PENGARUH PENAMBAHAN DOSIS TEPUNG WORTEL (Daucus corata L) YANG BERBEDA PADA PELET TERHADAP PENINGKATAN WARNA PADA IKAN KOMET (Carrasius auratus)

Amir Umalekhay, fatma Muchdar, Nursanti Abdullah

Sari


Ikan komet (Carrasius auratus) merupakan ikan hias air tawar yang banyak diminati oleh masyarakat karena bentuk tubuhnya yang lucu, gerakannya yang lincah dan memiliki warna yang indah hingga digemari oleh masyarakat dengan demikian ikan komet mampu menghilangkan stres. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan dosis tepung wortel (Daucus corata L) yang berbeda pada pellet terhadap peningkatan warna pada ikan komet (Carrasius auratus). Penelitian ini dilaksanakan pada 12 agusus- 11 oktober 2019, yang bertempat di Laboratorium Basah Kastela, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Khairun Ternate. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu melakukan pengamatan pada warna tiap minggu selama 2 bulan dengan menggunakan lima orang panelis, metode pengamatan yaitu mencocokkan warna ikan dengan alat pengukur warna yaitu TCF (Toca colour finder) dengan menggunakan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan A (89 % Tepung Takari, 11 % Tepung Wortel), Perlakuan B (87 % Tepung Takari, 13 % Tepung Wortel), Perlakuan C (85 % Tepung Takari, 15 % Tepung Wortel) dan Perlakuan D sebagai kontrol (100 % Tepung Takari dan 0 % Tepung Wortel). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan warna yang tertinggi terdapat pada perlakuan C (15 % tepung wortel).
Kata Kunci : Ikan Komet, Tepung Wortel dan Warna

Teks Lengkap:

35-47

Referensi


Antono, D.R. 2010 Perubahan Warna Ikan Maskoki (Carassius auratus) yang Diberi Pakan Berkaratenoid Dengan Lama Pemberian Berbeda. [Skripsi]. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Arisman. 2004. Gizi dalam Daur Kehidupan: Buku Ajar Ilmu Gizi. Penerbit Buku Kedokteran ECG, Jakarta: xv + 232 hal.

Bachtiar, Y. 2002. Mencermelangkan Warna Koi. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Barus RS., Usman., S dan Nurmatias, 2014. Pengaruh Konsentrasi Tepung Spirulina pada Pakan Terhadap Peningkatan Warna Ikan Mas Koki (Carrasius auratus). Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Pertanian. Universitas Sumatra Utara

Boyd, C.E., 1979. Water Quality in Warmwater Fish Pond. Craft Master Printers Inc, Alabama.

Daelami.2001.Usaha Pembenihan Ikan Hias Air Tawar. Penebar swadaya. Jakarta.

Daelami.2001.Usaha Pembenihan Ikan Hias Air Tawar. Penebar swadaya. Jakarta.

Effendie, M. I. 2003. Metode Biologi Perikanan. Yayasan Dewi Sri. Bogor. 112. hlm.

Effendie, M. I. 2003. Metode Biologi Perikanan. Yayasan Dewi Sri. Bogor. 112. hlm.

Evan, D. H. 1993. The Physiology of Fishes. CCR Press. London.

Indarti, S, Muhaemin, M dan Hudaidah, S., 2012. Modified Toca Colour Finder (M-TCF) dan Kromatofor sebagai Penduga Tingkat Kecerahan Warna Ikan Komet (Carassius auratus).

Kottelat, M.A.J. Whitten., S.N. Kartika Sari and S. Wirjoatmodjo. 1993. Ikan Air Tawar Indonesia Bagian Barat dan Sulawesi.

Latscha, T. 1990. Carotenoids Their Nature and Significance In Animal Feeds. F. Hoffman-La Roche ltd. Switzerland.

Lesmana, D. S dan Satyani. 2002. Agar Ikan Hias Cemerlang. Penebar Swadaya. Jakarta.

Lesmana, D.S. 2001. Kualitas Air untuk Ikan Hias Air Tawar. Penebar Swadaya. Jakarta.88 Halaman.

Mara, K. I. 2010. Pengaruh Penambahan Karotenoid Total dari Bakteri Fotosintetik Anoksigenik pada Pakan untuk Perbaikan Penampilan Ikan Pelangi Merah (Glossolepis insicus) Jantan [Skripsi]. Universitas Padjajaran. Bandung.

Moyle, P.B. and J.J. Cesh. 1988. Fishes: An Introduction to Ichthyologi. 2nd ed. Prentice Hall, Englewood Chiffs, New Jersey: xiv + 557 hal.

Nurrahma,2018. Peningkatan Kualitas Warna Pada Ikan Komet (Carassius Auratus) Dengan Pemberian Dosis Tepung Wortel Yang Berbeda, Jurnal Penelitian, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau, Pekan Baru:7-8 hal.

Said, S.D. Supyawati, W.D., dan Noortiningsih. 2005. Pengaruh Jenis Pakan dan Kondisi Cahaya terhadap Penampilan Warna ikan Pelangi Merah (Glossolepis incises) Jantan. Jakarta. Fakultas Biologi. Universitas Negeri Jakarta.

Sally. E. 1997. Pigmen Granula Transport in Chromathopores. Departemen of Biologi Buckell University. Lewisbrug.

Satyani, D.2005. Kualitas Air Untuk Ikan Hias Air Tawar. Penebar Swadaya. Jakarta.

Wayan, S. 2010. Peningkatan Warna Ikan Rainbow Merah (Glossolepis incisus) Melalui Pengkayaan Karatenoid Tepung Kepala Udang dalam Pakan. Jurnal Iktiologi Indonesia. 10 (1) : 1–9.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.