ANALASIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA CAFE ENZYME PALOPO

Raznilawati Raznilawati

Sari


ABSTRAK. Tujuan penelitian mengetahui strategi pemasaran apa yang digunakan Café Enzyme Palopo selama ini. Hasil penelitian menunjukkan (1) Total bobot untuk faktor kekuatan 1,3, faktor kelemahan 0,9, faktor peluang adalah 1,2, dan faktor ancaman 1. Rating setiap jawaban dari responden pada faktor kekuatan dan peluang berada pada rating 3 dan 4. Sedangkan rating jawaban dari responden pada faktor kelemahan dan ancaman berada pada rating 3 dan 2. Hal ini menunjukan bahwa faktor peluang dan kekuatan yang terdapat pada pada Café Enzyme Palopo berpengaruh besar terhadap penjualan Pada Café Enzyme Palopo yang mereka jalankan dan faktor kelemahan dan ancaman berpengaruh terhadap usaha tersebut, tetapi pengaruh yang ditimbulkan tidak secara menyeluruh, (2) Faktor peluang dan kekuatan yang sangat berpengaruh terhadap usaha ini meskipun ancaman dan kelemahan yang selalu ada dalam usaha ini, (3) Strategi  yang digunakan pada Café Enzyme Palopo strategi Analisis Swot, dimana dalam strategi ini pelaku usaha diharapkan agar bisa mempertahankan keadaaan usaha yang sudah mulai berkembang.

 

Kata Kunci: Strategi; Pemasaran; Volume penjualan; Café Enzyme

 

ABSTRACT. The purpose of the study to know what marketing strategy used Café Enzyme Palopo for this. The results show (1) Total weight for power factor 1,3, weakness factor 0,9, opportunity factor is 1,2, and threat factor 1. Rating every answer from respondent on power factor and opportunity is in rating 3 and 4. While the rating of respondents on the factors of weakness and threat is in the rating 3 and 2. This shows that the opportunity and strength factors that exist in Café Enzyme Palopo have a big effect on sales At Café Enzyme Palopo that they run and the weakness and threat factors affect the business, but the effect is not entirely, (2) The factors of opportunity and strength are very influential in this business despite the threats and weaknesses that always exist in this business, (3) The strategy used in the Café Enzyme Palopo Swot Analysis, strategy, where in this strategy the business is expected to maintain the business state which has begun to develop.

 

Keywords: Strategy; Marketing; Sales volume; Café Enzyme

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Buchari, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung,

Alfabeta.

American Marketing Association, 2003. Marketing of Banking Product. City Land Press, USA.

Anshary, 2004. Strategi Pemasaran dalam Peningkatan Kepuasan Pelanggan. Bandung: Penerbit Angkasa.

Assauri, Sofyan, 2003. Manajemen Pemasaran. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Assauri, Sofyan, 2005. Manajemen Pemasaran Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Assael, Henry., 2003. Consumer Behavior and Marketing Action, Fourth Edition, PWS Kent Publishing Company, Boston.

Bahri, 2005. Strategi Pemasaran Produk dan Jasa. Penerbit Prehanlindo, Jakarta.

Bearden, 2003. Marketing Strategy in Satisfied of Customer. Jakarta: Elex Media Komputindo

Buchari, 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alphabeta, Bandung.

Cahyono, 2003. Pemasaran Produk dan Jasa Perhotelan. Tarsito, Bandung.

Cravens, Donald, 2004. Market Leader and Advertising Promotion. Prentice Hall, Ohio University Press, USA.

Kotler, Philip, 2009. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol.Edisi 9 PT. Prenhallindo, Jakarta.

Guiltinan, Joseph P dan Paul Gordon, Alih Bahasa Agus Maulanan, 1992. Manajemen Pemasaran : Strategi dan Program. Jakarta : Erlangga.

Komarudin, 1997, Ensiklopedia Manajemen, Bandung, Alfabeta

Pride, William.M dan O.C Ferell,1995,Pemasaran Teori dan Praktek Sehari –hari,Jakarta:Penerbit Binarupa aksara.

Nitisemito, Alex, S. 2003, Manajemen Personalia, Edisi kedua, Ghalia Indonesia, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33387/humano.v8i1.483

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Journal NameHUMANO: Jurnal Penelitian
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun
AddressJalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailhumano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/humano

Flag Counter

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.