UJI LC50 (LETHAL CONCENTRATION 50) EKSTRAK KASAR AKAR TUBA (Derris elliptica) TERHADAP BENIH IKAN NILA (Oreocromis niloticus)

Faisal A Rahayaan, Muhammad Aris, Sudirto Malan

Sari


Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan salah satu komoditas ikan budidaya yang populer termasuk di negara Indonesia. Ekstrak akar tuba ( Derris elliptica ) merupakan bahan alternatif yang mudah digunakan dan tidak mahal karena mudah memproduksinya. Ekstrak akar tuba mengandung senyawa retonone yang sudah dikenal sebagai bahan pembius ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari ekstrak akar tuba (Derris elliptica) LC50 (lethal konsentration) terhadap mortalitas benih ikan nila (Oreochromis nilaticus) dengan dosis yang berbeda terhadap waktu yang dibutuhkan dalam menentukan LC50. Manfaat penelitian. Diharapkan dapat memberikan informasi mengenai kandungan toksik/racun dari ekstrak akar tuba ( Derris elliptica ) terhadap benih ikan nila (Oreocromis nilaticus). Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL). Dengan dosis 2ppm, 4ppm, 6ppm, dan 8ppm dengan ukuran ikan 10cm, berat 20gr. Hasil pemberian ekstrak akar tuba dapat memberikan pengaruh pada ikan nila dengan hasil dosis 2ppm mempunyai nilai waktu yang sangat lama berbeda dengan dosis 4ppm, 6ppm, dan 8ppm yang nilai waktu didapatkan sangat cepat, bersamaan juga terdapat perubahan respon dan tingkah laku pada benih ikan nila (Oreochromis niloticus). Kesimpulan Pemberian ekstrak akar tuba memberikan berpengaruh pada respon dan tingkah laku dan tingkat mortalitas benih ikan nila untuk menentukan LC50 (lethal konsentration).
Kata kunci : ekstrak akar tuba (Derris elliptica), ikan nila (Oreochromis niloticus), nilai LC50.

Teks Lengkap:

48-57

Referensi


Afrianto, E., dan E. Liviawaty. 2005. Pakan ikan. Kanisius. Yogyakarta.

Ashuri W. C.. 2016. Model Segmentasi dan Prospek Usaha Budidaya Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Di Kawasan Pertambakan Pesisir Utara Jawa Barat.

Bachtiar, Y. Dan Tim Lentera. 2002. Pembesaran Ikan Mas Di Kolam Pekarangan.

Boyd, CE. And F. Lichtkoppler, Water Qualiti Management In Pond Fish Culture, Auburnd University, Auburn.

Camporesi, E. M. Dan M. Pawlinga. 1994. Buku Tes ilmu Bedah. Binarupa Askara.

Gamalael CR.,. 2006. Pengaruh Penggunaan Anestesi Ekstrak Akar Tuba ( Derris elliptica ) dengan Dosis Berbeda Dalam Sistem Tranportasi Ikan Mas.

Effendi H. 2003. Telaah Kualitas Air bagi Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan Perairan.Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Extoksnet.orst.edu, 1996. Pesticide Information Profiles. Rotenone. http://ekstoksnet.orst.edu/pips/rotenone.htm.

Grace PA, Borley NR. 2007. At a Glace ilmu bedah. Umami V, penerjemah Safitri A, editor. Jakarta (ID): Penerbit Erlangga. Terjemahan dari: Surgery at a Glance Ed ke-3

Irianto A. 2005. Patologi ikan teleostei. Yogyakarta, Gadjah Mada University

Ismandji, I., Widato, N. Djazuli dan D. Budianto., 1995. Laporan Pengembangan Transpotasi ikan Nila Hidup Dengan Cara Pemingsanan. Balai Bimbingan Dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan.

Junianto. 2003. Teknik Penanganan Ikan. Penebar Swadaya.

