MEMBANGUN KESADARAN LINGKUNGAN MASYARAKAT PESISIR BERBASIS KONSEP GREEN CONSTITUTION (Studi Kasusdi Kelurahan Makasar Timur Kota Ternate)

Sitirahia Hi. Umar, Wahyudin Noe

Sari


Abstrak. Penelitian ini berangkat dari keprihatinan peneliti melihatkondisi lingkungan hidup Kota Ternate yang masih meninggalkan permasalahan sampah dan limbah rumah tangga di lautkarena rendahnya pemahaman dan kesadaran masyarakat,serta perhatian pemerintah kotaterhadapkelestarian lingkungan hidup. Oleh karena itu, penting untuk memotret lingkungan hidup Kelurahan Makasar Timur Kota Ternate sebagai contoh kasuslingkungan yang membutuhkan perhatian dan upaya penyelesaian dari stakeholer,baik masyarakat, pemerintah kota, aktifis lingkungan maupun akademisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pemerintah kota dan masyarakat dalam membangun kesadaran lingkungan berbasis konsep green constitution. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasilnya menggambarkan bahwa : 1) tingkat pemahaman dan kesadaran masyarakat Kelurahan Makasar Timur dalam menjaga lingkunganhidup relatif sangat rendah; 2) belum optimalnya peran pemerintah kotadalam mengatasi permasalahan lingkungan hidup; serta 3)penataan ruang pemukiman kumuh perkotaan yang belum dituntaskan.

 

Kata Kunci: Kesadaran Lingkungan, Masyarakat Pesisir, Green Constitution


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v3i2.2554

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal Geocivic is Indexed By:
    
  • P ISSN 2301-4334
  • E ISSN. 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, FKIP Universitas Khairun, Ternate-Indonesia
  • Kontak Person: Dr. Rustam Hasyim, M.Hum., M.Pd. Mobile [WA]: +62 813-5600-4080
Office Email: geocivic@unkhair.ac.id
Office editor: Jalan. Bandara Baabullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728

============================================================================================================

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.