PENGARUH CITRA MEREK DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Evi Ririn Hasan, Sulfi Abdul Haji, Safri Panigoro

Sari


This study aims to determine the influence of Brand Image and Celebrity Endorser on Purchasing Decisions Mediated by Brand Trust (Case Study of Scarlett Whitening Skincare Users in Ternate City). This research is quantitative research. The population in this study were Scarlett Whitening
Skincare users, especially in Ternate City. The number of samples in this research was 112 respondents. The data analysis technique used in this research is using Smart Partial Last Square (PLS) version 4 as a statistical test tool.The results of this research show that: (1) Brand Image has no significant effect on Purchasing Decisions, (2) Celebrity Endorsers have no significant effect on Purchasing Decisions, (3) Brand Image has a positive and significant effect on Brand Trust, (4) Celebrity Endorsers have a positive effect and significant influence on Brand Trust, (5) Brand Trust has a Positive Influence on Purchasing Decisions, (6) Brand Image has a Positive and Significant Influence on Purchase Decisions mediated by Brand Trust, (7) Celebrity Endorsers have a Positive and Significant Influence on Purchase Decisions mediated by Brand Trust

Keywords: Brand Image, Celebrity Endorser, Purchase Decision, and Brand Trust


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amilia, Suri & M. Oloan Asmara Nst.2017. “Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk

terhadap Keputusan Pembelian Handphone Meek Xiaomi di Kota Langsa, “Jurnal

Manajemen dan Keuangan, 1 (5), 660-669

Ariwidodo, B. (2009). Studi Mengenai Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian

Jasa Pendidikan Pasca Sarjana (Studi Kasus Program Pascasarjana Magister Manajemen

Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian

Journal of Marketing Science), 8(2), 187-203.

Bramantya, Y., & Jatra, I. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap

Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter Mx Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen

Universitas Udayana, 5(3), 255237.

Citra, T., & Santoso, S. B. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap

Keputusan Pembelian Cetakan Continuous Form Melalui Kepercayaan Merek (Studi Pada

Percetakan Jadi Jaya Group, Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 158-169.

Dewi, R. N. T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Celebrity Endorser Terhadap

Keputusan Pembelian Smarthphone Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening.

Ejournal Administrasi Bisnis, 7(4), 2019.

Elysia Stephanie, 2013. Pengaruh kredibilitas Endorser terhadap minat beli melalui sikap atas iklan

pada produk Shampo L’Oreal di Surabaya. Jurnal ilmiah mahasiswa Universitas Surabaya.

(2): h: 1-21.

Fransisca,Cindy Tingkir. (2014). “Pengaruh Identitas Merek Terhadap Loyalitas Merek. Melalui Citra

Merek Dan Kepercayaan Merek Toyota”. Jurnal Manajemen Pemasaran,Vol. 8, No. 2,

Oktober 2014 Doi: 10.9744/Pemasaran.8.2.62-69 ISSN 1907-235x.

Hafizah, 2012. Hubungan Kepercayaan Merek dan Kualitas Produk Telkomsel Flash. Terhadap

Kepuasan Konsumen Di PT. Telkomsel Grapari Medan Selecta. Jurnal, Keuangan dan Bisnis.

Vol 4 No.1, Maret 2012.

Montolalu, N. A., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap

Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening pada Platform Digital. Productivity,

(4),272-275.

Manoppo,R.,Willem,J.F. 2014. Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi PengaruhnyaTerhadap

Keputusan Pembelian Parfum Excite Oriflame. Jurnal ISSN 2303-1174.

Pambudi, R. A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produkk Terhadap Keputusan

Pembelian Melalui Brand Trust Sebagai Variabel Intervening (Doctoral dissertation,

Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Santoso, D. H. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan

Pembelian Smartphone Oppo Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening

(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Sekaran, Uma. (2006). Research Methods For Business: Metodologi Penelitian untuk Bisnis.

Jakarta: Salemba Empat.

Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu.

Jakarta: Erlangga.

Siregar, S. G. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan

Pembelian Scarlet Whitening Pada Media Sosial Instagram. (Doctoral dissertation, Prodi

Manajemen).

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. BandungAlfabeta

Takaya, R. (2019). the Effect of Celebrity Endorsment on Brand Image and Trust Brand and It’S

Impact To Purchaseintention Case Study: Oppo Smartphone. Business and Entrepreneurial

Review, 17(2), 183.

Wara, F. D. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan

Pembelian Konsumen Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus

Pengguna Oppo Smartphone Di Pusat Penjualan Gadget Giant Magelang). (Doctoral

dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Zuniarentina, Z. (2019). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi

Oleh Kepercayaan Merek Pada Konsumen Maskara Oriflame Di Surabaya (Doctoral

dissertation, STIE Perbanas Surabaya).




DOI: https://doi.org/10.60201/jepa.v15i1.8426

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pembangunan