Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori kastolan di SMP negeri 3 kombi

March Yakob Manawan, Anekke Pesik, Marvel Grace Maukar

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe-tipe kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMP N 3 Kombi dalam menyelesaikan soal cerita bentuk aljabar menurut teori Kastolan. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes tertulis. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Kombi berjumlah 8 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti, terdapat tiga jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa setelah menyelesaikan soal cerita bentuk aljabar yaitu kesalahan konseptual sebesar 25% atau sebanyak 2 orang siswa, kesalahan Prosedural sebesar 37,5% atau 3 orang siswa, dan kesalahan teknik sebesar 37,5% atau sebanyak 3 orang siswa, faktor penyebab kesalahan adalah siswa tidak mampu memilih dan menerapkan rumus untuk menyelesaikan soal, serta faktor penyebab kesalahan prosedural siswa adalah siswa kesulitan dalam menuliskan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal, dan faktor penyebab kesalahan teknik adalah kurangnya ketelitian, serta siswa tidak mengecek kembali hasil pekerjaannya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, R. (2023). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Segiempat Pada Mata Kuliah Geometri. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 269–275.

Anggraini, D., Yohanie, D. D., & Nurfahrudianto, A. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Menggunakan Teori Pemahaman Skemp. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 58–72.

Annisa, R., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika menggunakan tahapan kesalahan Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 522–532.

Aripin, U. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar segiempat ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematik untuk siswa kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1135–1142.

Aswan, A., Putri, D. E. P., Prayoga, H. A., & Oktavi, N. S. (2024). Analisis Kesalahan Siswa MTs dalam Menyelesaikan Soal-Soal Aljabar Menggunakan Teori Newman. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 9(1), 27–38.

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611–1622.

Azka, C., & Ruli, R. M. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 8–15.

Fitriyah, I. M., Pristiwati, L. E., Sa’adah, R. Q., Nikmarocha, N., & Yanti, A. W. (2020). Analisis kesalahan Siswa dalam menyelesaikan soal cerita koordinat cartesius menurut teori Kastolan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 109–122.

Fujirahayu, A. R., Fitrianna, A. Y., & Zanthy, L. S. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar berdasarkan teori kastolan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(6), 1813–1820.

Harahap, M. A. P. K., Simanjuntak, A. Z., & Wandini, R. R. (2024). Memahami Konsep Kesalahan Siswa Memecahkan Masalah Barisan dan Deret Aritmatika (Sebuah Kajian Pustaka). Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 533–538.

Karouw, A. A. E., Tumalun, N. K., & Monoarfa, J. F. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bentuk aljabar menggunakan prosedur newman. Jurnal Sains Riset, 13(1), 41–46.

Kastolan, K. (1992). Identifikasi Jenis-Jenis Kesalahan Menyelesaikan Soal-Soal Matematika yang Dilakukan Peserta Didik Kelas II Program A1SMA Negeri Se-Kotamadya Malang. Malang: IKIP Malang.

Maharani, I. D., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2024). Analisis Penyebab Kesalahan yang Biasa Terjadi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bilangan Bulat. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1).

Mauliandri, R., & Kartini, K. (2020). Analisis kesalahan siswa menurut kastolan dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar pada siswa SMP. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 107–123.

Meilanawati, P., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswamengerjakan Soal Teori Bilangan Menurut Tahap Kastolan Ditinjau Dari Gender. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2).

Munthe, H. P., Rambe, J. Q., Fadly, M., & Hasibuan, R. C. (2024). Tantangan dan Trobosan Matematika Sebagai Ilmu Hitung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1027–1033.

Nikmah, I. L., Juandi, D., & Prabawanto, S. (2019). Students’ difficulties on solving mathematical problem based on ESD objectives. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3), 032116.

Oktavira, S., & Firmansyah, D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bentuk Aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1307–1318.

Rahayu, S. L., & Murtiyasa, B. (2024). ANALYSIS OF STUDENTS’ERROR IN WORKING ON MATHEMATICS PROBLEMS BASED ON THE CIRCULAR MATERIAL BASED ON KASTOLAN THEORY. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 36–50.

Salsabila, N., & Maya, R. (2021). Analisis kesalahan siswa berdasarkan tahapan kastolan dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar pada siswa smp kelas viii. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1593–1600.

Sari, R. A., & Najwa, W. A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Bulat Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Sekolah Dasar, 6(1), 77–83.

Sudjanta, R. D., Sasmita, R. F. P., & Abdullayev, R. (2024). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Berbasis Teori Kastolan. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA), 3(1), 129–137.

Susilawati, S., Wardono, W., & Waluya, B. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Polinomial Berdasarkan Teori Kastolan. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 578–586.

Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal logaritma menggunakan tahapan kesalahan kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542–550.

Usman, M. R., & Kristiawati, K. (2024). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal dalam Bentuk Aljabar Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau dari Gaya Belajar. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(1), 83–93.

Wea, F. F., & Saputro, M. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Taksonomi Solo. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 49–58.

Wismayanti, N. H., Marsitin, R., & Susilo, D. A. (2024). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Aljabar dengan Tahapan Kastolan. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 6(1), 184–197.

Zakiyah, M. A. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan Aljabar Menurut Teori Kastolan. Prosiding Conference on Research and Community Services, 5(1), 243–253.




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v13i1.7784

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0

slot gacor slot