PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYUSUN TEKS FACTUAL REPORT PADA SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 1 KOTA TERNATE TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RUGAYA A. MANAN

Sari


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Kota Ternate tahun pelajaran 2016/2017 melalui penggunaan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes tertulis yang dilakukan pada pertemuan kedua di setiap siklusnya. Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 25%, setelah dilaksanakan siklus I dengan model think pair share persentase ketuntasan kemampuan belajar siswa sebesar 62% kemudian pada tindakan siklus II, ketuntasan kemampuan belajar mencapai 91%. Penggunaan model Think Pair Share juga dapat meningkatkan indikator kemampuan belajar siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2016/2017. Indikator kemampuan belajar siswa terdiri dari kognitif, afektif dan psikomotor. Pada siklus I indikator kemampuan belajar siswa memperoleh skor akhir 63%, artinya indikator kemampuan belajar siswa berada pada kriteria baik. Pada siklus II skor akhir indikator kemampuan belajar siswa mencapai 89% sehingga berada pada kriteria sangat baik.

 

Kata Kunci:   Think Pair Share, Kemampuan belajar Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.