Khairuman dan Amri, Khairul, 2007. Budidaya Ikan Nila Secara Intensif.

KKP. 2016. Laporan Kinerja Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Kazemi, M., Tahmasbi, A.M., Valizadeh, R., Naserian, A.A dan Soni A., 2012. Organophosphate Pesticides.

Kordi, M.G.H. dan A.B. Tancung. 2007. Pengelolaan Kualitas Air.

Kordi M. 2010. Buku pintar pemeliharaan 14 ikan air tawar ekonomis di keramba jaring apung.

Meidiwarman. 2003. Uji Toksitas Ekstrak Akar Tuba (Derris elliptica L.) Terhadap Mortalitas Walang Sangit. (Leptocorixa acuta T.).

Nabib, R. Dan F. H. Pasaribu. 1989. Patologi dan Penyakit Ikan. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Diktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Pusat Antar Universitas Bioteknologi Institut Pertanian Bogor.

Puspito G. 2010. Pembiusan ikan. Bogor (ID): Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB.

Pratama, 2009. Morfologi Ikan Nila. Airlangga. Jakarta.

Rukmana, R. 1997. Ikan Nila, Budidaya dan Prospek Agribisnis. Yogyakarta : Kanisius.

Sagita TF, Sulmartiwi L, Rahardja BS. 2008. Penggunaan zeolit dengan dosis dan waktu pengamatan berbeda terhadap sintasan benih ikan mas (Cyprinus carpio L) dan perubahan parameter kimia air media transportasi sistem tertutup.

Samsuhidayat, SS. Dan J.R Hutapea 1991. Infentarisasi Tanaman Obat Indonesia. Departemen Kesehatan RI. Balai Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan.

Sukmiwati M Dan Ira sari N 2005. Pengaruh Kosentrasi Ekstrak Biji Karet (Havea brancilliensis Muel, ARG) Sebagai Pembius Terhadap Aktivitas dan Kelulusan Hidup Ikan Mas (Cyprinus carpio, L) Selama Transportasi.

Supryanto, Haryadi, Rahardjo B, Marseno DW. 2007. Perubahan suhu, kadar air, warna, kadar polifenol, dan aktifitas antioksidatif selama penyangraian dengan energi gelombang mikro.

Setiawan D. 2004. Pengaruh Penggunaan Anestesi Midazolam Dengan Dosis Yang Berbeda Dalam Siste Transpotasi terhadap Lama Pingsan dan Waktu Pulih Sadar Benih Ikan Nila (Oreocromis nilaticus).

Susanto, H. 1996. Koi. Penebar Swadaya.

Susanto, U. 1996. Limbah Bahan Ransum Unggas yang Rasional. Bharata Karya Angkasa, Jakarta.

Sastrodihardjo, S 1984. Pengantar Entomologi. Institut Pertanian Bogor.

Suwandi R, Novriani A, Nurjana.. 2008. Aplikasi rak dalam wadah penyimpanan untuk transportasi lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) tanpa media air. Buletin Teknologi Hasil Perikanan.

Star F., K. And L. Loope, 2003. Derris elliptica. United state geological survey-biological resources division. Halaecala field station.

Sneddon L. U. 2012. Clinical anesthesia and analgesia in fish – review. Exotic Pet Medicine.

www.chm.bris.ac.uk,2003. Rotenone As a piscicide. www.chm.bris.ac.uk.

Wright G.J, Hall L.W.1961. Veterinary Anesthesia and Analgesia. London: Baillere, Tindal and cox.

Yudianto, I, 1999. Perbandingan Efektifitas Insektisida Ekstrak Akar Tuba (Derris elliptica) COUMAPHOS dan CARBARYL Terhadap TUNGAU (Dermanyssus gallilei). SKRIPSI. Fakultas Kedokteran Hewan. Universitas Airlangga Surabya.

Zonneveld, N., E. A. Huisman, dan J. H. Boon. 1991. Prinsip-prinsip Budidaya Ikan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.