i4.5578
Putri, R. S., Suryani, M., dan Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika , 8(2). http://dx.doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.471
Santuthi, P.C.V., Suardana, N., Wijana, N. (2019). The Effect of Problem-Based Learning (PBL) Model on Problem Solving and Critical Thinking Ability of Class VIII Students in SMPN 1 Singaraja of Science. Journal of phisic. doi:10.1088/1742-6596/1503/1/012046
Siswono, T., Y., E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2014). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekola Dasar, Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Ulva, E., Maimunah, Dan Murni A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN Sekabupaten Kuantan Singingi Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://dx.doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.356
Zainal A. (2013). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Konvensional (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v13i1.7569
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0