PENGARUH PERAN PEMERINTAH DAN KREDIT MODAL TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19
Sari
                     ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh peran pemerintah dan kredit modal terhadap peningkatan pendapatan UMKM di kota ternate pada masa pandemi covid-19 di Kota Ternate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan mengunakan model regresi linear berganda dengan bantuan alat analisis SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Peran pemerintah mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM di Kota Ternate. 2. Kredit modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM di Kota Ternate. 3. Secara simultan variabel peran pemerintah dan kredit modal bersama-sama mempengaruhi pendapatan UMKM di Kota Ternate dengan nilai R2 (R Square) 0,762% atau 76%.
Kata kunci: Peran Pemerintah, Kredit Modal, Pendapatan UMKM
JEL Codes : I28, E64
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adiwimarta. Sri Sukesi dkk. 2011. Pemanfaatan Media Sosial Facebook dan Instagram Dalam Promosi Produk Ketan Talam Durian pada Rumah Kue Viera di Pekanbaru. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.
Arief Rahmana. 2009. Peranan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) Yogyakarta, 20 Juni 2009. ISSN: 1907-5022
Aufar,Arizali. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM (Survei Pada Perusahaan Rekanan PT. PLN (Persero) di Kota Bandung)
Badan Pusat Sta tistik (BPS). “maluku utara Dalam Angka 2019â€. Katalog BPS 1102001.1375 diakses dari
http://www.bps.go.id/, diakses pada tanggal 2 Februari 2019 pada jam 19.37 WIB
Purwanti, Endang. 2008. Pengembangan Model Pendanaan UMKM Berdasarkan Persepsi UMKM. Jurnal Keuangan dan Bisnis, Vol.5 (1): 30-40.
Azizah, Fadilah Nur. 2020. Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian Selama Pandemi Covid-19 Pada Saat New Normal. Jurnal of Economics, Vol. 5, No. 1.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Ghozali,2013).
Gujarati, Damodar. 2003.Ekonometrika Dasar. Terjemah Sumarno Zein. Jakarta:
Nuramelia, Indriyo. 2014. Strategi pengembangan UMKM Berbasis Sinergi Bisnis, dalam Makalah yang disampaikan pada seminar peran perbankan dalam memperkokoh ketahanan nasional kerjasama Lemhanas RI dengan BRI.
Siti Turyani M. 2019. Manajemen Strategik Pengantar Berpikir Strategik : Formulasi, Implementasi dan Pengendalian Jilid I. Jakarta : Binarupa Aksara.
Subanar, Harimurti. 2001. Managemen Usaha Kecil. (Yogyakarta:BPFE Yogyakarta).
Sukirno, Sadono. 2002. Pengantar Teori Makroekonomi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Rahni Rosita, 2020. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi pada Batik Diajeng Solo), dalam (Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 29 No.1
Suradinata dalam Fatih 2014. “Tingkatkan Persaingan Usaha di Dunia Digital, Dinas Koperasi Gelar Sosialisasi UKMâ€. https://balieditor.com/tingkatk anpersaingan-usaha-di- dunia-digital dinas koperasi gelarsosialisasi-ukm/.
Tambunan, 2013. Pengaruh Media Sosial Terhadap Penjualan Produk Camilan Lokal Secara Online. Buletin Bisnis & Manajemen. Vol. 03, No. 01. Fakultas Ekonomi. Universitas Kristen Surakart.
DOI: https://doi.org/10.60201/jepa.v12i1.5158
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Pembangunan