Pengembangan e-lkpd matematika berbasis liveworksheet dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada siswa smp

Ruhsoh Triyani, Aan Subhan Pamungkas, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa

Sari


Latar belakang penelitian ini adalah keterbatasan pendekatan pembelajaran dalam mengakomodasi kebutuhan siswa yang beragam. Berdasarkan kurikulum merdeka diperlukan strategi pembelajaran yang dapat menyesuaikan gaya belajar dan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) matematika berbasis liveworksheet dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi bagi siswa SMP, dengan memberikan pengalaman belajar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan individu siswa. Liveworksheet merupakan platform digital yang dapat digunakan untuk membuat dan berbagi materi pembelajaran interaktif secara online sehingga dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini adalah E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid atau layak, berdasarkan skor validasi oleh ahli media dan ahli materi yaitu 81,35% yang berada pada kriteria sangat layak. Kemudian berdasarkan hasil persepsi siswa terhadap penggunaan E-LKPD diperoleh skor 85,08% dengan kriteria sangat baik. E-LKPD matematika berbasis liveworksheet dikatakan berhasil yang ditinjau dari kelayakan dan kepraktisan dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, W., & Puri, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Software Liveworksheet Pada Materi Pkn, Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 33.

Apriyantini, N. P. D., & Sukendra, I. K. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan E-LKPD Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 24(1), 55 – 63. https://doi.org/10.5281/zenodo.7813406

Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran STEM dengan Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59–73. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.32135

Arifin, S. (2017). Standar Buku Ajar dan Modul Ajar. Ristekdikti, 1–9.

Asep, K. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya). 112.

BSNP. (2012). Aspek Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik. Jakarta: BSNP.

Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817–5826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme for International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(1), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Iklimah, R.., Santosa, C.A.H.F., & Syamsuri, S. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Geogebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 4 (3), 266-274.

Ismayanti, W., Santosa, C. A. H. F., & Rafianti, I. (2022). Minat Belajar, Efikasi Diri, dan Kemampuan Berpikir Kritis Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 943–952. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2847

Juwana, I. D. P., & Fitriana, A. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 12(2), 76 - 87.

Kartikasari, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Luas bangun Datar kelas IV SDN 3 Talok. Seminar Nasional PGSD Unikama, 4(20), 409–416.

Kemendikbud. (2022). Merdeka Belajar. Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbud RI.

Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 1–6.

Marlini, C. & R. (2019). Praktikalitas Penggunaan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 277– 289.

Mawarni, N., & Sinuraya, J. (2022). Uji Kelayakan E-Modul Berbasis ICARE Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Vektor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 8(2), 5–10.

Milala, H. F., Endryansyah, Joko, & Agung, A. I. (2022). Keefektifan dan Kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Player. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(1), 195–202.

Mulyatiningsih, E. (2018). Model-model Penelitian dan Pengembangan. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahman, S., Iskandar, Z., & Kamaliyah. (2023). Pengembangan E-LKPD Menggunakan Liveworksheet Pada Materi Aritmetika Sosial Dengan Konteks Lingkungan Lahan Basah Untuk Siswa Kelas VII. Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika).

Salsabila, S., Anriani, N., & Santosa, C.A.H.F. (2023). Pengembangan E-Modul Pada Android Menggunakan Kodular Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 8 (1), 1-10.

Santosa, C. A. H. F., I Rafianti, & D Yulistiany. (2022). Worked-Example Method on Mathematical Problem-Solving Ability in term of Students’ Initial Ability. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 13 (2), 210-220.

Saputra, M. A., & Marlina, M. (2020). Efektivitas Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Berkesulitan Belajar. Pakar Pendidikan. 18.

Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003. Departemen Pendidikan Nasional.

Sitti Nuralan, Muh. Khaerul Ummah BK, & Haslinda. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi di SD Negeri 5 Tolitoli. Pendekar Jurnal: Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 13–24. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar

Sri, R., Iskandar, L., Ulfatin, N., Kumala, F. R., & Aminatun, S. (2021). Pengembangan Lkpd Elektronik Pembelajaran Tematik Berbasis High Order Thinking Skill (Hots). Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2).

Sufanti, M., & Santosa, C.A.H.F. (2021). The Influence of Stad Cooperative Strategies (Teaching AIDS and Multimedia Power Points) and Learning Style on Mathematics Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 12 (1), 40-52.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D, (Bandung: Alfabeta).

Supriatna, Siregar, R., & Nurrahma, H. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran Matematika pada Website Liveworksheet di Sekolah Dasar, Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3).

Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.184

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Wartoyo, A. T. (2019). Desain Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui ADDIE Model Untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal PKn Progresif, 11(1), 313–330.

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 682– 689.

Yuri, P., & Masniladevi. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan Dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Of Basic Education Studies, 4(1), 2606.

Yusmawati, Y., Santosa, C.A.H.F., S Suroyo, & K Anwar. (2022). The Effect of Discovery Learning Model with Audio Visual Media on Student Learning Outcomes. Jurnal Basicedu, 6 (1), 789-796.

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2019). Ibm Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. (Online). Jurnal UMM.




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v13i1.7775

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor