PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN SIKAP DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 7 KOTA TERNATE

Rovika I Talib, Irwan Djumat, Nani Rajaloa

Sari


Tujuan penelitian yang hendak dicapai peneliti yaitu (1) Untuk mengetahui proses penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan sikap disiplin dan tanggung jawab peserta didik di SMP Negeri 7 Kota Ternate, (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan sikap disiplin dan tanggung jawab peserta didik di SMP Negeri 7 Kota Ternate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan analisis data adalah reduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan hasil penelitian.
Hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa (1) Penerapan pendidikan karakter melaluipembiasaan sikap disiplin dan tanggung jawab di SMP Negeri 7 Kota Ternate bekerja sama dengan semua elemen sekolah yang terkait, mulai dari kebijakan kepala sekolah, suri teladan seorang guru dan staf, serta peserta didik sebagai pelaksana pendidikan karakter itu sendiri. (2) Faktor penghambat dan pendukung, yang menjadi faktor penghambat yaitu berkurangnya pemahaman peserta didik tentang sikap disiplin dan tanggung jawab sehingga ada sebagian peserta didik yang sering dan ke sekolah tidak tepat waktu dan mengumpulkan tugas tidak tepat waktu karena berkurangnya rasa tanggung jawab pada diri peserta didik tersebut dan masih terdapat peserta didik yang malas untuk beribadah, faktor pendukung yaitu sekolah mempunyai motivasi besar untuk melahirkan alumni yang berakhlak mulia sehingga sekolah menguatkan pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah untuk diterapkan dengan sungguh-sungguh dan adanya sarana prasarana yang menunjang penerapan pendidikan karakter serta dukungan dari orang tua peserta didik.


Kata Kunci


Pendidikan Karakter, Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 1990. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azzah, Huria, Safira. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin, Tanggung Jawab, dan Kreatif Selama Pembelajaran Jarak Jauh Kelas VI SDN Ceger 02. Jakarta: Universtitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Febrina, Evananda, Ibrahim, Bafadal & Ahmad, Yusuf, Sobrih. 2018. Studi Kasus Implementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dolan. Jamp: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, Volume 1, Nomor 3 September.

Ilyas. 2016. Pendidikan Karakter melalui Homeschooling. Journal Of Nonformal Education Vol. 2 No.1.

Indah, Pertiwi & Masigit. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika SMP di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.

Lestari, Desi. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negeri 115 Selum. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri.

Mariani. 2019. Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Sungguminasa. Makassar: Universitas Muhammadiyah.

Mohamad, Mustari. 2014. Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Mulyasa, E. 2013. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuh, Mohammad. 2013. Menyemai Kreator Peradaban: Renungan tentang Pendidikan, Agama, dan Budaya. Jakarta: Zaman.

Nuriyatun, Dwi, Puji. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di SD Negeri 1 Bantul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurrahmat, Alfia. 2021. Menjadi Guru Profesional dan Inovatif dalam Menghadapi Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jakarta: UAD Press.

Prastowo, Andi. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Saputra, Hadi, Hardika. 2019. Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Kafir Bersarung Karya Reza Nurul Fajri. Kudus: Institut Agama Islam Negeri Kudus.

Septiarini, ddk. 2022. Menerapkan Sikap Disiplin di Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi, R&D. Bandung: Alfabeta.

Tsauri, Sofyan. 2015. Pendidikan Karakter Peluang dalam Membangun Karakter Bangsa. Jember: IAIN Jember Press.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v6i2.7268

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal GeoCivic is Indexed By:
        Web AnalyticsJurnal GeoCivic
  • P-ISSN: 2301-4334
  • E-ISSN: 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, Maluku Utara, Indonesia
  • Contact Person: Irham Wibowo, S.H., M.H. Mobile [WA]: +62 899-4141-485
Office E-mail: alexbowo94@gmail.com
Office Editor: Jalan Bandara Babullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate 97728

============================================================================================================

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

============================================================================================================

Flag Counter