SAORAJA SAWITTO SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN UNTUK MEMBANGUN KESADARAN SEJARAH
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afrillyan Dwi Syahputra, Muhammad. Dkk. 2020. Peranan Penting Sejarah Lokal Sebagai Objek Pembelajaran Untuk Membangun Kesadaran Sejarah. HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 4(1), 85-94.
Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta. Ombak
Amir, Muhammad (2013) Konfederasi Ajatapareng Kajian Sejarah Persekutuan Antar Kerajaan di Sulawesi Selatan Abad ke-16. Makassar. De La Macca.
Amir, Muhammad. (2018). Perlawanan Sawitto Terhadap Belanda Di Sulawesi Selatan Pada 1905-1906. WALASUJI. 9 (1). 1-21.
Azaryahu, M., & Foote, K. E. (2008). Historical space as narrative medium: on the configuration of spatial narratives of time at historical sites. GeoJournal, 73(3), 179-194.
Buana, Muhla Ardi. 2015. Pemanfaatan Sumber Sejarah Yang Ada Di Kota Jepara Oleh Guru Sejarah SMA N 1 Tahunan Jepara Kelas XI Dan XII Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.
Farida, N. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Cakra Books.
Hendrayana. 2009. Sejarah 1 : Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah Jilid 1. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Isjoni. (2007). Pembelajaran Sejarah Pada Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kartodirjo, S. (1993). Pendekatan Ilmu sosial dalam metodologi sejarah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Lazmihfa, dkk. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Sejarah (Modul) Berbasis Diorama Museum Benteng Vredeburg Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta. Jurnal Historika. 15 (2), 71-82.
Lestari, Inayah Dewi. (2011). Efektifitas Pemanfaatan Situs-Situs Sejarah Di Banjarnegara Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah Pada SMAN 1 Banjarnegara dan SMAN 1 Bawang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Nababan, S. A., Agung, L., & Yamtina, S. (2019). Pemanfaatan Situs Kota Cina Sebagai Sumber Permbelajaran Sejarah Lokal di Kota Medan. Jurnal ekonomi, sosial & humaniora, 1(4), 49-55.
Notosusanto, N. (1985). Mengerti Sejarah. Jakarta: UI-Press.
Patiung, Mirawaty. 2022. Situs Londa Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Lokal Di Kabupaten Toraja Utara. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar.
Rahman, Arif. 2017. Pemanfaatan Situs Sejarah sebagai sumber belajar di Ma Alma’arif Singosari Kabupaten Malang. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sudarwani, Margareta. (2015). Karakter fisik dan non fisik gang baru pecinan semarang. Neo Teknika, 1(1). 352.
Suryadi. (2012). Pendidikan, Investasi SDM, dan Pembangunan: Isu, Teori, dan Aplikasi untuk Pembangunan Pendidikan dan Sumber Daya Manusia Indonesia. Bandung: Widya Aksara Press.
Syahputra, dkk. 2020. Peranan Penting Sejarah Lokal Sebagai Objek Pembelajaran Untuk Membangun Kesadaran Sejarah. HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah. 4(1), 85-94.
Tim Pengajar Jurusan Pendidikan Sejarah. (2018). Pengantar Ilmu Sejarah. Makassar: Tim Pengajar.
Wasino. 2009. Dari Riset Hingga Tulisan Sejarah. Semarang: Unnes Press.
Widja, I Gede. 1991. Sejarah Lokal Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Bandung : Angkasa.
Widja, I Gede.1989. Dasar- dasar Pengembangan Strategi serta Metode Pengajaran Sejarah . Jakarta: DepdikBUD Dirjen Dikti PPLPTK.
DOI: https://doi.org/10.33387/humano.v14i1.6072
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Journal Name | HUMANO: Jurnal Penelitian |
Print ISSN | 1978-6115 |
Elektronik ISSN | 2597-9213 |
Publisher | Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun |
Address | Jalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara |
Country | Indonesia |
humano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com | |
URL | https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index |
DOI | http://doi.org/10.33387/humano |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.