STRATEGI KOMUNIKASI KAMPANYE SMILING WEST JAVA MOJANG JAJAKA JAWA BARAT 2019 SEBAGAI DUTA PARIWISATA

Tanti Nur, Evi Novianti, Priyo Subekti Priyo, Shandra Rama Panji Wulung

Sari


Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi kampanye SmilingWest Java Mojang Jajaka Jawa Barat 2019 sebagai Duta Pariwisata. Sekarang ini tiap daerah membutuhkan seorang Duta sebagai jembatan antara perwakilan daerah dengan publiknya dan untuk membantu mengkampanyekan pariwisata yang dimiliki oleh tiap daerah masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami strategi komunikasi kampanye SmilingWest Javayang dilakukan oleh duta pariwisata Mojang Jajaka Jawa Barat 2019 mengenai kampanye yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data primer dan data sekunder berupa wawancara mendalam dengan narasumber internal dan ahli. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan model Miles &Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, maka diketahui bahwa strategi komunikasi kampanye SmilingWest Java yang dilakukan Duta Pariwisata Mojang Jajaka Jawa Barat 2019 dilaksanakan dengan cara strategi komunikasi kampanye melalui tatap muka langsung, mengadakan kegiatan Gelar Ekonomi Kreatif (Gekraf),Festival Kepariwisataan, juga dilakukan melalui teknologi media sosial dengan mengunggah foto ataupun video mengenai kepariwisataan di media instagram. Pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa objek pariwisata yang ada di Jawa Barat merupakan suatu keunggulan dan andalan yang dimiliki oleh Jawa Barat


Kata Kunci


Duta Pariwisata, Komunikasi Persuasi, Komunikasi Kampanye SmilingWest Java

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, D. P., & Wijaya, A. (2020). Peran Paguyuban Duta Wisata “Sekargading†dalam Mengembangkan Pariwisata di Kabupaten Batang. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development,1(1).

Apit. (2019). Disparbud dan Paguyuban Mojang Jajaka Jabar Gelar Produk Ekonomi Kreatif. https://www.radarbandung.id/2019/10/19/disparbud-dan-paguyuban-mojang-jajaka-jabar-gelar-produk-ekonomi-kreatif/

Berger, C. R., Roloff, M. E., & Ewoldsen, D. R. (2010). The handbook of communication science. Sage Publications.

Burgoon, J. K., Guerrero, L. K., & Floyd, K. (2016). Nonverbal communication. Springer.

Candra, K. (2020). STrategi Duta Wisata dalam Mempromosikan Pariwisata di Kabupaten Kerinci. Jurnal Administrasi Nusantara Mahasiswa (JAN Maha), 2(6).

Dinillah, M. (2019). Disparbud Jabar Gandeng Mojang Jajaka Perbanyak Pengusaja Milenial.https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4733710/disparbud-jabar-gandeng-mojang-jajaka-perbanyak-pengusaja-milenial

Effendy, O. U. (2014). Komunikasi Teori dan Filsafat. In Citra Aditya. Remaja Rosdakarya.

Effendy, U. O. (2003). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. PT. Remaja Rosdakarya.

Gregory, A. (2004). Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public Relations. Erlangga.

Haryadi, D. (2019). Disparbud Jabar Gandeng Moka Dorong Entrepreneurship Milenial. https://ayobandung.com/read/2019/10/04/65928/disparbud-jabar-gandeng-moka-dorong-entrepreneurship-milenial

Heath, R. L. (2005). Encyclopedia of Public Relations Campaigns. Kogan Page.

Ida. (2019). West Java Festival 2019 Angkat Branding Smailing West Java. https://www.beritainspiratif.com/west-java-festival-2019-angkat-branding-smailing-west-java/

Karnawati, R. A., & Seruni, A. P. (2018). Inovasi Bahan Ajar Bahasa Jepang Pariwisata Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Bahasa Jepang Mahasiswa Stp Trisakti Jakarta. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 23(3).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing.

Larson, C. (2012). Persuasion: Reception and responsibility. Nelson Education.

MELUMPI, M. H. (2018). Peran Duta Wisata Ongga Bale Kabupaten Poso Dalam Memajukan Edukasi Pariwisata Di Era Globalisasi. https://doi.org/10.31227/osf.io/dsbaf

Nainggolan, Y., Zaini, M., & Althalets, F. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram untuk Menunjang Peran Duta Wisata 2016-2017 dalam Mempromosikan Pariwisatadi Kalimantan Timur. EJournal Ilmu Komunikasi, 6(3).

Novianti, E. (2019). TeoriKomunikasi Umum danAplikasinya. Andi.

Novianti, Evi, & Wulung, S. R. P. (2020). Implementasi Komunikasi Daring dalam Menunjang Jawa Barat sebagai Destinasi Pariwisata Cerdas. Jurnal Komunikasi, 12(1), 53–63. https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/6971

Nur’rianti, R. K., & Puspitasari, C. (2020). Peran Busana dalam Penugasan Duta Wisata Aceh (Agam Inong). EProceedings of Art & Design.

Nur, T., Setianti, Y., & Novianti, E. (2019). Penyelenggaraan Pasanggiri Mojang Jajaka Dalam Mengetahui Personal Branding Mojang Jajaka Untuk Mempromosikan Pariwisata Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 9(2), 56–64. https://doi.org/10.34010/jipsi.v9i2.2465

Pamungkas, W. W. (2019). Gelar Produk, Disparbud Jabar Berdayakan Mojang Jajaka. https://bandung.bisnis.com/read/20191004/549/1155609/gelar-produk-disparbud-jabar-berdayakan-mojang-jajaka

Paul, K. M., Pasoreh, Y., & Waleleng, G. J. (2017). Peranan Duta Pariwisata Randa Kabilasa dalam Mempromosikan Potensi Wisata Kota Palu. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 6(1).

Riyani, U. E. (2015). Duta Pariwisata Penting Tingkatkan Pariwisata. https://lifestyle.okezone.com/read/2015/05/11/406/1148010/duta-wisata-penting-tingkatkan-pariwisata

Ruslan, R. (2007). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. PT. Raja Grafindo Persada.

Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi (R. Pers (ed.)).

Samovar, L. A., McDaniel, E. R., & Roy, C. S. (2014). Intercultural communication: {A} reader. Cengage Learning.

Satriawan. (2013). Hakikat Pemilihan Duta Wisata. Cendana Offset.

Stiff, J. B., & Mongeau, P. A. (2016). Persuasive communication. Guilford Publications.

Sugiarto, D., & Hikmawati, A. (2019). Bangka Tour Guide Training: Be A Confidence Future Tourism Ambassador. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3).

Synder, L. B. (2002). Kampanye Public Relations.




DOI: https://doi.org/10.33387/humano.v12i2.3763

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Journal NameHUMANO: Jurnal Penelitian
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun
AddressJalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailhumano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/humano

Flag Counter

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.